Ini 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini 5 Bahan Alami untuk Hilangkan Bekas Jerawat

Halodoc, Jakarta – Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi ketika folikel rambut di wajah tersumbat oleh minyak dan sel-sel kulit mati. Jerawat adalah yang paling umum di kalangan remaja, dan juga bisa memengaruhi orang-orang dari segala usia.

Tergantung pada tingkat keparahannya, jerawat dapat menyebabkan tekanan emosional dan melukai kulit. Semakin awal kamu memulai pengobatan, semakin rendah risiko terhadap komplikasi jerawat. Mau tahu bahan alami untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat? Simak di sini!

Bisakah Bekas Jerawat Dihilangkan?

Jerawat adalah masalah kulit yang paling umum setelah masalah jerawat selesai, biasanya diiringi dengan problem lain, yaitu bekas jerawat. Menurut American Academy of Dermatology, bekas jerawat sebenarnya merupakan bagian dari proses penyembuhan. 

Baca juga: 5 Cara Hilangkan Jerawat

Setelah radang jerawat sembuh, kulit berusaha untuk memperbaiki kerusakan yang telah dilakukan oleh peradangan tersebut dengan memproduksi kolagen. Jika kolagen terlalu sedikit, jadilah bekas jerawat tersebut meninggalkan bekas luka cekung. Dan jika terlalu banyak, kamu akan memiliki bekas luka yang menggembung.

Ada beberapa cara alami yang bisa kamu aplikasikan untuk menghilangkan bekas jerawat. Apa sajakah itu?

  1. Madu

Sudah sejak lama madu digunakan untuk meningkatkan proses penyembuhan. Ini termasuk luka bakar, luka biasa, dan herpes. Kandungan maupun nutrisi pada madu dapat mempercepat penyembuhan luka serta mengurangi potensi jaringan parut. 

Mengoleskan madu secara langsung dapat membantu membersihkan luka lewat kandungan sifat antibakterinya. Nutrisi ini jugalah yang mampu melawan infeksi yang menyebabkan jerawat lebih banyak muncul.

  1. Lidah Buaya

Seperti madu, lidah buaya adalah pilihan obat rumahan yang umum lainnya. Dalam kasus jerawat, lidah buaya juga bekerja hampir sama dengan membantu proses penyembuhan. Mengaplikasikan lidah buaya secara langsung pada luka dapat mengurangi peradangan dan ukuran jaringan parut. 

Kamu dapat menggunakan produk lidah buaya buatan, tetapi juga bisa menggunakan produk yang lebih alami alias menggunakan daging lidah buaya dan mengoleskannya langsung. 

  1. Lemon

Air perasan lemon juga disinyalir dapat digunakan sebagai obat rumahan dalam menyembuhkan bekas jerawat. Asam pada lemon dapat mengurangi perubahan warna, bahkan meratakan kembali warna kulit yang berubah akibat luka bekas jerawat. 

Baca juga: 3 Pengobatan Alami Atasi Jerawat

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa kaya akan asam lemak omega yang dapat menembus dan melembapkan kulit, sehingga mengembalikan kilaunya. Minyak kelapa direkomendasikan digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Namun, ada baiknya kamu menggunakan dengan takaran yang pas jangan terlalu banyak. Lebih baik bila digunakan saat malam hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Karena malam adalah waktu di mana kulit beregenerasi, sehingga momen ini sangat pas untuk mengaplikasikan perawatan kulit dalam bentuk apapun. 

  1. Kunyit

Kunyit sangat bagus untuk menghilangkan bekas jerawat karena mengandung curcumin, yang merupakan senyawa dengan sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang mengurangi kelebihan produksi melanin. Sebagai informasi tambahan, melanin dapat memicu pigmentasi pada bekas luka jerawat, sehingga membuatnya semakin gelap.

Selain menghilangkan bekas jerawat, kunyit juga dapat berguna sebagai antiseptik untuk menghaluskan kulit tanpa iritasi.  Untuk hasil yang lebih maksimal, gunakan beberapa sendok madu yang dicampur dengan bubuk kunyit dan diamkan selama 10–15 menit. 

Ingin tahu lebih banyak, bahan alami apa saja yang bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, bisa langsung tanyakan ke Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Acne.
Healthline. Diakses pada 2019. 5 Natural Products to Get Rid of Acne Scars.
Livenobs. Diakses pada 2019. 10 Home Remedies For Acne Scar Removal.