07 November 2018

4 Gerakan Yoga Ini Dapat Membantu Meredakan Sakit Lutut

4 Gerakan Yoga Ini Dapat Membantu Meredakan Sakit Lutut

Halodoc, Jakarta – Yoga menjadi salah satu jenis olahraga yang kian populer dan banyak diminati. Olahraga yang satu ini menggabungkan latihan pernafasan, meditasi, dan posisi tubuh yang bermanfaat untuk relaksasi dan mengurangi stres. Artinya, rutin melakukan yoga bisa memberi manfaat kesehatan untuk tubuh, termasuk meredakan sakit lutut.

Nyatanya, yoga bisa membantu masalah yang menyerang sendi tubuh dan bisa meredakan kelelahan akibat aktivitas harian. Rasa nyeri pada sendi, terutama lutut bisa sangat mengganggu dan membuat siapapun merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Nah untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa gerakan yoga ini. Bagaimana caranya?

1. Trikonasana

Gerakan yoga ini berfungsi untuk membantu memperkuat kaki, lutut, pergelangan kaki, dan dada. Rutin melakukan gerakan ini juga bisa membantu meredakan rasa sakit di leher dan bahu serta meredakan sendi yang terasa kaku.

Melakukan trikonasana dengan pose yang tepat pun bisa memberi manfaat terhadap kelancaran pencernaan dan metabolisme, mengurangi stres, dan membantu mengatasi kecemasan serta membuat diri lebih tenang. Untuk melakukannya, mulailah dengan berdiri tegak dan buka lebar kaki, lalu rentangkan tangan ke samping. Setelah itu, geser kaki kanan hingga membentuk sudut siku-siku atau 90 derajat.

Setelah kaki cukup kuat, tekuk badan ke arah kanan hingga tangan kanan menyentuh lantai. Pada posisi ini, pastikan tangan kiri dan wajah menghadap atas. Ulangi gerakan yang sama pada sisi sebelah kiri dan ulangi beberapa kali.

2. Veerasana

Pose veerasana bisa memberi manfaat ke otot paha, pinggul, dan lengan. Rutin melakukan gerakan yang satu ini juga bisa menjadi “obat” untuk mengatasi radang sendi, hingga meningkatkan sirkulasi di sekitar sendi.

Tak hanya itu, gerakan yoga ini juga berguna dalam memperkuat persendian dan memperbaiki sirkulasi pada sendi. Selain baik untuk sendi, pose yoga veerasana juga disebut bisa membantu meningkatkan kapasitas paru-paru.

3. Gomukhasana

Meredakan sakit pada lutut juga bisa dilakukan dengan gerakan yoga gomukhasana. Pasalnya, pose ini bermanfaat untuk memperbaiki sirkulasi darah di lutut dan pergelangan kaki. Selain itu, pose ini juga sangat bermanfaat untuk sendi siku, bahu, jari, leher, tulang belakang, dan pinggul.

Untuk melakukannya, duduklah dengan tegak di alas yang rata atau alas yoga. Kemudian, letakkan kaki atau lutut kanan di atas lutut kiri. Pastikan untuk duduk dengan tegak saat melakukan pose ini. Lalu, letakkan kedua tangan di belakang bahu dengan posisi saling menarik.

4. Vrikshasana

Gerakan yoga yang satu ini juga dikenal dengan istilah pose pohon. Untuk melakukannya, berdirilah dengan tegak dan tekukan kaki kanan ke sisi dalam kaki kiri. Kemudian, satukan kedua tangan di atas kepala.

Pose yoga ini bermanfaat untuk meredakan nyeri di lutut, bahu, sendi, pergelangan kaki, pinggul, tangan, dan jari. Rutin melakukan pose ini juga bisa menguatkan otot perut, merelaksasi pikiran, dan meningkatkan kemampuan fokus.

Namun perlu diingat, sebaiknya tidak memaksakan diri dalam melakukan pose yoga, sebab malah bisa memperburuk rasa sakit. Jika nyeri yang dirasakan di lutut semakin parah, sebaiknya segera bicarakan dengan dokter.

Jika kamu ragu, kamu bisa menghubungi dokter di aplikasi Halodoc dan sampaikan keluhan awal yang menyebabkan sakit di lutut. Dokter bisa dihubungi melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Baca juga: