Ini Obat Pelancar Haid yang Aman Secara Medis

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 April 2024

"Obat pelancar haid berfungsi menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. Ada beberapa jenis obat yang cukup aman untuk kamu konsumsi, misalnya Borobudur Em Kapsul, Planotab, Microgynon, hingga Majakani Rapet Pil yang bisa didapatkan di Halodoc.”

Ini Obat Pelancar Haid yang Aman Secara MedisIni Obat Pelancar Haid yang Aman Secara Medis

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Haid atau menstruasi yang tidak lancar bisa terjadi akibat banyak hal. Mulai dari gaya hidup yang tidak sehat, kelebihan atau kekurangan berat badan sampai kondisi medis. Kamu pun bisa mengonsumsi obat pelancar haid untuk mengatasinya.

Sebenarnya, cara penanganan kondisi ini perlu kamu sesuaikan dengan asal usul penyebabnya. Namun, sebagian besar wanita yang haidnya tidak lancar disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Oleh sebab itu, mereka perlu mengonsumsi obat pelancar haid untuk menyeimbangkan kadar hormon dalam tubuh. 

Obat Pelancar Haid yang Aman Secara Medis

Berikut beberapa jenis obat pelancar haid yang aman secara medis:

1. Borobudur Em 12 Kapsul

Pilihan obat pelancar haid yang bisa kamu konsumsi adalah Em Kapsul. Ini adalah obat herbal yang secara tradisional membantu melancarkan haid dan membantu meredakan nyeri haid.

Em Kapsul dibuat dengan mencampur berbagai ekstrak tanaman herbal, seperti adas manis, adas, kunyit, merica hitam, jintan hitam, kayu manis, ketumbar, dan meniran.

EM Kapsul dijual secara bebas dan kamu bisa mulai mengonsumsi obat ini 2 kapsul 2 kali sehari, 4–5 hari sebelum haid dimulai.

Rentang harga: Rp20.200 – Rp35.700 per box.

Dapatkan Borobudur Em 12 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Planotab 28 Tablet

Pilihan obat pelancar haid paling ampuh selanjutnya adalah Planotab Tablet. Sebenarnya ini adalah kontrasepsi oral yang mengandung Levonogestrel 0.15 mg, dan ethinylestradion 0.03 mg. Akan tetapi, ini juga bisa kamu gunakan sebagai obat pelancar haid. 

Kombinasi dua senyawa yang ada dalam Planotab dapat melancarkan haid dengan cara memengaruhi proses terjadinya siklus haid seperti hormon alami.

Namun, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter sehingga kamu tidak bisa sembarangan membelinya. Jika dokter meresepkannya, kamu bisa mengonsumsinya 1 kali sehari.

Rentang harga: Rp4.900 – Rp8.800 per strip

Dapatkan Planotab 28 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

3. Microgynon 28 Tablet

Obat ini memang biasanya dokter resepkan sebagai obat untuk mencegah kehamilan. Namun, Microgynon juga bisa menjadi obat untuk memperlancar haid. Obat ini mengandung kombinasi dua hormon sintetis, yaitu levonorgestrel dan ethinylestradiol.

Nantinya, kedua hormon buatan tersebut memengaruhi proses yang terjadi pada siklus haid sehingga haid menjadi lebih teratur.

Penggunaan obat ini pun harus sesuai petunjuk dokter dan hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Di dalam setiap kemasannya, Microgynon memiliki 21 tablet mengandung hormon dan 7 tablet yang tidak mengandung hormon. Obat ini harus dikonsumsi secara berurutan tiap hari.

Jika kamu masih mengalami Siklus Menstruasi Tidak Teratur, Saatnya Konsultasi ke Dokter Ini untuk mendapat saran dan solusi mengatasi gangguan menstruasi kamu.

Rentang harga: Rp24.000 – Rp30.500 per strip

Dapatkan Microgynon 28 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc

Kamu juga bisa kunjungi halaman ini untuk mendapatkan informasi lanjutan mengenai kesehatan seksual.

4. Andalan Pil Kb 56 Tablet

Obat pelancar haid di apotik lainnya yang bisa kamu coba adalah Andalan Pil Kb. Sama seperti dua produk sebelumnya, pil KB ini tak hanya bisa digunakan sebagai kontrasepsi hormonal, tetapi bisa juga dimanfaatkan sebagai obat pelancar haid.

Obat ini mengandung kombinasi dua hormon sintetis, yaitu ethinylestradiol dan levonorgestrel. Penggunaan obat ini juga perlu disesuaikan dengan petunjuk dokter. Untuk mendapatkan obat pelancar haid ini, kamu memerlukan resep dokter.

Jika dokter sudah meresepkannya, Andalan Pil KB bisa kamu konsumsi 1 kali sehari. 

Rentang harga: Rp9.900 – Rp19.600 per box.

Dapatkan Andalan Pil Kb 56 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Tuntas 10 Kaplet

Kamu juga bisa menggunakan obat Tuntas 10 Kaplet untuk membantu melancarkan haid.

Tuntas 10 Kaplet merupakan obat herbal dengan kandungan jinten hitam, daun seribu, daun sembung, jahe, dan rimpang kunyit. Dengan berbagai bahan alami, obat ini bermanfaat untuk membantu melancarkan haid, membantu meredakan nyeri haid, pegal, dan sakit otot pinggang di waktu haid.

Kamu dapat meminum obat ini mulai hari pertama haid hingga 3 hari berturut-turut sebanyak 1 kali sehari 2 kaplet.

Rentang harga: Rp16.500 per box.

Dapatkan Tuntas 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc

6. Duphaston 10 mg 20 Tablet

Obat pelancar haid paling ampuh yang terakhir adalah Duphaston. Obat ini bekerja dengan cara mengatasi kekurangan hormon progesteron yang bisa menyebabkan siklus haid kurang lancar.

Obat pelancar haid ini juga mengandung salah satu bentuk hormon progesteron sintetis yang disebut dydrogesterone.

Nantinya, dydrogesterone akan bekerja seperti hormon progesteron alami dalam mengontrol pertumbuhan dan peluruhan dinding rahim sehingga siklus menstruasi bisa lebih teratur.

Penggunaan obat ini harus sesuai petunjuk dokter dan kamu memerlukan resep dokter untuk mendapatkan obat ini. Kamu bisa mengonsumsi obat ini 1 kali sehari selama 5 hari atau sesuai petunjuk dokter.

Rentang harga: Rp369.400 – Rp547.500 per strip.

Dapatkan Duphaston 10 mg 20 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Menses 18 Kapsul

Kamu juga bisa menggunakan Menses 18 Kapsul untuk melancarkan haid dan meredakan nyeri haid.

Obat ini termasuk obat herbal dengan bahan alami dari ekstrak daun beluntas, rimpang rumput teki, dan daun jungrahab. Selain melancarkan haid, obat ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan, keputihan, nyeri pinggang serta mengatasi perut kembung.

Kamu dapat mengkonsumsi obat ini 4 hari sebelum datang bulan. Dosis yang dianjurkan adalah sebanyak 3 kali sehari 2 kapsul.

Rentang harga: Rp24.200 – Rp45.400 per botol

Dapatkan Menses 18 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc

8. Kiranti Sehat Datang Bulan Original

Kamu juga bisa menggunakan obat minuman herbal Kiranti Sehat Datang Bulan Original.

Sebagai obat herbal terstandar yang terbuat dari kunyit dan bahan-bahan alami, Kiranti Sehat Datang Bulan bermanfaat mengatasi nyeri haid, bau badan tidak sedap, membantu memperlancar haid, dan membantu menyegarkan badan.

Kamu dapat meminum obat herbal ini secara rutin 1-2 botol per hari dalam jangka waktu 3 hari sebelum haid hingga 3 hari sesudah haid. Pastikan kamu mengocok botol terlebih dahulu sebelum minum.

Rentang harga: Rp7.500 per botol.

Dapatkan Kiranti Sehat Datang Bulan Original di Toko Kesehatan Halodoc.

9. Majakani Rapet Pil

Terakhir, kamu juga bisa menggunakan obat Majakani Rapet Pil. Obat herbal ini memiliki sejumlah manfaat seperti mengempiskan perut, mengobati keputihan, menguatkan otot-otot penting, hingga melawaskan kencing dan melancarkan haid.

Kamu dapat meminum obat pelancar haid ini sebelum makan dengan dosis 3 kali sehari 3 pil.

Konsumsi pil ini dapat menyebabkan pengeluaran lendir vagina menjadi lebih banyak. Kamu dapat melanjutkan pemakaian pil ini hingga lendir kembali menjadi normal. 

Rentang harga: Rp18.000 – Rp23.800 per box.

Dapatkan Majakani Rapet Pil di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah berbagai obat pelancar haid di apotik dan harganya. Dapatkan produk-produk di atas dengan mudah dan praktis di Toko Kesehatan Halodoc!

Referensi:
Winchester Hospital. Diakses pada 2023. Medications for Menstrual Disorders.
National Institute of Child Health and Human Development. Diakses pada 2023. What are the common treatments for menstrual irregularities?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan