16 November 2018

4 Tips Mencegah Sakit Leher yang Disebabkan Salah Bantal

4 Tips Mencegah Sakit Leher yang Disebabkan Salah Bantal

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu bangun tidur dan mengalami sakit leher? Tentu membuat kamu tidak nyaman dan mengganggu kelancaran aktivitas. Kamu menjadi susah menggerakkan leher ke kanan dan kiri, terasa kaku, dan nyeri ketika menoleh. Rasa nyeri juga bisa menjalar hingga ke bagian bahu. Oleh pakar medis, kondisi ini disebut dengan istilah “salah bantal”.

Lalu, apa sebenarnya salah bantal itu? Tertarik dan menegangnya otot adalah penjelasan terbaik yang bisa menggambarkan salah bantal. Hal ini terjadi saat otot robek atau mengalami iritasi. Biasanya, salah bantal terjadi ketika tubuh kamu kelelahan atau kurang tepat dalam menggunakan otot. Otot tegang atau tertarik bisa terjadi pada semua bagian tubuh, tetapi area leher, bahu, dan punggung bagian bawah menjadi paling sering terserang gangguan ini.

Biasanya, menggunakan bantal dalam posisi yang terlalu tinggi adalah penyebab sakit leher yang paling banyak ditemui. Masalah kesehatan ini juga bisa terjadi karena posisi yang kurang nyaman ketika kamu mengendarai mobil atau leher terlalu maju dalam waktu yang cukup lama ketika kamu bekerja di depan komputer.

Mengatasi Sakit Leher

Umumnya, rasa kaku dan nyeri pada leher akan membaik dan sembuh dengan sendirinya selama beberapa hari ke depan. Meskipun begitu, rasa kaku leher ini cukup mengganggu bagi sebagian orang, sehingga mencari cara untuk mengobatinya. Ini cara berikut yang bisa kamu coba untuk mengatasi sakit leher:

  • Mengompres dengan Es Batu

Mengompres menjadi cara termudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa kaku dan nyeri pada leher. Aktivitas ini bisa membantu mengurangi pembengkakan jika ada indikasinya sekaligus meringankan rasa nyeri yang kamu alami. Namun, hindari menaruh langsung es batu pada kulit. Sebaiknya, gunakan lap atau handuk untuk membungkus es batu sebelum menyentuhnya pada bagian tubuh yang terasa nyeri dan kaku.

  • Menggunakan Bantal yang Tepat

Ketika tidur, pastikan kamu menggunakan bantal yang nyaman. Jangan lupa untuk meletakkan kepala searah dengan tulang belakang, bukan dimiringkan. Hindari menggunakan bantal lebih tinggi, karena membiarkan leher belakang lebih tinggi dari tubuh karena dapat membuat otot terasa nyeri dan kaku keesokan harinya. Hindari juga menggunakan bantal yang terlalu rendah atau kempis.

  • Menggerakkan Secara Perlahan

Apabila kamu mengalami sakit leher, jangan paksakan untuk menggerakkannya selama beberapa hari. Lakukan pijatan-pijatan kecil untuk merilekskan kembali otot yang kaku. Bila perlu, gunakan balsam atau salep khusus untuk nyeri otot. Pijatan ini membantu mengurangi rasa kaku dan nyeri pada leher bagian belakang, juga menimbulkan rasa hangat pada balsam.

  • Membunyikan Leher atau Memutar Kepala, Bolehkah?

Jangan pernah kamu memutar kepala atau membunyikan leher ketika mengalami sakit leher atau leher kaku. Kamu harus menghentikan kebiasaan ini karena bisa menyebabkan terjadinya cedera otot dan saraf di bagian leher. Memang, membunyikan leher atau memutar kepala ketika leher rasanya letih menjadi kegiatan yang bisa membantu melegakan otot tapi kamu harus menguranginya demi kesehatan.

Itu tadi tips mengatasi sakit leher yang bisa kamu coba di rumah. Kalau ada pertanyaan seputar masalah kesehatan, jangan ragu untuk langsung bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Aplikasi Halodoc ini sudah bisa kamu download melalui App Store dan Play Store.

Baca juga: