• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hormon Testosteron

9 Makanan yang Dapat Meningkatkan Hormon Testosteron

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Bagi para pria, hormon testosteron menjadi hormon yang memiliki peranan cukup penting bagi tubuh. Hormon ini dikenal sebagai hormon yang memengaruhi libido, pembentukan massa otot, ketahanan tingkat energi, hingga perubahan karakteristik seks sekunder pada pria saat puber.

Menariknya lagi, testosteron juga punya peran pada daya tarik seorang pria. Enggak percaya? Menurut studi dari Wayne State University, kadar hormon yang tinggi dalam tubuh ini membuat pria lebih menarik di mata wanita.

Baca juga: Kebotakan pada Pria, Penyakit atau Hormon?

Lalu, bagaimana cara meningkatkan hormon ini? Salah satu caranya dengan memerhatikan pola makan sehari-hari. Ketahui makanan yang membantu pria meningkatkan hormon testosteron, yaitu:

1. Kacang-kacangan

Menambah kacang-kacangan seperti kenari atau almond dalam menu harian, juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan kadar testosteron. Pria yang rutin mengonsumsi kacang-kacangan lainnya, seperti kacang mede, kacang tanah, dan kacang-kacangan kaya lemak tidak jenuh, memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi daripada pria yang tidak mengonsumsinya.

2. Daging Merah

Kurangnya kandungan seng dalam tubuh merupakan alasan utama rendahnya kadar testosteron. Nah, konsentrasi tinggi seng yang terkandung dalam daging merah bisa menjadi solusinya. Daging merah, seperti daging sapi dan kambing terbukti dapat meningkatkan testosteron.

Berdasarkan studi dari Harvard Medical School, Amerika Serikat, suplemen seng juga bisa meningkatkan kadar testosteron bebas antara 8 hingga 14 persen. Kok bisa? Ternyata seng memainkan peranan penting dalam modulasi serum testosteron pada pria normal.

3. Anggur

Menurut studi dari Tiongkok, kulit buah anggur mengandung resveratrol. Zat ini yang mampu meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh.

Baca juga: Fungsi Hormon Testosteron Bagi Pria dan Wanita

4. Tuna

Bukan cuma kandungan asam lemaknya saja yang bermanfaat bagi tubuh. Menurut studi dari Graz University Medical, Austria, mengungkapkan tuna mengandung vitamin D yang meningkatkan testosteron hingga 90 persen.

5. Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang baik untuk kesehatan. Nah, studi dari Penn State University, Amerika Serikat, menyatakan kadar testosteron dalam tubuh pria bisa meningkat bila rutin mengonsumsi asupan tinggi lemak tak jenuh tunggal, salah satunya pada alpukat.

6. Nanas

Menurut studi dalam European Journal of Sport Science di tahun 2017, bromelin atau enzim yang terkandung dalam nanas membantu mempertahankan konsentrasi testosteron tubuh dan melawan kerusakan otot. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya lebih lanjut mengenai manfaat nanas untuk kesehatan tubuh.

7. Delima

Buah yang satu ini juga memiliki keistimewaan menyoal testosteron. Menurut studi yang dipublikasi dalam European Journal of Sport Science, sebanyak 47 persen pria yang mengidap impoten, cenderung membaik setelah rutin mengonsumsi jus delima yang kaya antioksidan tiap harinya.

Baca juga: Pria, Ini 7 Tanda Testosteron Rendah. Kamu Termasuk?

8. Kuning Telur

Kuning telur menjadi salah satu makanan untuk meningkatkan hormon testosteron pada pria. Jika kamu memiliki penyakit kolesterol sebaiknya perhatikan lagi banyaknya kamu mengonsumsi kuning telur tiap harinya.

9. Pisang

Tidak hanya dapat meningkatkan energi, mengonsumsi buah pisang mampu meningkatkan hormon testosteron. Satu buah pisang terdapat kandungan bromelain dan vitamin B yang baik untuk membantu produksi hormon testosteron di dalam tubuh.

Pola makan yang tepat membantu meningkatkan hormon testosteron. Selain itu, cara lainnya yang bisa dilakukan melalui olahraga yang teratur dan memiliki gaya hidup yang sehat.

Referensi:
E-Times. Diakses pada 2019. Testosterone Food: How To Boost Your Testosterone Level
Healthline. Diakses pada 2019. 8 Testosterone Boosting Foods