• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Kebiasaan yang Dapat Memperparah Vertigo

6 Kebiasaan yang Dapat Memperparah Vertigo

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
6 Kebiasaan yang Dapat Memperparah Vertigo

“Vertigo sebenarnya adalah gejala dari sebuah penyakit. Ada beberapa faktor risiko dan masalah medis tertentu yang menyebabkan vertigo pada seseorang. Ada juga kebiasaan yang bisa memperparah episode vertigo, seperti mengonsumsi minuman yang mengandung kafein hingga dehidrasi.”

Halodoc, Jakarta – Vertigo adalah gejala dari penyakit tertentu. Banyak kondisi medis yang berkaitan dengan vertigo. Umumnya, vertigo disebabkan oleh masalah telinga bagian dalam yang dikenal sebagai vertigo perifer atau masalah di otak atau sistem saraf, yang disebut juga vertigo sentral. 

Faktor risiko tertentu dan masalah medis lainnya juga bisa menyebabkan vertigo. Penting untuk mengetahui penyebab vertigo, dengan begitu kamu bisa menentukan perawatan yang tepat. Menghindari kebiasaan yang bisa memperparah vertigo juga penting dilakukan, agar gejala tidak semakin berat.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Kebiasaan Ini Dapat Memicu Vertigo

Kebiasaan yang Bisa Memperparah Vertigo

Vertigo adalah sensasi pusing berputar, seolah-olah ruangan atau lingkungan sekitar berputar-putar di sekitar tubuh. Vertigo bisa terjadi ketika seseorang melihat ke bawah dari ketinggian, tapi biasanya mengacu pada pusing sementara atau berkelanjutan yang terjadi akibat masalah di telinga bagian dalam atau otak.

Jika memiliki faktor risiko vertigo, beberapa kebiasaan berikut bisa memperparah vertigo:

1. Mengonsumsi Kafein

Saat sedang vertigo, batasi asupan kafein. Kopi, teh, coklat, minuman berenergi dan soda adalah minuman yang mengandung kafein yang harus dibatasi. Hal ini karena kafein bisa meningkatkan sensasi berdenging di telinga. 

2. Mengonsumsi Makanan Bergaram

Garam merupakan penyebab utama yang bisa memperparah vertigo. Konsumsi garam berlebih bisa mengakibatkan retensi kelebihan air di tubuh sehingga memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan.

Itulah sebabnya, seseorang yang berisiko vertigo harus menghindari makanan seperti keripik, keju, popcorn, makanan kaleng, dan makanan lainnya yang tinggi kandungan garam. Sebagai gantinya, konsumsilah buah dan sayuran segar, daging, unggas, ikan, dan biji-bijian yang belum diolah.

3. Konsumsi Alkohol

Seperti yang diketahui, minum alkohol secara berlebihan bisa memperparah pusing, rasa kesimbangan, dan mual. Pada orang sehat pun, alkohol memberikan efek negatif pada metabolisme tubuh yang mengakibatkan dehidrasi.

Kebiasaan mengonsumsi alkohol ini akan lebih parah jika kamu memiliki vertigo. Sebab, alkohol dapat memperparah vertigo dengan mengubah volume dan komposisi cairan di telinga bagian dalam. 

Baca juga: Kenali Tanda dan Penyebab Vertigo Berikut Ini

4. Mengonsumsi Makanan Manis

Makanan manis yang tinggi gula bisa mengakibatkan fluktuasi volume cairan di telinga, hal ini akan memperparah gejala vertigo. Agar fluktuasi tersebut bisa diminimalisasi, sebaiknya pilih gula kompleks yang ada dalam legume, gandum utuh, kentang, dan sayuran. Sebaiknya mulai saat ini hindari gula meja, gula merah, madu, sirup maple, sirup jagung, soda, hingga kue-kue yang manis.

5. Ngemil Makanan Bermicin

Makanan kemasan yang mengandung MSG atau micin bisa menyebabkan pusing dan migrain. Micin bisa ditemukan pada mi instan, bakso, hingga jajanan kemasan.

6. Dehidrasi

Membiarkan tubuh dehidrasi juga bisa memperparah gejala vertigo. Saat vertigo menyerang, usahakan untuk minum cairan agar tetap terhidrasi untuk mengurangi rasa pusing dan masalah keseimbangan.

Selalu ingat bahwa tubuh membutuhkan delapan hingga 12 gelas air setiap hari. Air putih adalah pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Baca juga: Mengidap Vertigo, Ini yang Akan Dialami Tubuh

Beberapa kondisi vertigo bisa pulih tanpa pengobatan, tapi seseorang mungkin juga memerlukan pengobatan untuk masalah yang mendasarinya. Diskusikan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc tentang pengobatan yang sesuai dengan kondisi.

Dokter mungkin meresepkan obat yang bisa meredakan beberapa gejala. Kamu bisa beli obat melalui aplikasi Halodoc tanpa perlu keluar rumah.

Selain obat, dokter mungkin juga menyarankan untuk melakukan perubahan gaya hidup. Di antaranya tentu saja dengan menghindari kebiasaan yang bisa memperparah vertigo yang disebutkan di atas.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Everything you need to know about vertigo
Everyday Health. Diakses pada 2021. What are the Causes and Risk Factors for Vertigo?