Ini Menu Buka Puasa Sehat Bagi Pengidap Hipertensi

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Ini Menu Buka Puasa Sehat Bagi Pengidap Hipertensi

Halodoc, Jakarta - Selain pengidap kolesterol dan diabetes, pengidap darah tinggi juga tak boleh asal memilih menu saat berbuka puasa. Misalnya, hindari makanan yang banyak mengandung banyak garam. Sebab, makanan seperti ini akan memperburuk gejala.

Lalu, seperti apa sih menu buka puasa sehat untuk pengidap hipertensi?

Baca juga: Pengidap Hipertensi Boleh Puasa, Ini Manfaatnya

1. Sayur Bayam

Bayam merupakan salah satu menu buka puasa sehat yang baik dicoba oleh pengidap hipertensi. Sayuran ini dianjurkan bagi pengidap hipertensi karena kandungan kaliumnya. Ketika tubuh menerima asupan kalium, mineral tersebut akan membantu mengidap natrium dalam darah dan mengeluarkannya bersama urine. Dengan begitu, tekanan darah tinggi pengidapnya saat seharian berpuasa akan menurun perlahan.

Inilah sebabnya bayam bisa dijadikan menu buka puasa sehat untuk pengidap hipertensi.

2. Kurma

Kurma rasanya menjadi menu “wajib” untuk berbuka di bulan Ramadan. Menariknya, buah ini cocok dikonsumsi saat berbuka untuk pengidap hipertensi. Buah ini mengandung tinggi kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan tubuh, mengendalikan detak jantung, dan menurunkan tekanan darah.

Kira-kira sebanyak empat buah kurma yang dikonsumsi saat berbuka, kita sudah memenuhi 668 miligram kalium atau setara dengan 14 persen kebutuhan kalium harian pada orang dewasa.

3. Jus Buah

menu buka puasa sehat untuk pengidap hipertensi enggak cuma makanan berat kok. Bagi kamu yang kurang terbiasa dengan langsung mengonsumsi makanan berat saat berbuka, bisa kok mencoba jus buah. Misalnya, jus buah delima yang bisa menurunkan tekanan darah secara alami. Menariknya lagi, buah ini juga efektif meningkatkan kekebalan tubuh pada seseorang yang menjalani cuci darah ginjal.

Baca juga: Tips Mencegah Tekanan Darah Naik Drastis

Selain delima, kita juga bisa mencoba jus pisang untuk membantu mengendalikan tekanan darah selama berpuasa. Satu buah puasa ukuran sedang, bisa memenuhi satu persen kalsium, 8 persen magnesium, dan 12 persen kalium yang kita butuhkan setiap harinya.

4. Kolak Pisang

Menu buka puasa sehat yang satu ini, merupakan takjil favorit selama bulan Ramadan. Namun, perhatikan santan dan kandungan gula pada kolak. Keduanya bisa memicu kenaikan kolesterol dan gula darah. Karena itu, buatlah kolak sehat sendiri dengan menggunakan susu skim (bebas lemak) atau yoghurt sebagai pengganti santan.

Susu skim dan yoghurt sama-sama mengandung kalsium tinggi dan rendah lemak. Kedua zat gizi ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi saat puasa.

5. Ikan Tuna Panggang

Ikan tuna merupakan salah satu ikan yang baik dikonsumsi oleh pengidap hipertensi. Ikan ini mengandung asam lemak omega-3 yang bisa mencegah plak pada pembuluh darah, menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh, dan mengurangi peradangan.

Nah, ketika pembuluh darah bebas dari plak, maka aliran darah menjadi lebih lancar dan tak memerlukan tekanan berlebih untuk mengalirkan darah ke organ vital dalam tubuh.

Baca juga: 7 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Pengidap Hipertensi

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung ke dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!