Alami Penyakit Hati, Ini 6 Makanan yang Perlu Dihindari

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Alami Penyakit Hati, Ini 6 Makanan yang Perlu Dihindari

Halodoc, Jakarta - Saat seseorang divonis mengalami gangguan hati, ia pasti merasa sedih. Pasalnya, penyakit hati bukan penyakit ringan yang dapat sembuh dengan segera. Dalam kasus yang parah, penyakit hati hanya dapat diatasi dengan pencakokan hati atau transplantasi. Namun jangan mudah menyerah, dengan menuruti langkah pengobatan yang dianjurkan dokter serta menghindari beberapa jenis makanan untuk penyakit hati, kondisimu pasti membaik perlahan.

Karena fungsi pentingnya, terjadinya kerusakan fungsi hati berakibat fatal untuk kelangsungan hidup seseorang. Beberapa makanan untuk penyakit hati yang wajib dihindari karena dapat memperberat fungsi hati, antara lain:

  • Makanan Kaleng atau Diawetkan

Jika kamu ingin liver kamu tidak bekerja terlalu berat, maka sebaiknya jauhi segala bentuk makanan yang dikemas dalam kaleng atau botol misalnya saus, sambal, daging kaleng, sarden dan sebagainya. Jenis makanan ini biasanya mengandung natrium atau garam yang cukup tinggi sehingga wajib dihentikan konsumsinya.

Baca Juga: Makanan yang "Dilarang", Kenapa Rasanya Enak?

  • Makanan yang Kaya Rempah Sehingga Bersifat Panas

Kuliner Indonesia menonjolkan cita rasa yang berasal dari rempah-rempahnya yang khas. Namun sayangnya, bagi kamu yang mengidap penyakit hati, makanan kaya rempah ini jadi makanan untuk penyakit hati yang cukup berbahaya.

Pasalnya, makanan dengan citarasa dan aroma yang menyengat dan bersifat panas dapat melukai dinding hati dan lambung secara bersamaan bagi pengidap liver. Rempah tersebut antara lain minuman jahe, bumbu merica, cuka, cabai atau jenis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay.

  • Makanan dengan Lemak Tinggi

Kamu wajib mengurangi atau bahkan menghentikan makanan yang mengandung lemak berlebih misalnya jeroan, makanan cepat saji, santan, susu full cream dan makanan yang digoreng dengan menggunakan minyak yang telah dipakai berulang kali.

  • Makanan yang Mengandung Gas

Makanan yang mengandung gas dapat mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan asam lambung sehingga mengganggu kesehatan jaringan hati. Makanan tersebut misalnya mentimun, ubi jalar, nangka, kembang kol dan lain lain.

Baca Juga: Benarkah Minuman Dingin Dapat Menyebabkan Suara Serak?

  • Makanan Laut

Makanan laut kaya nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh, namun mempunyai kadar merkuri yang cukup tinggi. Merkuri ini berasal dari limbah yang kemudian mengalir ke laut. Oleh karena itu, makanan jenis ini tidak baik bagi pengidap liver atau gejala liver karena menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah menuju liver.

  • Minuman Beralkohol atau Bersoda

Satu lagi makanan yang menjadi pantangan bagi penyakit liver karena terbukti berbahaya adalah alkohol dan minuman bersoda. Alkohol dan minuman bersoda cepat sekali menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan yang kemudian akan merambat menuju hati.

Sementara itu, terdapat juga cara untuk menghindari penyakit liver, antara lain:

  • Memperbaiki pola makan dan menggantinya ke yang lebih sehat.

  • Menghindari konsumsi obat-obatan.

  • Menghindari konsumsi alkohol dan minuman bersoda.

  • Perbanyak minum air putih.

  • Jauhi rokok.

  • Kelola stres dengan baik.

Baca Juga: Bisa Merusak Fungsi Hati, Hindari 4 Kebiasaan Ini

Itulah beberapa makanan untuk penyakit hati yang harus segera dihentikan konsumsinya. Organ hati yang sudah rusak tidak akan bisa kembali sehat seperti sedia kala. Oleh karena itu, sebelum terlambat, segera ubah gaya hidup menjadi lebih sehat demi kebaikan diri sendiri. Jika kamu punya pertanyaan seputar masalah kesehatan, Halodoc bisa jadi solusinya! Kamu bisa diskusi langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!