23 April 2018

Suka Manis? Ini 5 Alternatif Pengganti Gula

Suka Manis? Ini 5 Alternatif Pengganti Gula

Halodoc, Jakarta – Setiap makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh kamu hampir selalu mengandung gula. Nasi yang kamu makan atau kopi yang kamu minum, semuanya mengandung gula. Namun, kamu juga pasti tahu, konsumsi gula berlebih akan memberikan dampak negatif untuk tubuh, seperti risiko terkena penyakit diabetes, obesitas, hingga kanker.

Produk gula olahan seperti gula pasir tidak memiliki kandungan nutrisi esensial, seperti mineral, vitamin, lemak, atau protein. Gula juga disinyalir bisa menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan karena tingginya kalori yang terkandung di dalamnya. Bahkan, gula juga memengaruhi kadar hormon yang berfungsi untuk mengatur rasa kenyang dan lapar.

Intinya, gula merupakan bahan makanan yang harus kamu waspadasi asupannya dalam tubuhmu. Bukan untuk dihindari, karena tubuh juga memerlukan gula meskipun dalam jumlah yang tak banyak. Agar lebih sehat, kamu bisa mulai mengonsumsi pengganti gula alami berikut ini.

Baca juga: Bukan Cuma Diabetes, Ini Akibat dari Makanan Manis

Madu

Meskipun kandungan vitamin dan mineralnya tidak terlalu tinggi, madu ternyata kaya akan antioksidan. Rajin mengonsumsi madu justru tidak menimbulkan efek negatif pada tubuh, walaupun rasanya yang terkadang terlalu manis. Sebuah penelitian yang telah dilakukan menyebutkan bahwa madu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida pada pengidap diabetes.

Pengganti gula yang berasal dari lebah ini memberikan kandungan potassium sebesar 132 miligram untuk tubuh, yang baik untuk mengurangi sakit tenggorokan. Sementara itu, madu yang belum mengalami proses pengolahan alias mentah, tinggi akan kandungan vitamin C yang amat baik untuk meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh.

Stevia

Berasal dari ekstrak daun asli Amerika Serikat, pengganti gula alami yang memiliki nama ilmiah Stevia rebaudiana ini katanya tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kesehatan tubuh. Kabar baiknya lagi, mengonsumsi stevia tidak akan membuat tubuhmu mengalami kenaikan berat badan, karena bahan alami ini tidak memiliki kandungan gula alias nol kalori.

Dibalik rasa manisnya, stevia juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, lo. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa salah satu kandungan yang dimiliki oleh stevia, yaitu Stevioside mampu menurunkan tekanan darah hingga 14 persen. Kandungan ini juga bermanfaat untuk meringankan risiko tubuh terserang diabetes.

Gula Kelapa

Pengganti gula selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah gula kelapa, atau yang lebih dikenal dengan gula aren. Gula yang berasal dari ekstrak buah kelapa ini mengandung beberapa nutrisi, seperti kalsium, zat besi, antioksidan, dan kalium.  Berbeda dengan gula, kandungan inulin di dalam gula kelapa membuatnya lebih lambat diserap oleh tubuh, sehingga kadar gula darah lebih stabil. Inulin sendiri adalah sejenis serat yang berfungsi untuk meperlambatan penyerapan zat gula atau glukosa.

Baca juga: Tetap Sehat Meski Banyak Makan Manis

Molasses

Molasses adalah sirop kental berwarna kecokelatan yang terbuat dari gula tebu atau gula bit. Berbeda dengan gula tebu biasa, molase mengalami proses penyaringan dan pemasakan terlebih dahulu. Beberapa mineral dan vitamin serta antioksidan terdapat pada pengganti gula ini.

Molasses baik dikonsumsi karena manfaatnya yang berhubungan dengan kesehatan jantung dan tulang. Meski demikian, konsumsinya tetap tidak boleh berlebihan, karena molasses masih memiliki kandungan molekul gula.

Sirop Maple

Terakhir ada sirop maple yang kaya akan antioksidan, kalsium, zat besi, mangan, dan seng. Terbuat dari getah pohon maple yang telah dimasak, sirop ini disinyalir memiliki kandungan yang berfungsi sebagai zat antikanker. Namun, sirop ini juga masih memiliki molekul gula di dalamnya, sehingga konsumsi yang berlebihan sangat tidak dianjurkan.

 

Ternyata, ada banyak pengganti gula alami yang bisa kamu pakai daripada menggunakan pemanis buatan. Nah, kalau kamu ingin mengecek kadar gula darah, Halodoc bisa membantumu tanpa harus keluar rumah. Beli obat atau tanya jawab dengan dokter juga bisa kamu lakukan dari aplikasi ini. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!