4 Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Lutut Tiba-Tiba

4 Penyebab dan Cara Mengobati Nyeri Lutut Tiba-Tiba

Halodoc, Jakarta – Nyeri lutut adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Entah terjadi karena satu hal, atau menyerang secara tiba-tiba, tetapi rasa nyeri yang tidak tertahankan bisa sangat mengganggu aktivitas harian. Sebenarnya, apa saja penyebab nyeri lutut dan bagaimana cara mengatasinya?

Mengetahui penyebab sakit lutut yang menyerang bisa menjadi cara terbaik untuk mencegah hal itu terjadi lagi. Kamu juga bisa mengendalikannya dengan baik dan mengetahui cara yang paling dibutuhkan untuk mengatasi nyeri lutut yang tiba-tiba menyerang. Agar lebih jelas, yuk cari tahu apa saja penyebab-penyebab nyeri lutut dan bagaimana cara mengatasinya!

1. Cedera Lutut

Nyeri yang tiba-tiba menyerang bisa menjadi gejala adanya cedera pada lutut. Dalam kondisi ini, terjadi gangguan yang memengaruhi ligamen dan tendon di sekitar sendi lutut dan tulang. Ada beberapa jenis cedera lutut yang bisa terjadi, mulai dari anterior cruciate ligament (ACL), patah tulang, bursitis lutut, hingga cedera pada tulang rawan.

2. Arthritis

Infeksi juga bisa menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada lutut, misalnya arthritis. Nyatanya kondisi ini merupakan penyebab umum munculnya rasa nyeri di bagian lutut. Ada beberapa jenis arthritis yang bisa terjadi, mulai dari osteoarthritis yang terjadi karena pertambahan usia, rheumatoid arthritis yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri, hingga arthritis akibat infeksi.

3. Asam Urat

Nyeri lutut juga bisa terjadi sebagai gejala penyakit tertentu, salah satunya adalah asam urat. Saat penyakit ini menyerang, gejala yang mungkin muncul pada lutut adalah rasa panas, nyeri tak tertahankan, hingga lutut menjadi kemerahan.

Pasalnya, saat lutut memproduksi asam urat secara berlebihan dan membentuk kristal di sendi, sehingga lutut bisa meradang dan menyebabkan nyeri tak tertahankan. Dalam kondisi yang lebih parah, asam urat bisa menyebabkan pengidapnya kesulitan untuk berjalan dengan normal, hingga tidak bisa menggerakkan lutut.

4. Perdarahan pada Sendi

Perdarahan yang terjadi pada sendi juga menjadi salah satu pemicu munculnya rasa nyeri yang sangat parah. Oleh karena gejala dan penyebabnya yang berbeda-beda, maka sangat penting untuk segera melakukan pemeriksaan agar sakit lutut bisa ditangani dengan cepat dan tepat. Dengan demikian, risiko penyakit ini terjadi secara berulang dan semakin parah pun bisa dihindari.

Cara Mengobati Nyeri Lutut yang Tak Tertahankan

Beda penyebab nyeri lutut, maka akan berbeda pula cara pengobatannya. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu mengetahui penyebab sakit lutut untuk menentukan cara pengobatan yang paling tepat. Namun umumnya, dokter akan memberikan beberapa jenis pengobatan, sesuai kebutuhan pengidap nyeri lutut. Mulai dari penggunaan obat-obatan, fisioterapi, hingga operasi.

Penggunaan obat-obatan, seperti analgesik dilakukan untuk meredakan sakit, dan ada juga jenis obat lain yang digunakan untuk mengurangi peradangan. Selain menggunakan obat-obatan, mengobati nyeri pada lutut juga bisa dilakukan dengan fisioterapi. Pengobatan dengan fisioterapi bertujuan untuk melatih dan membantu menguatkan otot.

Pada beberapa kasus sakit lutut, prosedur operasi mungkin saja dibutuhkan. Operasi biasanya dilakukan untuk menangani cedera. Misalnya, operasi untuk mengganti tempurung lutut. Namun yang pasti, dokter akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab nyeri lutut, baru kemudian memutuskan cara pengobatan yang dibutuhkan.

Jika kamu ragu dan butuh saran dokter, coba sampaikan seputar keluhan nyeri lutut melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi kesehatan dan tips mengatasi nyeri lutut dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: