• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini Menu Buka Puasa Sehat Bagi Pengidap Hipertensi

Ini Menu Buka Puasa Sehat Bagi Pengidap Hipertensi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Menu Buka Puasa Sehat Bagi Pengidap Hipertensi

“Seseorang yang mengidap hipertensi tentu tidak bisa sembarangan mengonsumsi makanan saat buka puasa. Pasalnya, salah memilih makanan justru bisa memicu naiknya tekanan darah. Mengonsumsi makanan sehat adalah kunci utama mengontrol tekanan darah. Oleh sebab itu, pengidap hipertensi disarankan untuk memperbanyak konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan dan menghindari makanan berlemak tinggi.”

Halodoc, Jakarta – Setelah menahan haus dan lapar seharian karena berpuasa, sebagian besar orang cenderung ingin mengonsumsi makanan yang manis-manis dan berlemak. Padahal, jenis makanan tersebut pantang dikonsumsi oleh pengidap hipertensi karena bisa memperburuk gejala. Salah satu kunci untuk mengendalikan tekanan darah adalah mengonsumsi makanan sehat.

Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH) merupakan jenis diet yang direkomendasikan untuk pengidap hipertensi. Melalui diet ini, pengidap dituntun untuk makan buah dan sayur lebih banyak, menghindari lemak jenuh, membatasi garam dan membatasi makanan yang terlalu manis. Selain itu, diet DASH juga lebih merekomendasikan daging unggas daripada daging merah serta konsumsi gandum dan kacang-kacangan. 

Baca juga: Pengidap Hipertensi Boleh Puasa, Ini Manfaatnya

Menu Buka Puasa untuk Pengidap Hipertensi

Tidak sulit kok untuk menerapkan diet DASH ke dalam menu masakan sehari-hari. Kalau kamu masih bingung, berikut beberapa menu buka puasa sehat yang bisa menjadi pilihan:

1. Sayur Bayam

Bayam merupakan salah satu menu buka puasa yang sangat aman dikonsumsi oleh pengidap hipertensi. Sayuran ini dianjurkan bagi pengidap hipertensi karena kandungan kaliumnya. Ketika tubuh menerima asupan kalium, mineral tersebut membantu mengendapkan natrium dalam darah dan mengeluarkannya bersama urine. Dengan begitu, tekanan darah yang cenderung naik setelah berpuasa dapat menurun perlahan.

2. Kurma

Kurma rasanya menjadi menu “wajib” untuk berbuka di bulan Ramadan. Menariknya, buah ini cocok dikonsumsi saat berbuka untuk pengidap hipertensi, lho. Kurma termasuk buah yang tinggi kandungan kalium dan magnesium. Kedua senyawa tersebut bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh, mengendalikan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Pengidap hipertensi cukup makan empat buah kurma saja setiap hari. Empat buah kurma sudah memenuhi 668 miligram kalium atau setara dengan 14 persen kebutuhan kalium harian pada orang dewasa.

3. Jus Buah

Menu buka puasa sehat untuk pengidap hipertensi bukan cuma makanan berat kok. Bagi kamu yang tidak terbiasa langsung mengonsumsi makanan berat saat berbuka, kamu bisa mencoba jus buah. Misalnya, jus buah delima yang bisa menurunkan tekanan darah secara alami. Menariknya lagi, buah ini juga efektif meningkatkan kekebalan tubuh pada seseorang yang menjalani cuci darah ginjal.

Baca juga: Tips Mencegah Tekanan Darah Naik Drastis

Selain delima, kamu juga bisa mencoba jus pisang untuk membantu mengendalikan tekanan darah selama berpuasa. Satu buah pisang ukuran sedang, bisa memenuhi satu persen kalsium, 8 persen magnesium, dan 12 persen kalium yang kamu butuhkan setiap harinya.

4. Kolak Pisang

Menu buka puasa sehat yang satu ini, merupakan takjil favorit selama bulan Ramadan. Namun, kamu perlu memperhatikan santan dan kandungan gula pada kolak. Keduanya bisa memicu kenaikan kolesterol dan gula darah. Karena itu, buatlah kolak sehat sendiri dengan menggunakan susu skim (bebas lemak) atau yoghurt sebagai pengganti santan. Susu skim dan yoghurt sama-sama mengandung kalsium tinggi dan rendah lemak. Kedua zat gizi ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi saat puasa.

5. Ikan Tuna Panggang

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang baik dikonsumsi oleh pengidap hipertensi. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang bisa mencegah plak pada pembuluh darah, menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, dan mengurangi peradangan. Nah, ketika pembuluh darah bebas dari plak, maka aliran darah menjadi lebih lancar dan tak memerlukan tekanan berlebih untuk mengalirkan darah ke organ vital dalam tubuh.

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

Selain menjaga asupan makanan, suplemen dan vitamin juga penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalau kamu butuh suplemen dan vitamin, beli di toko kesehatan Halodoc saja. Tidak perlu repot ke luar rumah, tinggal klik lewat smartphone kamu lalu pesanan akan langsung diantar ke alamat tujuan. Yuk, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. DASH Diet and High Blood Pressure.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Sample menus for the DASH diet.