26 June 2018

5 Cara Mengatasi Diare saat Hamil

mengatasi diare, mengatasi diare saat hamil, penyebab ibu hamil diare, makanan yang dikonsumsi ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Perubahan hormon dan asupan makan, salah mengonsumsi makanan sampai konsumsi vitamin bisa menjadi penyebab ibu hamil mengalami diare. Biasanya, diare saat hamil terjadi menginjak trimester ketiga kehamilan, karena masa ini merupakan masa-masa rentan ibu hamil dan sedang menunggu persalinan. Sedikit perubahan bisa mengganggu pencernaan dan menyebabkan diare.

Mengatasi diare saat hamil memang perlu hati-hati karena ibu hamil tidak boleh sembarang mengonsumsi obat-obatan. Berikut adalah cara mengatasi diare saat hamil yang perlu diketahui. Baca juga: Tips Bagi Ibu Menghadapi Postmatur atau Bayi Telat Lahir

  1. Konsumsi Makanan yang Netral

Untuk meredakan diare saat hamil, ada baiknya ibu hamil mengonsumsi makanan yang netral dalam arti tidak terlalu menggunakan bumbu yang kuat seperti merica, cabai, santan, atau bumbu masakan lain yang dapat merangsang pencernaan untuk mual, muntah, dan ingin buang air terus. Ibu hamil bisa mengonsumsi sayuran bening dan ikan yang diolah tanpa bumbu yang kuat. Sop ayam dengan tahu juga jadi pilihan baik untuk ibu hamil yang sedang diare.

  1. Minum Air Kelapa

Karena tidak bisa mengonsumsi obat-obatan untuk menghentikan diare, ada baiknya ibu hamil menggunakan cara natural untuk mengatasi diare. Salah satunya adalah konsumsi air kelapa. Fungsi air kelapa adalah untuk menggantikan cairan dalam tubuh yang terbuang, sehingga mencegah dehidrasi. Air kelapa mengandung elektrolit yang baik diminum saat sedang mengeluarkan banyak cairan dan salah satunya adalah diare. Baca juga: Ibu Hamil Muntah Darah? Ini Penyebabnya

  1. Berhenti Minum Susu

Ada baiknya ibu hamil menghentikan konsumsi susu sementara saat sedang diare. Pasalnya, susu malah bisa memberikan sensasi mual, ingin muntah, dan keinginan untuk buang air terus-menerus. Sama halnya dengan kopi, ada baiknya juga dihindari seperti juga susu. Kafein akan memperburuk rasa mual di perut ataupun sensasi melilit yang biasa dialami saat diare. Sebaiknya konsumsi air putih hangat atau pun teh manis hangat untuk meredakan rasa sakit dan memberikan sensasi hangat di badan.

  1. Jangan Konsumsi Buah

Justru, mengonsumsi buah akan memberikan dorongan untuk buang air terus. Soalnya buah mengandung serat yang berguna untuk melancarkan pencernaan. Namun, kondisi ini tidak selamanya terjadi pada semua ibu hamil, justru pada beberapa kejadian di mana ibu hamil merasa nyaman mengonsumsi buah-buahan saat diare. Kalau memang ibu tidak bisa lepas dari buah-buahan, pisang adalah buah yang paling tepat untuk dikonsumsi saat diare. Baca juga: 4 Bahaya Mengenakan High Heels saat Hamil

  1. Segera Hubungi Dokter Bila Kondisi Sudah Parah

Ada beberapa gejala yang patut diwaspadai bila ibu hamil mengalami diare, seperti kulit kering, air seni berwarna kecokelatan, tubuh lelah luar biasa, dan diare diikuti dengan lendir berdarah. Bila mengalami hal-hal demikian, ada kemungkinan ibu hamil mengalami dehidrasi. Supaya kondisi tidak semakin parah ada baiknya ibu hamil segera berkonsultasi dengan dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Kehamilan memang situasi yang perlu dijaga benar baik secara fisik maupun psikis. Untuk itu, perlu ekstra hati-hati dalam memilih makanan yang tepat serta aktivitas yang dapat menunjang stamina selama masa kehamilan. Kalau ibu hamil ingin tahu lebih banyak mengenai cara mengatasi diare saat hamil atau pun menanyakan hal-hal lain terkait nutrisi selama kehamilan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.