Ini Gerakan Yoga yang Aman Dilakukan untuk Ngabuburit Sehat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Gerakan Yoga yang Aman Dilakukan untuk Ngabuburit Sehat

Halodoc, Jakarta – Puasa seringkali membuat tubuh menjadi lemas dan tak bersemangat. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan berolahraga. Banyak orang yang mengira, olahraga saat berpuasa malah akan membuat tubuh menjadi semakin lemas. Padahal, anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Olahraga justru membuat tubuh menjadi segar dan kuat untuk menjalankan puasa.

Namun, jenis olahraga tentunya perlu disesuaikan saat berpuasa. Hindari melakukan olahraga berintensitas tinggi yang menguras banyak tenaga. Sebab, olahraga yang terlalu berat bisa membuatmu kelelahan dan dehidrasi. Salah satu jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan saat berpuasa adalah yoga.

Baca Juga: 5 Rahasia Yoga yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Nah, berikut beberapa pose yoga yang bisa kamu lakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Pose yoga sederhana berikut ini bisa jadi tips untuk menyegarkan dan menyehatkan tubuh selama bulan puasa.

1. Seated Twist

Pose yoga ini dilakukan dengan cara duduk bersila di atas matras. Setelah posisi telah sempurna, mulailah untuk tarik-buang napas secara perlahan. Saat menghembuskan napas, putar tubuh ke bagian kanan. Kemudian, usahakan posisi tangan kanan tetap lurus menghadap ke belakang dan tangan kiri menyentuh dengkul. Lakukan gerakan yang sama ke arah kiri.

Tahan pose ini selama 8 detik sebelum berganti sisi. Saat kamu melakukan pose ini, otot-otot pada bagian pinggang, lengan, dan punggung terasa tertarik. Pose ini efektif untuk membakar lemak bagian perut dan membantu hati, ginjal, serta lambung untuk bekerja lebih baik.

2. Mountain

Pose yoga ini sangat sederhana, yaitu dengan hanya berdiri tegak. Meski terlihat sangat sederhana, tapi pose ini dapat memperbaiki postur tubuh dan melatih keseimbangan. Kamu hanya perlu berdiri tegak dengan ujung ibu jari kaki menempel, lalu bagian tumit direnggangkan dan tangan berada di samping tubuh.

Kemudian, busungkan dada sampai membentuk postur tubuh ideal, kepala dalam posisi tegak, sedangkan punggung dan panggul tetap rileks. Tahan pose ini sekitar 30 detik sampai satu menit.

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Melakukan Olahraga Yoga

3. Tree Pose

Pose tree pose dimulai dengan berdiri tegak dan satukan kedua tangan, seperti posisi sedang berdoa. Setelah itu, angkat kaki kanan secara perlahan dan tempatkan telapak kaki kanan di bagian paha dalam. Lakukan gerakan ini dengan mengganti kaki kiri. Tahan keseimbangan dengan pose ini selama 30 detik. Pose ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan dan meningkatkan kelenturan tubuh.

4. Warior

Untuk melakukan pose ini, mulailah dengan dengan berdiri tegap yang kemudian melangkah tiga kali ke belakang dengan kaki kiri. Setelah itu, tekuk kaki kanan sampai membentuk sudut 90 derajat sampai posisinya tepat berada di atas pergelangan kaki. Setelah posisi terkunci, angkat kedua tangan ke atas kepala dan turunkan tubuh bagian atas menuju lantai.

Pastikan jika jari-jemari tangan dalam keadaan terbuka dan posisikan pandangan menghadap ke atas. Tahan posisi ini selama 30 detik hingga 1 menit yang diulangi setiap mengganti kaki.

Keempat pose diatas masih tergolong sederhana dan tidak akan membuat kamu kelelahan.   Lebih baik, lakukan olahraga yoga di sore hari sambil menunggu waktu berbuka. Nah, enggak ada alasan lagi untuk tidak berolahraga di bulan puasa ya. Selain menyehatkan, olahraga juga dapat membuat tubuh rileks dan segar. Selamat mencoba!

Baca Juga: Inilah 8 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak

Selain berolahraga, kamu mungkin perlu mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa. Enggak usah repot, beli vitamin lewat aplikasi Halodoc aja!  Gunakan fitur Buy Medicine yang ada di aplikasi Halodoc untuk membeli vitamin yang kamu butuhkan. Lalu, pesananmu akan segera diantar ke tempat tujuan. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!