Ini 5 Minuman untuk Bantu Melancarkan Siklus Menstruasi

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   24 Januari 2024

“Menstruasi yang tidak lancar sebenarnya umum terjadi dan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Ada beberapa cara mengatasinya, salah satunya dengan mengonsumsi jenis minuman tertentu, seperti teh hangat dan air jahe.”

Ini 5 Minuman untuk Bantu Melancarkan Siklus MenstruasiIni 5 Minuman untuk Bantu Melancarkan Siklus Menstruasi

DAFTAR ISI

  1. Minuman untuk Melancarkan Siklus Menstruasi
  2. Rekomendasi Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Atasi Gangguan Menstruasi

Halodoc, Jakarta – Menstruasi yang datang setiap bulan membuat wanita akrab dengan beragam gejala, termasuk kram perut.  Berbagai cara dilakukan untuk membantu meredakan nyeri dan melancarkan keluarnya darah haid.

Nah,  ada beberapa jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan siklus menstruasi. Mengonsumsi minuman alami yang dibuat sendiri di rumah tidak hanya bisa meredakan kram dan melancarkan haid, tapi juga lebih sehat untuk tubuh. 

Lantas, apa saja jenis minuman yang bisa membantu melancarkan siklus menstruasi? 

Minuman untuk Melancarkan Siklus Menstruasi

Setiap wanita mempunyai siklus menstruasi yang berbeda-beda. Namun, pada kondisi tertentu wanita mungkin mengalami gangguan yang menyebabkan haid tidak lancar. 

Kamu bisa cari tahu perbedaan siklus menstruasi yang lancar dan tidak melalui artikel ini: “Catat, Ini Perbedaan Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak”.

Pada dasarnya, ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab haid tidak lancar, mulai dari pola hidup tidak sehat, penggunaan alat kontrasepsi, sedang hamil, hingga riwayat penyakit tertentu.

Cara mengatasi gangguan ini tergantung pada penyebabnya. Nah, ada beberapa jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan siklus menstruasi, di antaranya: 

1. Air jahe 

Mengonsumsi air rebusan jahe bisa membantu melancarkan siklus menstruasi. Selain itu, bahan alami ini juga memiliki sifat antioksidan yang bisa meredakan kram atau gejala lain yang muncul saat haid. 

Menurut studi dalam Phytotherapy Research berjudul Effect of Ginger (Zingiber officinale) on Heavy Menstrual Bleeding: a Placebo-Controlled, Randomized Clinical Trial, sifat terapeutik dari jahe mampu meredakan perdarahan berat saat menstruasi dan membuat menstruasi berjalan normal.

Selain direbus, kamu bisa mencampurkan jahe ke teh lalu mengonsumsinya. Mengonsumsi teh jahe juga bisa membantu meredakan nyeri haid, mengurangi kembung, hingga meredakan mual yang mungkin dialami selama datang bulan. 

Selain menggunakan berbagai bahan alami, ketahui juga obat-obatan pilihan yang dapat membantu kamu melancarkan siklus menstruasi di sini: 

2. Kayu manis 

Wanita yang mengalami gangguan siklus menstruasi juga disarankan untuk mengonsumsi kayu manis. Bahan alami ini bisa membantu memperbaiki siklus haid agar lebih teratur. 

Menurut studi di American Journal of Obstetric and Gynecology, yang berjudul Preliminary Evidence That Cinnamon Improves Menstrual Cyclicity in Women with Polycystic Ovary Syndrome: a Randomized Controlled Trial, mengonsumsi kayu manis mampu membuat siklus menstruasi menjadi lebih teratur, bahkan pada pengidap PCOS.

Dengan kata lain, campuran kayu manis bisa menjadi salah satu minuman yang baik untuk melancarkan haid. Kamu bisa membuat minuman ini dengan cara mencampurkan kayu manis ke dalam segelas air hangat atau teh hangat. 

Selain melancarkan haid, minuman ini juga disebut bisa membantu mengurangi nyeri atau gejala lain yang muncul selama menstruasi. 

3. Teh hangat 

Chamomile tea alias teh chamomile disebut bisa membantu meredakan kram dan melancarkan haid. Kandungan zat yang ada dalam teh ini bisa merelaksasikan tubuh dan meredakan nyeri. 

Selain teh chamomile, kamu juga bisa mengonsumsi teh peppermint untuk melancarkan jadwal datang bulan serta mengatasi gejala yang muncul selama haid. 

Mau tahu penyebab siklus menstruasi tidak teratur? Baca di artikel ini: “Ini 11 Penyebab Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur“.

4. Air putih 

Pada dasarnya, menjaga tubuh tetap terhidrasi bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan haid. Minum cukup banyak air putih saat menstruasi juga bisa membantu meredakan gejala nyeri dan rasa tidak nyaman yang dialami. 

Agar terhindar dari gejala kram atau nyeri saat haid, disarankan untuk minum air putih setidaknya 2-3 liter setiap hari. 

5. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu melancarkan siklus menstruasi. Sebab kunyit mampu mengoptimalkan aliran darah pada rahim dan area panggul.

Kondisi ini terjadi berkat sifat antispasmodik pada tubuh yaitu melebarkan rahim dan menginduksi menstruasi. Agar rasanya lebih nikmat, cobalah untuk mengonsumsi kunyit dengan campuran madu.

Rekomendasi Dokter di Halodoc yang Bisa Bantu Atasi Gangguan Menstruasi

Jika kram menstruasi atau gejala yang muncul semakin parah, sebaiknya segera hubungi dokter di Halodoc.

Kondisi ini tidak bisa kamu sepelekan, sebab bisa jadi hal itu merupakan tanda dari gangguan kesehatan yang lebih serius. 

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis kehamilan dan kebidanan yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun.

Mereka juga memiliki rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani.

Ini daftarnya:

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Dokter-dokter di Halodoc tersedia 24 jam! 

Kamu juga bisa mencari produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik!

Referensi: 
A.Vogel. Diakses pada 2024. 6 drinks to help period cramps.
Healthline. Diakses pada 2024. 8 Science-Backed Home Remedies for Irregular Periods.
NDTV. Diakses pada 2024. Irregular Periods: 5 Superfoods That Can Induce Menstruation.
Phytotherapy Research. Diakses pada 2024. Effect of Ginger (Zingiber officinale) on Heavy Menstrual Bleeding: a Placebo-Controlled, Randomized Clinical Trial.
American Journal of Obstetric and Gynecology. Diakses pada 2024. Preliminary Evidence That Cinnamon Improves Menstrual Cyclicity in Women with Polycystic Ovary Syndrome: a Randomized Controlled Trial.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan