5 Tanda Bahwa Kamu Perlu Resign dari Pekerjaan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
5-tanda-bahwa-kamu-perlu-resign-dari-pekerjaan-halodoc

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu belakangan ini merasa tidak nyaman dengan lingkungan kerja kamu? Pergi ke kantor setiap hari terasa berat dan kamu sering mengeluhkan pekerjaan yang tidak masuk akal banyaknya? Mungkin itu tandanya kamu harus resign dari pekerjaan kamu. Resign memang bukan keputusan yang mudah, apalagi mencari pekerjaan baru juga semakin sulit. Namun, bertahan di lingkungan kerja yang tidak sehat juga lama-kelamaan bisa mengganggu kesehatan mental kamu. Jadi, simak tanda-tanda kamu perlu resign dari kantor di sini.

Ada banyak alasan mengapa seseorang (mungkin juga kamu) memutuskan untuk tetap bertahan di tempat kerja yang tidak sehat yang memiliki beban kerja yang luar biasa. Mulai dari tuntutan ekonomi, rasa khawatir sulit mendapat pekerjaan yang baru, atau sudah terlanjur nyaman. Namun, ada banyak juga alasan mengapa kamu perlu resign secepatnya dari pekerjaan kamu sekarang.  Pasalnya, lingkungan kerja yang tidak sehat bisa membuat kamu stres, tidak bahagia, bahkan suasana hati kamu yang buruk tersebut juga bisa memengaruhi orang di sekeliling kamu, lho. Karena itu, bila kamu menemukan tanda-tanda di bawah ini pada kondisi kamu sekarang, segera ajukan surat resign:

1. Atasan Kamu Membuat Kamu Sengsara

Kamu telah mencoba segala macam strategi agar bisa mempunyai hubungan yang baik dengan atasan, bahkan sampai menyesuaikan perilaku kamu sendiri demi memperlancar hubungan. Namun, semua usaha tersebut tetap sia-sia dan hubungan kamu dengan atasan sudah menjadi sangat tidak sehat. Dalam survey Randstad Amerika Serikat, sekitar 60 persen orang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan mereka, karena tidak menyukai atasan langsung mereka. 

Baca juga: Lingkungan Kerja yang Bossy Bisa Membuat Stres

2. Gaji Kamu Sudah Tidak Sepadan

Kamu mungkin sudah meminta kenaikan gaji sejak tiga tahun yang lalu, tetapi gaji kamu tetap tidak bertambah sesuai yang selayaknya, sedangkan harga-harga kebutuhan sehari-hari semakin meningkat. Jadi, buat apa menunggu ketika kamu bisa mendapatkan gaji yang lebih baik di perusahaan lain. Hati-hati, kebencian pada perusahaan bisa berkembang karena bayaran yang rendah.

3. Bakat Kamu Tidak Berkembang

Kamu mulai bekerja dengan harapan kamu bisa menggunakan skill yang kamu miliki dan mengembangkannya di tempat kamu bekerja sekarang. Namun kenyataannya, atasan kamu tidak pernah memberimu kesempatan untuk menerapkan apalagi meningkatkan bakatmu dan sekarang kamu hanya terjebak dalam tugas-tugas harian. Bila sudah begitu, sebaiknya kamu cepat-cepat serahkan surat resign.

4. Kamu Kelelahan

Kapan terakhir kali kamu melihat matahari bersinar terang di langit? Apakah beberapa bulan yang lalu? Bila kamu selalu pergi ke kantor di saat hari masih gelap dan pulang saat hari sudah gelap juga, bahkan masih harus lanjut bekerja di akhir pekan, itu berarti beban kerja yang kamu tanggung sudah berlebihan. Kamu sudah begitu lelah, sehingga kesehatan kamu sering terganggu. Bahkan, untuk bisa memiliki waktu tidur malam yang cukup saja kamu harus berjuang. Pekerjaan seperti itu harus kamu tinggalkan.

Baca juga: Sering Lembur Bisa Sebabkan Gangguan Kecemasan?

5. Tidak Ada Hal yang Baik di Kantor

Rasa frustrasi yang kamu miliki dengan beban pekerjaan seakan bertambah lebih parah dengan keadaan-keadaan di kantor. Kamu terjebak menggunakan peralatan lunak yang penuh dengan bugs, dibombardir dengan permintaan pekerjaan di menit-menit terakhir yang tidak perlu dan duduk di sebelah rekan kerja yang tidak pengertian. Jadi, buat apa lagi dipertahankan?

Baca juga: Hati-Hati, Ini 9 Tipe "Karyawan Racun" di Kantor

Jadi, apakah kamu memiliki tanda-tanda tersebut pada kondisi kerja kamu sekarang ini? Mungkin inilah saatnya untuk resign dan mencari pekerjaan baru. Bila kamu sedang merasa stres dan butuh curhat, gunakan saja aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi psikolog atau psikiater melalui Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja. Sampaikan keluh kesah dan dapatkan saran terbaik dari ahlinya. Download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2019. 16 Signs You Should Quit Your Job.