Siklus Menstruasi Tidak Teratur? Saatnya Konsultasi ke Dokter Ini

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   24 Januari 2024

“Siklus menstruasi yang tidak teratur perlu segera ditangani agar kembali normal. Dokter spesialis kandungan dapat memberikan solusi untuk menangani masalah tersebut.”

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? Saatnya Konsultasi ke Dokter IniSiklus Menstruasi Tidak Teratur? Saatnya Konsultasi ke Dokter Ini

DAFTAR ISI

  1. Ini Bahaya Menstruasi Tidak Teratur
  2. Dokter Spesialis yang Bisa Atasi Siklus Menstruasi Tidak Teratur
    1. dr. Marsell Phang Sp.OG
    2. dr. Lucia Leonie Sp.OG
    3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Halodoc, Jakarta – Siklus menstruasi yang tidak teratur terjadi ketika  haid kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari antara satu siklus dengan siklus berikutnya. 

Selain itu, kondisi tidak normal juga dapat terjadi ketika tidak ada menstruasi selama tiga periode atau lebih secara berturut-turut. Aliran menstruasi yang jauh lebih berat atau lebih ringan dari biasanya juga bisa menjadi pertanda siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Kondisi ini umumnya juga disertai dengan nyeri hebat, kram, mual, atau muntah. Pendarahan atau bercak yang terjadi di antara periode, setelah menopause, atau setelah berhubungan seksual juga termasuk dalam kategori tidak normal. 

Ini Bahaya Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur bisa terjadi akibat dari beberapa faktor seperti stres, naik maupun turunnya berat badan secara drastis, olahraga yang terlalu berat, dan perubahan hormon.

Namun perlu diwaspadai, bisa jadi menstruasi yang tidak teratur merupakan tanda penyakit yang berbahaya, antara lain:

  • Kanker Ovarium, pengidapnya yang masih melewati masa menstruasi biasanya akan mengalami siklus yang tidak teratur, seperti masa menstruasi yang lebih lama dari biasanya.
  • Penyakit Jantung, siklus menstruasi yang terlalu lama maupun terlalu cepat bisa menjadi tanda resiko penyakit jantung.
  • Diabetes Tipe 2, kondisi gula darah yang tidak stabil dapat berdampak pada perubahan hormon, hal ini dapat menyebabkan keterlambatan menstruasi.

Dokter Spesialis yang Bisa Atasi Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Apabila kamu mengalami tanda-tanda di atas, sebaiknya hubungi dokter untuk mendapatkan solusi terbaik. 

Dokter juga dapat meresepkan obat untuk mengatasi ketidakseimbangan hormon. Nah, berikut obat yang dapat dokter resepkan untuk Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis kandungan  yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Dokter Marsell Phang Sp.OG merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2012 dan Universitas Sam Ratulangi pada 2018. 

Ia saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR 7111301423133574.

Memiliki pengalaman selama 12 tahun, ia mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait masalah reproduksi, termasuk siklus menstruasi yang tidak teratur. 

Dokter Marsell Phang Sp.OG juga bisa memberikan saran terkait program hamil, keluarga berencana, kesehatan kandungan, kehamilan berisiko tinggi dan penyakit kelamin. 

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Kamu juga bisa menghubungi dr. Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Maranatha pada 2011 dan Universitas Hasanuddin pada 2017. 

Dokter Lucia Leonie Sp.OG saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR DV00000058866267.

Dengan pengalaman selama 13 tahun yang ia miliki, dr. Lucia Leonie Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait siklus menstruasi yang tidak teratur dan masalah reproduksi lainnya. 

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Supaya tidak terulang kembali, ketahui 11 Penyebab Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur berikut ini. 

3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Kemudian, kamu juga bisa mengubungi dr. Fitria Angela Umar Sp.OG yang merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi pada 2015 dan 2022. 

Dokter Fitria Angela Umar Sp.OG  saat ini berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) dengan nomor STR 7121301322172530.

Dengan pengalaman selama 8 tahun yang ia miliki, dr. Fitria Angela Umar Sp.OG. memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait siklus menstruasi tidak teratur.

Ia juga bisa memberikan konsultasi terkait kesehatan kandungan, kesuburan, gangguan haid dan hormon, keluarga berencana dan program hamil.  

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kandungan yang bisa kamu hubungi untuk mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Abnormal Menstruation (Periods).
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Menstrual cycle: What’s normal, what’s not.
VeryWell Health. Diakses pada 2024. Menstrual Disorders: Irregular Periods.
The BMJ. Diakses pada 2024. Irregular and long menstrual cycles linked to greater risk of early death
Medical News Today. Diakses pada 2024. Irregular menstrual cycles may increase heart disease, AFib risk

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan