6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Kebiasaan yang Bisa Merusak Fungsi Ginjal

Halodoc, Jakarta –  Organ ginjal berperan penting dalam menyaring zat-zat racun dalam tubuh sehingga kesehatannya harus dijaga. Rajin konsumsi air putih menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan ginjal.

Jarang disadari, ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak ginjal. Jika ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik, tubuh kehilangan kemampuan untuk menyaring darah dan mengeluarkan limbah dan racun dari dalam tubuh. Berikut ini kebiasaan yang dapat merusak ginjal:

1. Sering Menahan Buang Air Kecil

Sering menahan buang air kecil bisa menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit ginjal. Kebiasaan buruk ini membuat bakteri berkembang biak dan mengganggu kesehatan ginjal.

2. Konsumsi Garam Secara Berlebihan

Garam dapat dengan mudah ditemui pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Konsumsi garam berlebih tidak hanya berisiko memiliki tekanan darah tinggi, masalah kesehatan ginjal juga mengintai seseorang yang konsumsi garam secara berlebihan. Garam memiliki fungsi untuk menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh dengan memberikan isyarat pada ginjal kapan harus menahan dan membuang air. Konsumsi garam secara berlebihan akan mengganggu proses ini.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Inilah Penyebab Gagal Ginjal

3. Kurang Konsumsi Air Putih

Fungsi ginjal untuk menyaring racun akan berjalan ketika dalam tubuh terdapat asupan cairan yang cukup. Kurang minum menyebabkan fungsi ginjal menurun. Kekurangan minum dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit gagal ginjal. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih sebanyak 1,5 liter hingga 2 liter per hari.

4. Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol

Kebiasaan konsumsi alkohol dapat merusak kesehatan ginjal. Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring racun dalam tubuh, termasuk alkohol. Terlalu banyak alkohol yang masuk dalam tubuh menyebabkan perubahan fungsi ginjal. Alkohol juga menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Dehidrasi juga dapat mengganggu fungsi normal dari organ ginjal.

5. Banyak Mengonsumsi Gula

Tidak hanya penyakit diabetes, terlalu banyak mengonsumsi gula juga dapat mengganggu kesehatan ginjal. Gula menyebabkan hipertensi yang berdampak pada kesehatan ginjal. Selalu perhatikan asupan gula setiap harinya agar kamu terhindar dari penyakit ginjal.

6. Kurang Gerak

Bekerja di depan komputer menyebabkan seseorang mengalami kurang gerak. Tidak hanya pegal atau masalah pada leher, kurang gerak menyebabkan kesehatan ginjal terganggu. Aktivitas fisik memengaruhi peningkatan aliran darah dan metabolisme glukosa. Kedua hal ini merupakan faktor penting kesehatan ginjal.

Baca juga: Awas, Batu Ginjal Bisa Sebabkan 7 Komplikasi Ini

Pemeriksaan Kesehatan Ginjal

Penyakit ginjal ditangani sesuai dengan penyebab gangguan ginjal. Namun, sebelum memastikan pengobatan, biasanya dokter mendiagnosis penyebab penyakit ginjal. Sebaiknya, rutin untuk memeriksakan kesehatan ginjal pada dokter agar penyakit dapat ditemui lebih dini.

Penyakit ginjal yang terlambat dideteksi menyebabkan kondisi yang lebih parah seperti gagal ginjal. Perubahan pola makan dan gaya hidup dianjurkan untuk mencegah memburuknya kondisi ginjal. Memperbanyak konsumsi air putih dan tidak sembarangan konsumsi obat-obatan merupakan langkah penting untuk memelihara kesehatan ginjal.

Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan tubuh, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: 7 Sayuran untuk Kesehatan Ginjal