• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata Bengkak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata Bengkak

6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata Bengkak

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Juli 2022

“Mata yang bengkak dapat mengganggu penampilan sehingga perlu diatasi. Ada cara ampuh yang bisa dicoba, mulai dari kompres hingga menggunakan tetes mata.”

6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata Bengkak6 Cara Ampuh untuk Mengatasi Mata Bengkak

Halodoc, Jakarta – Mata bengkak lazimnya dialami oleh seseorang yang menangis atau tidur. Dalam dunia medis, mata bengkak disebut sebagai periorbital puffiness. Kondisi ini terjadi karena adanya retensi cairan di jaringan di sekitar mata. Mata bengkak tidak selalu harus diobati dan bisa hilang dengan sendirinya. 

Meski begitu, kondisi ini seringkali mengganggu penampilan dan membuat seseorang merasa malu. Tak perlu khawatir, ada berbagai cara ampuh yang bisa kamu coba untuk mengatasi mata bengkak. 

Cara Ampuh Mengatasi Mata Bengkak

Ketahui bahwa mengatasi mata bengkak tidak bisa instan. Meski cara-cara di bawah ini dinilai ampuh, mata tetap butuh waktu untuk kembali ke kondisi semula. Berikut cara-cara yang bisa kamu coba untuk atasi mata bengkak:

1. Cukupi kebutuhan cairan

Mata bengkak nyatanya juga bisa disebabkan dehidrasi. Oleh sebab itu, pastikan kamu memenuhi kebutuhan cairan dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Jika kamu sering lupa, kamu bisa membuat pengingat di handphone kamu atau gunakan botol berukuran besar untuk dihabiskan dalam sehari. 

2. Kompres dingin

Meletakkan waslap dingin di kelopak mata selama sekitar 10 menit juga bisa meredakan mata bengkak. Suhu dingin dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan dari bawah mata. Siapkan batu es yang dibalut dengan waslap untuk mengompres mata. Hindari meletakkan batu es langsung ke kulit yang bisa merusak kulit. 

3. Kantung teh

Kompres kantong teh hijau juga bisa membantu mengatasi mata bengkak. Teh mengandung antioksidan dan kafein yang dapat mengurangi peradangan dan menyempitkan pembuluh darah.

4. Krim mata

Ada banyak krim mata yang dijual di pasaran untuk meredakan bengkak. Beberapa bahan yang perlu dicari dalam krim mata termasuk chamomile, mentimun, dan arnica. Bahan-bahan tersebut mengandung sifat yang dapat mengurangi peradangan dan mengencangkan kulit.

5. Basuh mata dengan lembut

Setelah kompres, gunakan kapas atau waslap untuk membersihkan kelopak mata dengan lembut menggunakan sabun bayi. Pastikan untuk membilas area mata sampai sabun benar-benar hilang. Kamu juga dapat menggunakan larutan garam untuk membilas area mata jika ada kotoran atau kerak di sekitar mata.

Biarkan Matamu Sendiri

6. Tetes mata

Kamu juga bisa memakai tetes mata dijual bebas agar mata tetap lembab dan nyaman. Tetes antihistamin dapat membantu mengatasi alergi dan dapat membantu jika kelopak mata bengkak karena alergen.

Jika kamu butuh krim mata atau tetes mata, kamu bisa mendapatkannya di toko kesehatan Halodoc. Tak perlu repot ke luar rumah, kamu bisa mendapatkan obat hanya dari smartphone kamu. Download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 10 Ways to Get Rid of Puffy Eyes.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What to know about swollen, puffy eyes.
WebMD. Diakses pada 2022. Swollen Eyelid: Remedies and Treatments.