Lingkungan Kerja yang Bossy Bisa Membuat Stres

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Lingkungan Kerja yang Bossy Bisa Membuat Stres

Halodoc, Jakarta - Faktanya, para pekerja menghabiskan waktunya sebagian besar di kantor. Oleh karena itu, penting untuk membuat lingkungan kerja yang nyaman sehingga bisa terus produktif dan semangat bekerja. Namun, sayangnya bisa saja seseorang terjebak di lingkungan kerja yang tidak sehat, misalnya saat adanya rekan kerja yang bossy.

Rekan kerja yang bossy atau berlagak seperti bos ini bukan sesuatu yang baik. Karena sikapnya yang menyebalkan, bisa saja ia mengganggu kinerja dan parahnya menyebabkan stres. Ia bisa saja tanpa segan-segan memerintahkan banyak hal kepada sesama pegawai. Tidak hanya itu, mereka kerap kali memberikan kritik pada seseorang tanpa memberikan saran. Ia akan terus mencari-cari kesalahan. melaporkan hal yang tidak beres, bahkan mengatur tim kerja sesukanya. 

Baca juga: Inilah 6 Faktor Pemicu Stres Saat Bekerja

Bagaimana Cara Menyikapi Rekan Kerja Bossy?

Apabila kamu tengah terjebak bersama rekan kerja yang bossy, kamu sebenarnya tidak perlu pusing-pusing memikirkannya. Berikut ini terdapat saran yang bisa dilakukan untuk menghadapinya. Caranya, antara lain:

  • Tegaslah Jika Ia Memberi Kritik

Pada banyak kasus, pegawai yang bersikap bossy tidak sadar bahwa dirinya merugikan orang lain. Akibat sudah terbiasa memerintah dan memberikan kritik yang tidak mengenakan, tidak hanya kamu saja yang merasa jengah. Orang lain juga mungkin merasakan hal yang sama. Untuk itu, saat kamu merasa tidak nyaman akan perilakunya, kamu wajib dengan tegas menolak kritik atau perilakunya. 

  • Berikan Batasan Antara Memberi Perintah dan Meminta Tolong

Penting untuk mengungkapkan perasaan tidak suka yang dimiliki saat seseorang yang bossy memberi kritik yang merendahkan. Kamu juga memberikan batasan yang jelas, mana yang merupakan perintah dan meminta tolong, agar kamu tidak merasa direndahkan olehnya.

  • Bicarakan Secara Pribadi dengan Baik

Jika kamu sudah tidak tahan melihat seorang bossy bertindak sesuka hatinya, maka kamu wajib segera bicarakan baik-baik hal tersebut. Usahakan untuk tidak langsung mengatakan ketidaksukaan kamu padanya di depan khalayak ramai agar tidak memanaskan suasana. Bicarakan mengenai kritik yang disampaikannya tanpa harus menyudutkannya dirinya dan pastikan alasan yang kamu sampaikan masuk akal.

  • Minta Bantuan dan Solusi dari Atasan

Apabila semua hal tidak membuat rekan kerja bossy kamu berubah perilaku, kamu wajib membicarakannya dengan atasan. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat atasan menganggap kamu sedang mencari perhatian.  Sampaikan bahwa apa yang terjadi sungguh membuat tidak nyaman dan membuat perkembangan karier kamu terhambat. Minta solusi juga mengenai apa yang seharusnya dilakukan. Atasan yang baik tentu saja akan mendengarkan segala keluhan bawahannya dan ia hal tersebut menjadi catatan tersendiri bagi atasan.

Kamu juga bisa menceritakan masalah yang kamu alami kepada psikolog di Halodoc untuk mendapatkan solusi yang tepat. Hanya melalui smartphone, kamu bisa bicara dengan psikolog profesional di mana saja dan kapan saja.

Baca juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi

Adakah Cara Mencegah Stres di Kantor?

Rekan kerja yang bossy bisa bikin kamu stres di kantor, sehingga ada baiknya kamu melakukan beberapa cara untuk mengatasi stres tersebut. Beberapa langkah pencegahan stres di kantor yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Kelola dengan Cara yang Tepat. Mengelola stres dengan cara yang sehat bukan dengan makan junk food, merokok, atau minum alkohol. Cara yang tepat untuk atasi stres di kantor adalah mencoba menjalankan hidup sehat seperti mengatur pola makan dengan memperbanyak buah dan sayur, olahraga, atau ambil cuti liburan jika kamu membutuhkannya. 
  • Curhat dengan Orang Terpercaya. Cara tepat lain untuk mengurangi stres adalah dengan menceritakannya pada orang terdekat. Bercerita, apalagi dengan tatap muka secara langsung, adalah cara yang paling efektif untuk meredakan ketegangan dan merasa lebih tenang. Ia tidak perlu memberikan solusi terbaik, dengan mendengarkan saja ini bisa membuat stres kita berkurang. 
  • Tidur Cukup. Apabila stres di kantor, tidak ada salahnya untuk langsung pulang ke rumah dan beristirahat. Istirahat yang cukup adalah cara efektif untuk mengembalikan energi kita. Sehingga esok hari, kamu bisa lebih produktif lagi untuk bekerja. 

Baca juga: 6 Pekerjaan dengan Tingkat Stres Paling Rendah

Mungkin kamu tidak bisa menghindari untuk berhadapan dengan rekan kerja yang bossy, namun kamu bisa mengelola respon yang tepat untuk menghadapinya. Semua dilakukan agar produktivitas tetap terjaga dan terhindar dari stres, ya.

Referensi:
Lolly Daskal. Diakses pada 2019. How to Handle Busy Coworkers?
Snack Nation. Diakses pada 2019. 6 Easy Ways How To Reduce Stress at Work.