Cara Mudah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cara Mudah untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Halodoc, Jakarta - Bekas jerawat memang bukan menjadi masalah besar. Namun, bagi sebagian besar orang, terutama wanita, kehadirannya bisa mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri turut berkurang. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat dan terkadang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Semua dengan harapan bahwa wajah akan kembali mulus dan cerah. 

Sebenarnya kamu tidak boleh sembarangan ketika melakukan perawatan untuk menghilangkan bekas jerawat. Kamu harus tahu risiko yang menyertai setiap metode yang hadir untuk membantu mengembalikan keremajaan dan kecerahaan kulitmu. Jangan sampai, biaya besar yang sudah kamu habiskan tidak mampu memberikan hasil yang maksimal, justru lebih merugikan. 

Baca juga: Begini Cara Menangani Luka Bekas Jerawat yang Tepat

Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat

Kalau kamu ingin melakukan perawatan medis untuk menghilangkan bekas jerawat, pastikan untuk mencari dokter yang tepat. Kamu bisa kok, bertanya langsung pada dokter ahli kulit di mana saja dan kapan saja. Tentu saja melalui fitur chat dengan dokter yang ada di aplikasi Halodoc. Namun, kamu juga bisa kok menghilangkan noda bekas jerawat yang membandel dengan cara alami yang minim efek samping. Berikut bahan yang bisa kamu temukan. 

  • Madu

Cara mudah menghilangkan jerawat yang pertama adalah menggunakan madu. Bahan rumahan ini mudah didapatkan dan memiliki banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Madu membantu mencegah bibir kering, mengobati sariawan dan panas dalam, hingga membantu meningkatkan imunitas tubuh. Tidak hanya itu, madu juga baik digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan membantu mempercepat penyembuhan luka sekaligus mengurangi potensi terbentuknya jaringan parut pada luka. Caranya, kamu hanya perlu mengoleskan madu di area yang muncul noda jerawat. Diamkan semalaman dan basuh keesokan paginya. 

  • Lidah Buaya

Tanaman satu ini sudah tidak asing lagi manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut. Lidah buaya membantu menyuburkan dan melebatkan rambut. Sementara untuk kulit, kandungan aloin pada tanaman ini membantu menyamarkan noda bekas jerawat dengan mencerahkan kembali area wajah yang menggelap karena noda tersebut. Kamu bisa menggunakan lidah buaya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Baca juga: Ketahui 5 Cara untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

  • Baking Soda

Bahan lain yang bisa ditemukan dengan mudah untuk menghilangkan bekas jerawat adalah baking soda. Bahan satu ini bekerja secara aktif dalam mengangkat sel kulit mati, sehingga mampu mengurangi bekas jerawat. Campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta, lalu oleskan ke area bekas jerawat. Namun, kamu disarankan untuk menggunakan pelembap setelah melakukan perawatan wajah dengan baking soda agar kulit wajah tidak berubah menjadi kering. Lalu, kamu pun disarankan untuk tidak melakukan perawatan ini lebih dari dua kali dalam satu minggu.

  • Jus Lemon

Ternyata, tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, jus lemon efektif untuk mengurangi bekas jerawat yang mengganggu penampilan. Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat pada buah lemon mampu menyamarkan noda bekas jerawat dengan optimal. Namun, cara ini tidak dianjurkan jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif karena rentan menyebabkan terjadinya iritasi. 

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Bagaimana, ternyata tidak sulit menggunakan bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat? Jadi, tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang hanya demi menghapus noda bekas jerawat yang mengganggu. Kamu hanya perlu memanfaatkan bahan alami yang lebih murah dan minim risiko. Selamat mencoba!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2019. 5 Natural Products to Get Rid of Acne Scars.
Everyday Health. Diakses pada 2019. Best Natural Remedies to Add to Your Anti-Acne Skincare Routine. 
Healthline. Diakses pada 2019. Baking Soda for Acne Treatment.