• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Mengatasi Kandang Kucing yang Bau Pipis

4 Cara Mengatasi Kandang Kucing yang Bau Pipis

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
4 Cara Mengatasi Kandang Kucing yang Bau Pipis

“Kandang kucing termasuk salah satu tempat yang sangat disukai oleh hewan peliharaanmu. Bersamaan dengan itu, tempat ini juga dapat menimbulkan bau pipis. Maka dari itu, penting untuk tahu beberapa cara yang dapat atasi kandang kucing bau pipis.”

Halodoc, Jakarta – Salah satu risiko saat memiliki hewan peliharaan seperti kucing adalah bau pipisnya yang menyengat. Bau yang dihasilkan mungkin saja menyebar ke seluruh rumah dan tentu saja membuat jengkel. Maka dari itu, penting sekali untuk setiap pemilik kucing mengetahui cara yang ampuh untuk atasi kandang kucing yang bau pipis. Jika kamu ingin tahu, simak terus ulasan berikut ini!

Cara Efektif Atasi Kandang Kucing Bau Pipis

Urin kucing terdiri dari bahan kimia yang berbeda-beda, seperti asam urat, kreatinin, elektrolit, dan urea. Saat urea pecah, zat ini menghasilkan amina yang akan terurai menjadi merkaptan. Hal ini yang menjadi alasan mengapa urin kucing dapat berbau seperti amonia. Kandungan amonia sendiri dibuat oleh bakteri pengurai urea yang merupakan komponen utama urin.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Kebersihan Kandang Kucing

Faktanya, bau urin kucing yang normal dan sudah dewasa, terutama yang sudah dikebiri, tidak terlalu kuat. Urin yang normal memiliki aroma asam hanya sedikit menyengat dan jarang menyebabkan gangguan pada penciuman. Jika dirasa bau pipis kucing kamu sangat menyengat, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke dokter hewan karena mungkin saja ada yang tidak beres.

Lalu, bagaimana sih cara atasi kandang kucing yang bau pipis? Cobalah untuk melakukan ini:

1. Membersihkan Kotak Pasir Setiap Hari

Cara terbaik untuk mengurangi atau bahkan mengatasi kandang kucing yang bau pipis adalah dengan rutin membersihkan kotak pasir tempatnya buang air kecil. Bersihkan kotak paling tidak sekali sehari dan lebih baik jika dua kali. Hal ini tentu efektif untuk menurunkan bau pipis yang dapat menyebar ke seluruh rumah. Selain itu, pasir yang terlalu kotor juga membuat kucing malas menggunakannya, sehingga memilih tempat lain di sudut rumah.

2. Cuci Kotak Hingga Bersih

Cara efektif lainnya untuk atasi kandang kucing yang bau pipis adalah dengan rutin mencuci kotak pasirnya paling tidak sebulan sekali. Pembersihan lebih mudah jika kamu melakukan tahap sebelumnya paling tidak sekali sehari. Kosongkan pasir dan kotoran dari kotak dan cuci dengan bersih semua bagian, serta pastikan juga untuk menggunakan sarung tangan.

Kamu bisa membersihkannya dengan sabun dan air. Jangan gunakan pemutih dan bahan kimia lainnya yang dapat menimbulkan bau tertentu sehingga membuat kucing tidak ingin menggunakan kotak tersebut setelah dibersihkan. Sebelum diletakkan kembali, keringkan kotak dan tambahkan pasir yang baru.

Baca juga: Ini 5 Kandang Terbaik untuk Kucing Peliharaan

3. Ventilasi

Sebagai pemilik kucing, kamu perlu memperhatikan ventilasi agar bau yang dihasilkan oleh kucing tidak mengendap di dalam rumah. Kebanyakan orang cenderung memilih ruangan yang kecil dan di sudut rumah agar baunya hanya di satu tempat. Padahal, dengan meletakkan kotak ini di tempat yang berventilasi baik, baunya akan ke luar dari rumah tanpa membuat satu tempat tertentu menjadi bau.

Jika masih memiliki pertanyaan terkait segala hal yang berhubungan dengan hewan peliharaan, kamu bisa bertanya pada dokter hewan di Halodoc. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan untuk berinteraksi dengan dokter hewan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Unduh aplikasi Halodoc sekarang juga!

4. Semprotkan Desinfektan

Kamu juga perlu menyemprotkan desinfektan saat membersihkan kandang. Hal ini berguna untuk mencegah adanya mikroorganisme yang menimbulkan bau tidak sedap. Dengan melakukan ini, penyebaran dan perkembangbiakan bakteri teratasi dengan baik agar tidak menyebar ke bagian rumah lainnya yang membuat masalah lebih besar.

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Membersihkan Kandang Kucing?

Nah, sekarang kamu tahu beberapa cara yang dapat dilakukan untuk atasi kandang kucing yang bau pipis. Pastikan untuk melakukan semua hal tersebut secara rutin agar kucing dan bahkan diri sendiri tetap sehat, terlebih lagi jika punya anak kecil. Dengan begitu, kucing dapat tetap tinggal dengan nyaman di rumah.

Referensi:
Pet Finder. Diakses pada 2021. 5 Cat Urine Odor Removal Tips.
Preventive Vet. Diakses pada 2021. 7 Ways to Reduce Litter Box Smell (and Messes).