Pengidap Hipertensi, Hindari 4 Makanan Ini Saat Buka Puasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Pengidap Hipertensi, Hindari 4 Makanan Ini Saat Buka Puasa

Halodoc, Jakarta – Menurut American Heart Association, pengidap hipertensi harus menerapkan pola makan sehat untuk menjaga kestabilan tekanan darahnya. Diet sehat untuk pengidap hipertensi mencakup protein tanpa lemak, polong-polongan, biji-bijian, susu rendah lemak, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

Apalagi di momen bulan puasa, sangat penting untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal. Garam dan natrium adalah penjahat dalam hal hidup dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Pedoman Diet 2015–2020 untuk orang Amerika menunjukkan bahwa orang dengan tekanan darah tinggi sejatinya harus membatasi asupan natrium harian mereka hanya menjadi 1.500 miligram (mg).  

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

Buat kamu yang akan menjalani puasa, berikut beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari saat buka puasa agar terhindar dari hipertensi

  1. Pizza

Semua pizza bisa menjadi pilihan yang buruk bagi pengidap hipertensi. Kombinasi keju, daging, saus tomat, dan crust dapat menambahkan banyak natrium. Pizza beku sangat berbahaya bagi orang-orang dengan tekanan darah tinggi.

Untuk mempertahankan rasa pada pizza setelah dimasak, produsen sering menambahkan banyak garam. Satu porsi keju beku atau pizza daging dan keju dapat mengandung lebih dari 700 miligram natrium, kadang-kadang bahkan lebih. Semakin tebal crust dan semakin banyak topping yang kamu makan, semakin tinggi jumlah natrium yang naik.

  1. Sup Kaleng

Walaupun sederhana dalam persiapan, tapi sup kalengan diisi dengan natrium. Kaldu kalengan dan kaldu bubuk juga bisa berdampak buruk bagi tekanan darah. Beberapa sup dapat memiliki hampir 900 miligram natrium hanya dalam satu porsi, yang biasanya setengah gelas.

Baca juga: 5 Tanda Orang yang Berpotensi Terkena Hipertensi

Jika kamu makan satu porsi sup kaleng, sama saja dengan mengonsumsi lebih dari 2.000 miligram natrium. Pilihan rendah dan rendah sodium tersedia. Pilihan yang lebih baik adalah menjaga garam tetap terjaga dengan membuat sup sendiri dari resep rendah sodium.

  1. Saus Tomat

Sebagai aturan, produk tomat dengan garam tambahan bermasalah bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Kebanyakan saus tomat kalengan, saus pasta, dan jus tomat mengandung banyak sodium. Satu porsi setengah cangkir saus marinara klasik dapat mengandung 400 miligram natrium atau lebih. Secangkir jus tomat bisa mengandung lebih dari 600 miligram sodium. Bagi orang yang ingin menurunkan tekanan darah, tomat segar bisa menjadi alternatif cerdas buat yang ingin menjaga kesehatan jantung.

  1. Kulit Ayam dan Daging Merah

Orang dengan tekanan darah tinggi harus mengurangi lemak jenuh dan menghindari lemak trans. Jenis makanan yang tinggi lemak jenuh meliputi kulit ayam dan daging merah. Mengonsumsi terlalu banyak kulit ayam dan daging merah dapat meningkatkan kolesterol LDL (buruk). Kadar LDL yang tinggi dapat membuat tekanan darah tinggi semakin memburuk yang pada akhirnya dapat menyebabkan pengembangan penyakit jantung koroner.

Baca juga: Waspada Pemilu 2019 Bisa Sebabkan Tekanna Darah Naik

Buat pengidap hipertensi memang perlu ekstra hati-hati dalam mengonsumsi jenis makanan tertentu. Beberapa strategi makan cerdas dapat membantumu mencegah lonjakan tekanan darah dan bahkan mungkin mengurangi tekanan darah.

Isi piring dengan setidaknya 50 persen sayuran dan buah-buahan. Selain itu, jus bit dan delima telah terbukti mengurangi tekanan darah karena kandungan nitrat yang tinggi, dan kamu dapat meminumnya secara teratur, baik saat berbuka maupun sahur.

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pengidap hipertensi, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to A Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.