Ini 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 April 2024

“Ada sejumlah rekomendasi obat diabetes yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Contohnya Inlacin 100 mg, Lipesco, Inlacin 50 mg, Diabetone, dan Diabemed yang bisa didapatkan di Halodoc.”

Ini 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah TinggiIni 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

DAFTAR ISI:

Rekomendasi Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter

Skrining Diabetes Bisa di Rumah pakai Halodoc


Halodoc, Jakarta – Diabetes atau penyakit gula darah tinggi adalah kondisi kronis ketika kadar gula darah (glukosa) tubuh terlalu tinggi. Tanpa penanganan yang tepat pengidapnya berisiko mengalami sejumlah komplikasi fatal. 

Karena itu, penting bagi pengidapnya untuk mengontrol gula darahnya dengan mengonsumsi obat yang dokter resepkan. Mau tahu apa saja obat diabetes yang biasanya diresepkan dokter? Berikut ulasannya!

Rekomendasi Obat Diabetes yang Biasa Diresepkan Dokter

Obat diabetes membutuhkan resep karena diabetes merupakan kondisi yang membutuhkan penanganan spesifik sesuai dengan keparahan pengidapnya. 

Karena itu, jangan mengonsumsi rekomendasi obat diabet di bawah ini secara sembarangan, atau tanpa resep dan anjuran dokter. Berikut adalah rekomendasinya:

1. Inlacin 100 mg 6 Kapsul

Inlacin 100 mg adalah obat berupa kapsul yang mengandung ekstrak Lagerstroemia speciosa dan Cinnamomum burmannii. Gunanya adalah menurunkan kadar gula dalam darah.  

Biasanya, dokter meresepkan obat ini untuk dikonsumsi 1 kapsul sekali sehari sebelum atau sesudah makan. 

Sejauh ini, belum ada efek samping yang dilaporkan dari penggunaan obat ini. Jadi, masih aman digunakan selama dikonsumsi dengan dosis yang disarankan dokter. 

Untuk mencegah naiknya gula darah akibat makanan yang dikonsumsi, sebaiknya kamu menghindari beberapa buah berikut ini: “5 Buah yang Dilarang untuk Penderita Diabetes”.

Kisaran harga: Rp42.300 per strip.

Dapatkan 100 mg 6 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Lipesco 10 Kaplet

Kamu juga dapat mengonsumsi suplemen tertentu sebagai terapi penunjang penyakit diabetes. Suplemen ini berguna untuk membantu menurunkan gula darah, berat badan, serta mengurangi gejala neuropati diabetik. 

Di dalamnya terkandung lima vitamin yang sangat bermanfaat untuk tubuh yaitu Alpha-lipoic acid, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, dan vitamin E.

Konsumsilah obat ini 1 kaplet per hari. Hindari meminum dalam dosis yang tinggi agar tidak terjadi penurunan kadar gula darah secara drastis. 

Rentang harga: Rp84.600 – Rp105.200 per strip.

Dapatkan Lipesco 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Inlacin 50 mg 6 Kapsul

Inlacin mengandung dua ekstra herbal utama yang bermanfaat untuk pengidap diabetes, yakni Lagerstroemia speciosa dan Cinnamomum burmanii.

Dokter biasanya meresepkan obat ini untuk diminum 1 kapsul sekali sehari yang dapat diberikan bersama atau tanpa makanan. 

Perlu dipertegas, obat ini hanya dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Pastikan selalu konsultasi dengan dokter terkait kadar gula darah kamu secara berkala. 

Rentang harga: Rp26.900 – Rp54.600 per strip.

Dapatkan Inlacin 50 mg 6 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Diabetone 6 Kapsul

Nutrisi lainnya yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah serta mencegah komplikasi diabetes adalah Diabetone 6 Kapsul. Di dalamnya, terkandung lebih dari 20 nutrisi, mulai dari zinc, chromium, zat besi, selenium, vitamin D3, vitamin A, vitamin E, vitamin C, hingga vitamin B6. 

Kamu bisa mengonsumsinya 1 kapsul per hari bersamaan atau pun tanpa makanan. Namun, Jika diberikan bersamaan dengan makanan, penyerapannya akan lebih baik.

Selain obat yang dokter resepkan, ada beberapa perubahan pola hidup lebih sehat. Baca lebih lanjut informasinya pada: Gaya Hidup Sehat yang Harus Diterapkan Pengidap Diabetes.

Rentang harga: Rp37.600 – Rp91.700 per strip.

Dapatkan Diabetone 6 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Diabemed 24 Kapsul

Pilihan obat diabetes terakhir adalah Diabemed 24 Kapsul. Obat ini mengandung bahan herbal Gymnema sylvestre yang berguna untuk  membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan menjaganya agar tetap stabil. 

Pengidap diabetes dapat meminum kapsul ini sebanyak 1 kapsul tiga kali sehari. Sementara itu, untuk mencegah diabetes, cukup meminum 1 kapsul sehari. Bila mendapatkan obat minum dari dokter, sebaiknya jarakkan 30 menit sebelum meminum obat selanjutnya. 

Obat diabetes ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil dan menyusui. 

Rentang harga: Rp17.900 – Rp56.200 per box.

Dapatkan Diabemed 24 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah rekomendasi obat diabetes yang bisa didapatkan dengan resep dokter. Karena itu, pastikan untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter spesialis penyakit dalam meskipun kamu sudah terdiagnosa penyakit diabetes.

Sebab, penyakit ini membutuhkan penanganan spesifik tergantung keparahan dan kondisi pengidapnya. 

Ketika dokter sudah memberikan resep obat, kamu bisa membeli obat yang dokter resepkan melalui Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli dan dikirim dari apotek tepercaya!

Skrining Diabetes Bisa di Rumah pakai Halodoc

Selain mengonsumsi obat di atas, kamu juga perlu cek gula darah secara rutin. Tujuannya untuk mengontrol kadar gula darah guna mencegah komplikasi diabetes. 

Kini, kamu tidak perlu antre di rumah sakit atau klinik, kamu bisa melakukan Skrining Diabetes di rumah melalui layanan Halodoc Home Lab. 

Halodoc menyediakan fasilitas Skrining Diabetes melalui layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jadetabek, Bandung, dan Surabaya).

Layanan ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah atau di lokasi mana pun yang kamu pilih.

Ada beberapa keunggulan dari layanan tes lab ini, antara lain:

✔ Tak perlu repot keluar rumah. 

✔ Hemat waktu dan biaya.  

✔ Tenaga kesehatan responnya cepat.  

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Sampel diambil secara aman dan steril.  

✔ Sampel darah/urine akan dibawa langsung ke laboratorium setelah diambil (tidak ada transit). 

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standarisasi.  

✔ Harga untuk Skrining Diabetes adalah Rp 219.000, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon. 

✔ Semua layanan tes lab terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dokter.  

✔ Setelah tes, kamu akan mendapatkan voucher 25 ribu untuk konsultasi hasil dengan dokter tepercaya dari Halodoc. 

Booking Skrining Diabetes Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Selain lewat aplikasi, kamu juga bisa order langsung dengan menghubungi nomor WhatsApp 0888-0999-9226

Mudah sekali bukan? Pesan layanan Homelab sekarang juga!

banner seo toko kesehatan
Referensi: 
Drugs. Diakses pada 2024. Jardiance. 
Healthline. Diakses pada 2024. Everything You Need to Know About Diabetes. 
Jardiance. Diakses pada 2024. DOSING & GETTING STARTED ON JARDIANCE. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan