08 November 2018

5 Resep Makanan Sehat untuk Anak ADHD

5 resep makanan sehat untuk anak adhd

Halodoc, Jakarta – Setiap anak memerlukan makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi. Hal ini tentu berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan pada tiap anak. Khususnya bagi anak yang memiliki kondisi ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder. ADHD adalah gangguan pada perkembangan anak yang menyebabkan anak memiliki kondisi hiperaktif dan susah memfokuskan perhatian.

Memberikan makanan yang sehat dan penuh dengan nutrisi adalah cara yang bisa ibu lakukan untuk menjaga kesehatan dari anak yang memiliki kondisi ADHD.

Berikut beberapa tips yang bisa gunakan untuk memberikan makanan sehat pada anak ADHD:

1. Hindari Pewarna, Perasa Buatan dan Pengawet

Ketika makanan yang dikonsumsi oleh anak ADHD mengandung pewarna, perasa buatan, dan pengawet tentu hal ini memperburuk kondisi anak ADHD. Anak bisa menjadi lebih hiperaktif dan semakin tidak bisa memfokuskan dirinya pada satu objek. Sebaiknya berikan anak ADHD makanan alami. Tidak ada salahnya ibu membuatkan makanan sendiri untuk dikonsumsi oleh anak ADHD. Hal ini akan lebih menjauhkan anak ADHD mengonsumsi makanan yang mengandung pewarna, perasa buatan dan juga pengawet.

2. Membatasi Konsumsi Gula

Sebaiknya ibu mengurangi konsumsi gula pada anak dengan kondisi ADHD. Penelitian dari Universitas Yale mengatakan anak yang diberikan pengonsumsian gula cukup banyak akan memiliki adrenalin yang cukup tinggi. Hal ini akan memberi efek yaitu tingginya kadar gula darah.

Gula adalah salah satu karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh sehingga menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat. Adrenalin yang tinggi dapat memicu anak untuk berperilaku hiperaktif. Sebaiknya hindari minuman yang terlalu manis seperti minuman soda, es krim atau jus buah dengan gula. Jika anak membutuhkan asupan gula, berikan gula alami yang berasal dari buah.

3. Jangan Lupa untuk Memberikan Sarapan

Jangan lupa untuk memberikan sarapan pada anak ADHD sebelum beraktivitas. Pilih menu sarapan yang mengandung protein tinggi dan lemak sehat. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat dan gula cukup tinggi untuk sarapan seperti kue atau pancake. Hal ini bisa meningkatkan gula darah pada anak. Berikan menu sarapan sehat seperti oatmeal, gandum, sereal gandum, yoghurt, atau makanan yang mengandung kacang-kacangan. Berikan kacang kedelai, kacang almond panggang, atau kacang mete untuk dijadikan camilan sehat.

4. Berikan Tambahan Omega-3

Menurut beberapa peneliti, anak ADHD memiliki tingkat asam omega 3 yang cukup rendah. Padahal, omega 3 adalah salah satu kandungan yang dibutuhkan untuk fungsi otak. Dengan memberikan tambahan kandungan omega 3 tentu kemampuan konsentrasi anak ADHD akan semakin baik dan meningkat. Temukan tambahan omega 3 di semua jenis ikan.

5. Cukupkan Kebutuhan Air Putih

Cukupkan kebutuhan air putih pada anak ADHD. Air putih nyatanya merupakan minuman yang paling aman karena tidak mengandung gula. Selain itu, dengan banyak mengonsumsi air putih anak ADHD juga akan terhindar dari risiko dehidrasi.

Sebaiknya, ibu bertanya pada dokter mengenai masalah nutrisi dan gizi yang dibutuhkan pada anak ADHD. Gunakan aplikasi Halodoc untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan nutrisi dan gizi pada anak. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: