5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Atasi Kondisi Darah Rendah

7 menit
Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   09 Januari 2024

“Darah rendah atau hipotensi, terjadi ketika tekanan darah dalam arteri lebih rendah dari tingkat normal. Kamu bisa mendiskusikan kondisi ini pada dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc.”

5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Atasi Kondisi Darah Rendah5 Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang Bisa Atasi Kondisi Darah Rendah

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta – Tekanan darah rendah atau hipotensi terjadi saat tekanan darah dalam arteri lebih rendah dari tingkat normal. 

Tekanan darah dinyatakan dalam dua angka: sistolik (tekanan darah saat jantung berkontraksi) dan diastolik (tekanan darah saat jantung beristirahat antara denyut). Nah, tekanan darah normal umumnya diukur pada kisaran 120/80 mmHg.

Darah rendah sering kali dianggap sebagai masalah kesehatan jika tekanan darah sistolik berada di bawah 90 mmHg atau tekanan darah diastolik di bawah 60 mmHg. Namun, setiap orang dapat merasakan gejala darah rendah secara berbeda.

Ada baiknya kondisi tekanan darah rendah yang kamu alami tidak disepelekan dan segera ditanyakan pada dokter, seperti dokter spesialis penyakit dalam.

Gejala Umum Tekanan Darah Rendah

Beberapa gejala umum darah rendah termasuk:

  • Pusing atau Pingsan: Karena aliran darah ke otak berkurang.
  • Kelelahan: Energi tubuh yang berkurang.
  • Pandangan Kabur: Kurangnya aliran darah ke mata dapat menyebabkan penglihatan kabur.
  • Nyeri Dada: Terjadi jika otot jantung tidak mendapatkan cukup oksigen.
  • Sesak Nafas: Kondisi ini dapat disebabkan oleh aliran darah yang tidak memadai ke paru-paru.

Namun, darah rendah bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi lain atau masalah kesehatan.

Beberapa gejala darah rendah yang mungkin mengindikasikan adanya kondisi lain termasuk:

  • Anemia: Kondisi ketika tubuh tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin untuk mengangkut oksigen dengan efektif. Anemia dapat menyebabkan kelelahan, pusing, dan kulit pucat.
  • Dehidrasi: Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Gejala dehidrasi meliputi haus berlebihan, kulit kering, dan urin berwarna gelap.
  • Gangguan Hormonal: Beberapa kondisi endokrin, seperti hipotiroidisme (fungsi tiroid yang rendah) atau insufisiensi adrenal, dapat menyebabkan tekanan darah rendah.
  • Infeksi: Infeksi berat atau sepsis dapat mengakibatkan tekanan darah rendah sebagai respons tubuh terhadap peradangan dan perubahan sirkulasi.
  • Gangguan Jantung: Masalah jantung seperti bradikardia (denyut jantung yang lambat) atau gagal jantung dapat menyebabkan tekanan darah rendah.
  • Perdarahan Internal: Kehilangan darah yang signifikan akibat perdarahan internal dapat mengakibatkan penurunan tekanan darah.
  • Syok: Kondisi serius di mana sirkulasi darah ke seluruh tubuh sangat terganggu. Ini bisa terjadi karena berbagai sebab, termasuk trauma, infeksi berat, atau reaksi alergi yang parah.
  • Diabetes: Pada beberapa kasus, tekanan darah rendah dapat terkait dengan diabetes, terutama ketika seseorang mengalami hipoglikemia (tingkat gula darah yang rendah).

Supaya kamu mengetahui lebih pasti apa penyebab tekanan darah rendah yang kamu alami, sebaiknya segera diskusikan dengan dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc.

Daftar Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Halodoc

Jika gejala darah rendah yang kamu alami cukup mengkhawatirkan, maka segeralah untuk mendiskuikannya dengan dokter.

Nah, berikut ini daftar dokter spesialis penyakit dalam di Halodoc dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dan memiliki penilaian baik dari pasien-pasien yang pernah ia layani sebelumnya, untuk kamu hubungi:

1. Dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD

M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD adalah alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Ia berhasil meraih gelar dokter umum pada 2015 dan dokter spesialis penyakit dalam pada 2023. 

Ia adalah seorang anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan kini berpraktik di Binjai, Sumatera Utara.

Dengan pengalaman selama 7 tahun, Dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc terkait tekanan darah, hipertensi, gangguan pencernaan, diabetes, fungsi ginjal, dan masih banyak lagi.

Chat Dr. M. Allif Maulana Syafrin Lubis M.Ked(PD), Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

2. Dr. Ova Rachmawati Sp.PD, FINASIM

Ova Rachmawati Sp.PD, FINASIM adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta. Ia meraih gelar dokter umum pada 2012 dan kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya berhasil mendapat gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2018.

Ia kini merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan kini berpraktik di Surakarta, Jawa Tengah.

Dengan pengalaman selama 11 tahun, Dr. Ova Rachmawati Sp.PD, FINASIM bisa memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc terkait kondisi darah rendah, fungsi ginjal, gangguan pencernaan, gangguan kesehatan lansia, diabetes, kesehatan jantung, DBD dan penyakit tropis, serta masih banyak lagi. 

Chat Dr. Ova Rachmawati Sp.PD, FINASIM mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

3. Dr. Wayan Giri Putra Semaradana M.Biomed, Sp.PD

Wayan Giri Putra Semaradana M.Biomed, Sp.PD adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Ia meraih gelar dokter umum pada 2012 dan kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya mendapat gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2019. 

Ia merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan kini berpraktik di Denpasar, Bali.

Dengan pengalaman selama 12 tahun, Dr. Wayan Giri Putra Semaradana M.Biomed, Sp.PD bisa memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc terkait darah rendah, hipertensi, gangguan pencernaan, diabetes, kesehatan paru, kesehatan jantung, DBD dan penyakit tropis serta banyak lagi.

Chat Dr. Wayan Giri Putra Semaradana M.Biomed, Sp.PD mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

4. Dr. Fendy A. Pamolango Sp.PD, FINASIM

Fendy A. Pamolango Sp.PD, FINASIM adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Ia meraih gelar dokter umum pada 2007 dan kemudian melanjutkan studi di kampus yang sama hingga akhirnya mendapat gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2017. 

Ia merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan kini berpraktik di Pohuwato, Gorontalo.

Dengan pengalaman selama 17 tahun, Dr. Fendy A. Pamolango Sp.PD, FINASIM memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc terkait darah rendah, hipertensi, gangguan pencernaan, diabetes, kesehatan paru, kesehatan jantung, DBD dan penyakit tropis, serta masih banyak lagi.

Chat Dr. Fendy A. Pamolango Sp.PD, FINASIM mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc. 

5. Dr. Raden Triyono Edhi Sulistiyanto Sp.PD-FINASIM

Raden Triyono Edhi Sulistiyanto Sp.PD-FINASIM meraih gelar dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang pada 1994.

Ia melanjutkan studinya ke Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan meraih gelar dokter spesialis penyakit dalam pada 2007.

Ia merupakan anggota aktif dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) dan kini berpraktik di Bantul, Yogyakarta.

Dengan pengalaman selama 30 tahun, Dr. Raden Triyono Edhi Sulistiyanto Sp.PD-FINASIM bisa memberikan layanan konsultasi masalah penyakit dalam di Halodoc terkait darah rendah, hipertensi, gangguan pencernaan, diabetes, kesehatan paru, kesehatan jantung, DBD dan penyakit  tropis, serta fungsi ginjal.

Chat Dr. Raden Triyono Edhi Sulistiyanto Sp.PD-FINASIM mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah beberapa pilihan dokter spesialis penyakit dalam yang bisa kamu hubungi jika kamu ingin berkonsultasi terkait kondisi darah rendah.

Jika dokter sedang tidak tersedia atau offline, kamu tak perlu khawatir.

Sebab kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc atau berkonsultasi dengan dokter lainnya.

Klik gambar di bawah ini untuk melakukan konsultasi dengan spesialis penyakit dalam di Halodoc menggunakan kupon agar lebih hemat.

chat spesialis penyakit dalam

Kamu juga bisa baca artikel ini: Obat Darah Rendah yang Ampuh dan Tersedia di Apotek untuk mendapatkan obat tanpa resep untuk mengatasi darah rendah.

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Low blood pressure (hypotension).
WebMD. Diakses pada 2024. Low Blood Pressure (Hypotension): Symptoms, Causes, and Treatment.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan