20 May 2019

5 Hal yang Bikin Hipertensi Semakin Parah Selama Puasa

hipertensi saat puasa

Halodoc, Jakarta - Puasa boleh dilakukan oleh siapa saja, termasuk para pengidap hipertensi. Selama tidak ada komplikasi yang membahayakan dan penyakit dikatakan aman, pengidap hipertensi boleh ikut menjalani ibadah yang satu ini. Dengan berpuasa, tidak akan memberikan dampak negatif pada tekanan darah kamu. Justru berpuasa akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan taraf kesehatan kamu.

Baca juga: Mengidap Hipertensi Saat Puasa? Ini yang Wajib Diperhatikan

Nah, agar puasa lebih aman dan terasa nyaman, baiknya diskusikan dulu dengan dokter kamu sebelum memutuskan menjalani ibadah ini. Dengan begitu dokter akan memeriksa kondisi kesehatan kamu, apakah dirasa aman jika kamu ikut menjalankan ibadah ini. Nah, jika dokter sudah mengizinkan kamu untuk menjalani puasa, perhatikan beberapa hal yang tidak boleh kamu jalani ini. Karena jika kamu langgar, bisa-bisa hipertensi yang kamu alami menjadi semakin parah.

Hal-hal yang Bikin Hipertensi Semakin Parah

Nah, agar puasa berjalan dengan lancar, baiknya patuhi aturan yang sudah diberikan dengan dokter, ya! Berikut ini hal-hal bisa bikin hipertensi kamu jadi semakin parah.

  1. Konsumsi makanan dan minuman kalengan. Makananan ini seperti kornet, sarden, sayur dan buah dalam kaleng, dan soft drink. Selain meningkatkan risiko hipertensi, makanan dan minuman jenis ini juga dapat memicu terjadinya obesitas.
  2. Konsumsi makanan yang berkadar lemak tinggi. Makanan jenis ini bisa memicu terjadinya hipertensi dan jantung.
  3. Konsumsi makanan yang diolah dengan garam. Makanan ini seperti biskuit, keripik, dan makanan kering lainnya yang terasa asin. Makanan jenis ini bisa memicu hipertensi menjadi semakin parah, bahkan makanan ini juga bisa memicu terjadinya kanker.
  4. Konsumsi makanan yang diawetkan. Makanan ini seperti asinan sayur atau buah, dendeng, ikan asin, abon, telur asin, dan selai kacang.
  5. Konsumsi mentega, keju, mayonaise, serta sumber protein hewani yang tinggi kolesterol. Makanan tinggi kolesterol bisa kamu peroleh dari kulit ayam, kuning telur, daging sapi, serta daging kambing. Nah, hipertensi kamu akan semakin bertambah parah jika kamu mencoba mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh tersebut.

Selain itu, jangan lupa untuk menghindari bumbu-bumbu, seperti MSG, kecap, saus tomat, saus sambal, serta tauco pada menu makanan kamu. Karena bumbu-bumbu ini mengandung garam natrium. Tidak hanya memperparah hipertensi yang kamu alami, bumbu-bumbu ini bahkan dapat memicu penyakit stroke dan penyakit jantung.

Baca juga: Ini Menu Buka Puasa Sehat Bagi Pengidap Hipertensi

Makanan yang Aman Dikonsumsi bagi Pengidap Hipertensi

Agar tidak salah dalam memilih menu makanan, kamu bisa mencoba menu makanan berikut:

  • Kolak pisang. Bagi seseorang yang mempunyai hipertensi, kolak pisang aman untuk kamu konsumsi saat bulan puasa. Pisang merupakan sumber kalium yang dapat membantu mengembalikan tekanan darah tinggi.
  • Sayur bayam. Bayam aman dikonsumsi pengidap hipertensi, karena bayam mengandung tinggi kalium dan magnesium, yaitu dua mineral utama yang mempunyai peran dalam mengembalikan tekanan darah tinggi.
  • Tuna panggang. Dari sekian banyak jenis ikan, tuna merupakan ikan yang baik baik pengidap darah tinggi, karena mengandung asam lemak omega-3 yang membantu mengatasi hipertensi.

Baca juga: Pengidap Hipertensi, Hindari 4 Makanan Ini Saat Buka Puasa

Nah, bagi kamu pengidap kesehatan hipertensi, kamu enggak perlu bingung untuk menerka-nerka apa yang boleh atau enggak boleh kamu konsumsi. Kamu bisa tanya langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc melalui Chat atau Voice/Video Call. Untuk itu, segera download aplikasinya di Google Play atau App Store, ya!