Ini 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

8 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   19 Juli 2024

“Ada sejumlah rekomendasi obat diabetes yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Contohnya Lipesco, Metformin, dan Glucophage yang bisa didapatkan di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah TinggiIni 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Gula Darah Tinggi


Halodoc, Jakarta – Diabetes atau penyakit gula darah tinggi adalah kondisi kronis ketika kadar gula darah (glukosa) tubuh terlalu tinggi. Tanpa penanganan yang tepat, pengidapnya berisiko mengalami sejumlah komplikasi fatal. 

Oleh karena itu, penting bagi pengidapnya untuk mengontrol gula darahnya dengan mengonsumsi obat yang dokter resepkan. Mau tahu apa saja obat gula darah tinggi yang biasanya diresepkan dokter? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Gula Darah Tinggi

Obat diabetes umumnya membutuhkan resep karena penyakit ini membutuhkan penanganan spesifik sesuai dengan keparahan pengidapnya. Nah, ada beberapa rekomendasi obat diabetes yang biasanya diresepkan dokter, di antaranya:

1. Lipesco 10 Kaplet 

Lipesco merupakan obat yang banyak digunakan untuk membantu memelihara kesehatan penderita diabetes. Obat ini mengandung A-Lipoic Acid 600 mg, Vitamin B12 175 mg, Vitamin E 8 mg, dan Vitamin B6 HCI 100 mg. 

Obat ini bisa diminum berdasarkan resep dokter, biasanya diminum setelah makan 1 kali sehari, sebanyak satu kaplet. 

Selama menggunakan obat diabetes ini, pastikan kamu melakukan konsultasi ke dokter secara berkala ya. Sebab biasanya dosis akan dikurangi atau ditambah sesuai dengan kondisi pasien. 

Rentang harga: Rp84.600 – Rp105.200.

Dapatkan Lipesco 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Metformin 500 mg 10 Strip (10 Tablet/Strip) – Obat Rutin 

Selanjutnya ada Metformin 100 mg 10 Strip yang bisa digunakan oleh penderita diabetes untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Ini merupakan obat antidiabetes generik, yang bermanfaat untuk mengontrol dan menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2. 

Dosis penggunaan obat diabetes ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. Biasanya untuk dosis awal, dokter akan memberikan sehari 3 kali, sebanyak 500 mg. Dosis mungkin akan ditambah sebesar 500 mg di tiap minggu, dengan maksimal 2000 mg per hari. 

Karena termasuk obat golongan keras, Metformin 100 mg tidak disarankan untuk diberikan pada penderita penyakit ginjal, penyakit hati kronik, alkoholik, dan hipoksia. 

Rentang harga: Rp84.600 – Rp105.200.

Dapatkan Metformin 100 mg 10 Strip di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Glucophage 500 mg 10 Tablet

Glucophage 500 mg 10 Tablet adalah pilihan obat gula darah tinggi, yang dapat mengontrol dan menurunkan kadar gula darah pada pengidap diabetes melitus tipe 2. 

Kandungan dari Glucophage 500 mg 10 Tablet adalah metformin dengan dosis 500 mg. Senyawa ini merupakan antidiabetes golongan biguanid yang bekerja dengan cara menghambat produksi glukosa di hati.

Adanya penghambatan ini mengakibatkan terjadinya penundaan penyerapan glukosa di usus. Alhasil, glukosa menjadi lebih stabil. 

Dosis awal penggunaan yang diresepkan dokter biasanya 1 tablet diminum 2 kali sehari.  

Rentang harga: Rp18.200 – Rp28.500 per strip.

Dapatkan Glucophage 500 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Diamicron MR 60 mg 15 Tablet 

Berikutnya ada Diamicron MR 60 mg 15 Tablet, yang termasuk dalam obat anti diabetes golongan sulfonilurea.

Obat ini bisa digunakan oleh pengidap diabetes, yang kadar gula darahnya tidak bisa dikontrol hanya dengan diet, olahraga, atau penurunan berat badan. 

Tiap tablet dari Diamicron, diketahui mengandung Gliclazide 60 mg. Obat diabetes ini bekerja dengan cara meningkatkan pelepasan insulin dalam darah, yang diproduksi oleh sel beta pankreas. 

Diamicron MR 60 mg bisa dikonsumsi sebanyak 30 mg per hari, serta bisa ditingkatkan hingga dosis maksimum 120 mg per hari. Penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan medis atau berdasarkan resep dokter. 

Rentang harga: Rp152.300 – Rp157.900.

Dapatkan Diamicron MR 60 mg 15 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Jardiance 10 mg 10 Tablet 

Jardiance 10 mg 10 tablet bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah tinggi pada penderita diabetes. Biasanya obat ini diberikan sebagai tambahan terapi metformin, sulfonilurea, atau pioglitazone pada pasien dewasa dengan diabetes tipe-2. 

Untuk dosis awal, Jardiance diberikan sebanyak 10 mg sekali sehari, kemudian dosis bisa ditingkatkan maksimal hingga 25 mg sekali sehari. Dosis penggunaan ini tentunya tidak bisa sembarangan dan harus di bawah pengawasan medis ya. 

Rentang harga: Rp269.200 – Rp282.500.

Dapatkan Jardiance 10 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

6. Acarbose 100 mg 10 Tablet

Pilihan obat gula darah tinggi selanjutnya yaitu Acarbose 100 mg 10 Tablet. 

Acarbose adalah antidiabetes generik yang termasuk golongan penghambat alfa glukosidase. Mekanisme kerjanya, memperlambat penyerapan glukosa dalam usus halus, sehingga dapat menurunkan kadar glukosa darah sesudah makan. 

Bila diabetes kamu tidak dapat terkendali dengan pengaturan pola makan (diet), biasanya dokter akan meresepkan obat gula darah tinggi ini. 

Kamu bisa mengonsumsinya bersama satu suapan pertama makanan dengan dosis awal 3 kali sehari 50 mg. 

Rentang harga: Rp12.000 – Rp30.400 per strip.

Dapatkan Acarbose 100 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

7. Glucovance 1.25 mg/250 mg 15 Tablet

Rekomendasi obat diabetes untuk menurunkan gula darah tinggi lainnya adalah Glucovance. Obat ini masuk dalam golongan biguanid, yang memiliki efek anti hiperglikemia, sehingga bisa bantu menurunkan kadar glukosa darah basal. 

Glucovance mengandung Glibenclamide 1.25 mg dan metformin HCI 250 mg. Obat ini bisa dikonsumsi dengan dosis awal yaitu 1-2 kali sehari setelah makan. Untuk dosis lanjutan, kamu bisa konsultasikan penggunaan obat ini ke dokter. 

Kisaran harga: Rp81.000.

Dapatkan Glucovance 1.25 mg/250 mg 15 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

8. Gliquidone 30 mg 10 Tablet

Gliquidone jadi salah satu pilihan obat diabetes untuk gula darah tinggi. Ini merupakan obat antidiabetik oral yang masuk dalam golongan sulfonilurea.

Obat ini bekerja dengan cara menurunkan kadar insulin dari sel beta pankreas yang masih berfungsi. 

Tiap tablet obat ini mengandung Gliquidone 30 mg. Kamu bisa mengonsumsinya berdasarkan resep dokter. Biasanya untuk dosis awal obat ini diberikan sebanyak 15 mg, dengan dosis harian hingga 45-60 mg. 

Gliquidone masuk dalam kategori obat keras. Penggunaan obat ini tidak dianjurkan untuk 

pasien dengan gangguan hati, infeksi berat, serta alergi terhadap sulfonamid.

Kisaran harga: Rp17.200.

Dapatkan Gliquidone 30 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Selain obat-obatan di atas, kamu bisa temukan berbagai rekomendasi obat gula darah tinggi lainnya di sini: “Catat, Ini 7 Jenis Obat Gula Darah dan Efek Sampingnya”

Itulah rekomendasi obat diabetes yang bisa didapatkan dengan resep dokter.

Karena itu, pastikan melakukan konsultasi dokter di Halodoc, meskipun kamu sudah terdiagnosis penyakit diabetes. Sebab, penyakit ini membutuhkan penanganan spesifik tergantung keparahan dan kondisi pengidapnya. 

Ketika dokter sudah memberikan resep obat, kamu bisa membeli obat yang dokter resepkan melalui Toko Kesehatan Halodoc, 100% produknya asli dan dikirim dari apotek tepercaya!

Skrining Diabetes Bisa di Rumah pakai Halodoc

Selain mengonsumsi obat di atas, kamu juga perlu cek gula darah secara rutin. Tujuannya untuk mengontrol kadar gula darah guna mencegah komplikasi diabetes. 

Kini, kamu tidak perlu antre di rumah sakit atau klinik, kamu bisa melakukan Skrining Diabetes di rumah melalui layanan Halodoc Home Lab. 

Halodoc menyediakan fasilitas Skrining Diabetes melalui layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jadetabek, Bandung, dan Surabaya).

Layanan ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah atau di lokasi mana pun yang kamu pilih.

Ada beberapa keunggulan dari layanan tes lab ini, antara lain:

✔ Tak perlu repot keluar rumah. 

✔ Hemat waktu dan biaya.  

✔ Dilayani oleh petugas medis bersertifikat.

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Sampel diambil secara aman dan steril.  

✔ Sampel darah/urine akan dibawa langsung ke laboratorium setelah diambil (tidak ada transit). 

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standarisasi.  

✔ Harga untuk Skrining Diabetes adalah Rp 219.000, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon. 

✔ Semua layanan tes lab terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dokter.  

✔ Setelah tes, kamu akan mendapatkan voucher 25 ribu untuk konsultasi hasil dengan dokter tepercaya dari Halodoc

Booking Skrining Diabetes Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Selain lewat aplikasi, kamu juga bisa order langsung dengan menghubungi nomor WhatsApp 0888-0999-9226

Mudah sekali bukan? Pesan layanan Homelab sekarang juga!

Referensi: 
Drugs. Diakses pada 2024. Jardiance. 
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Need to Know About Diabetes. 
Jardiance. Diakses pada 2024. DOSING & GETTING STARTED ON JARDIANCE. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan