Ini 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus Diketahui

5
  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Agustus 2023

"Selain masalah pencernaan, ada beberapa penyebab nyeri perut sebelah kiri yang perlu kamu ketahui. Mulai dari diverkulitis, gastritis hingga hernia atau turun berok.”

Ini 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus DiketahuiIni 5 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kiri yang Harus Diketahui

DAFTAR ISI

  1. Diverkulitis
  2. Gastritis
  3. Peradangan Pankreas
  4. Radang Usus Besar
  5. Hernia
  6. Penyakit Ginjal
  7. Sakit Maag

Halodoc, Jakarta – Sakit atau nyeri perut sebelah kiri adalah kondisi yang umumnya terjadi akibat penyebab ringan. Salah satunya penyebabnya yaitu perut kembung akibat konsumsi makanan tertentu. 

Namun, nyeri perut sebelah kiri juga tidak dapat kamu sepelekan. Lantaran kondisi ini bisa jadi merupakan indikasi akan kondisi atau penyakit medis serius. Mengingat perut bagian kiri adalah lokasi sejumlah organ penting. 

Contohnya pankreas, ginjal kiri, kolon atau usus besar, lambung, hingga liver atau hati sebelah kiri. Karena itu, sebaiknya ketahuilah apa saja penyebab nyeri perut sebelah kiri selain masalah pencernaan. 

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri

Pria Mengalami Sakit Perut Sebelah Kiri

Apabila perutmu merasakan sakit yang terbilang ringan, tidak perlu khawatir. Sebab, nyeri perut sebelah kiri yang tergolong ringan biasanya akan reda sendiri dalam waktu 1–2 hari. 

Namun, apabila gangguan yang terjadi menyebabkan rasa sakit yang tidak tertahankan dan terjadi lebih dari dua hari, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan. 

Bukan tidak mungkin gangguan berbahaya sedang terjadi dan bisa berakibat fatal. Berikut beberapa penyebab nyeri perut sebelah kiri yang perlu kamu ketahui:

1. Diverkulitis

Dalam banyak kasus, penyebab nyeri persisten yang spesifik pada sisi kiri bawah perut adalah divertikulitis. Adapun kondisi ini adalah peradangan pada divertikula (kantong-kantong kecil yang terbentuk di usus besar). 

Saat kantong robek, pembengkakan dan infeksi dapat menyebabkan divertikulitis. Kondisi ini sering terjadi dan kerap menyasar mereka yang berusia lebih dari 50 tahun. 

Gejala lain dari kondisi ini dapat termasuk demam, mual, muntah, hingga sembelit atau diare pada kasus yang jarang. 

2. Gastritis

Penyebab nyeri perut sebelah kiri selanjutnya yaitu peradangan, iritasi atau pengikisan pada lapisan lambung. Akibatnya, gastritis menimbulkan rasa nyeri pada area perut. 

Nah, gastritis yang bersifat kronis atau berkepanjangan biasanya terjadi akibat infeksi bakteri H. pylori, yaitu bakteri yang menyerang lapisan lambung.

Gastritis juga dapat menyebabkan beberapa keluhan lainnya seperti mual, muntah, sampai perut terasa penuh.

Baca lebih lanjut mengenai gastritis pada artikel: 7 Jenis Gastritis yang Perlu Diwaspadai

3. Peradangan Pankreas

Organ lainnya yang berada pada sisi kiri perut setiap manusia adalah pankreas. Jika terjadi gangguan pada organ tersebut, maka akan timbul perasaan sakit pada perut bagian kiri atas hingga ke punggung. 

Gangguan yang kerap terjadi adalah peradangan pada pankreas yang dapat menimbulkan rasa sakit ketika berbaring, makan, dan minum. 

Gejala lainnya yang dapat pengidapnya rasakan adalah demam, mencret, perut sakit saat tersentuh, hingga mual dan muntah.

4. Radang Usus Besar

Nyeri perut sebelah kiri bawah baik pada pria maupun wanita juga dapat terjadi akibat radang usus besar. Nah, selain menyebabkan nyeri perut, peradangan pada usus besar juga dapat mengakibatkan sejumlah gejala lainnya. 

Contohnya seperti diare, kelelahan, perubahan tekstur feses menjadi berlendir dan lebih lembek hingga penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas. 

5. Hernia

Hernia atau turun berok adalah kondisi kesehatan yang terjadi ketika lemak, jaringan, atau bagian dari organ tubuh mendorong melalui titik lemak atau lubang otot perut atau jaringan ikat. Saat seseorang mengidapnya, ia mungkin melihat atau merasakan adanya tonjolan. 

Tergantung pada jenis hernia dan seberapa parah gejalanya, kondisi ini dapat menjadi ringan dan menyebabkan sedikit gangguan atau bahkan bisa mengancam jiwa. Bila terjadi pada otot perut sisi kiri, kondisi ini dapat menyebabkan nyeri perut sebelah kiri. 

Khususnya saat pengidapnya sedang membungkuk, tertawa, batuk atau sedang mengangkat beban berat.

Kondisi ini membutuhkan penanganan medis lebih lanjut apabila tonjolan hernia tidak kunjung hilang, berubah posisi atau nyerinya semakin bertambah. 

6. Penyakit Ginjal

Sakit perut sebelah kiri juga dapat terjadi akibat terganggunya fungsi ginjal. Misalnya, infeksi ginjal atau terbentuknya batu ginjal.

Pada infeksi ginjal, gejala yang timbul berupa sakit perut sebelah kiri bawah, demam, mual dan muntah, serta nyeri pada pangkal paha.

Sementara itu, jika penyebabnya adalah batu ginjal ada gejala yang umum terjadi. Mulai dari sakit perut kiri bagian bawah, keinginan buang air kecil terus-menerus, sensasi panas saat buang air kecil, dan urine yang berdarah.

Jika kamu ingin mengetahui lebih jelas mengenai gejala penyakit ginjal, kamu bisa membaca artikel: 10 Gejala Awal Penyakit Ginjal Ini Perlu Diwaspadai.

7. Sakit mag

Penyakit mag juga menunjukkan gejala nyeri perut sebelah kiri. Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko sakit maag, seperti:

  • Masalah emosional, seperti cemas atau depresi.
  • Terinfeksi bakteri Helicobacter pylori.
  • Terlalu banyak makan.
  • Berat badan berlebih.
  • Makan terlalu cepat.
  • Mengonsumsi makanan berminyak, berlemak, atau terlalu pedas.
  • Minum minuman berkafein atau bersoda dalam jumlah banyak dan sering.

Pengobatan Nyeri Perut Sebelah Kiri

Nyeri perut sebelah kiri yang tidak serius biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Nah, ada beberapa perawatan rumahan yang dapat kamu lakukan untuk meredakan gejala nyeri perut, yaitu: 

  • Saat makan, pastikan untuk mengunyah makanan secara perlahan. Selain itu, konsumsilah makanan dengan porsi sedikit tapi sering.
  • Mengompres perut dengan handuk hangat.
  • Menghindari asupan tertentu, seperti minuman berkafein, bersoda, beralkohol hingga makanan pedas, asam atau berlemak. 
  • Memperbanyak konsumsi cairan. 
  • Konsumsi obat pencahar atau pelunak tinja, jika nyeri perut terjadi akibat gangguan pencernaan seperti sembelit. 

Kondisi ini terjadi akibat kondisi tertentu memerlukan penanganan medis sesuai penyebabnya. 

Jika perawatan rumahan tak kunjung membuahkan hasil, segeralah memeriksakan kondisi ke dokter. Terutama jika nyeri perut sebelah kiri disertai dengan gejala-gejala berikut:

  • Demam tinggi secara berkepanjangan. 
  • Mual atau muntah yang terus-menerus.
  • Ada darah pada tinja, urin atau muntahan.
  • Pembengkakan dan kelembutan saat tersentuh.
  • Adanya jaundice atau penyakit kuning (menguningnya mata dan kulit).
  • Nyeri perut sebelah kiri bersamaan dengan nyeri pada bagian tubuh lainnya.
  • Sesak napas atau gejala yang memburuk saat beraktivitas.

Mau tahu obat-obatan yang ampuh untuk mengatasi sakit perut melilit? Baca di artikel ini: “Ini 7 Pilihan Obat Sakit Perut Melilit yang Ampuh di Apotek“.

Penanganan yang tepat sesuai kondisi yang mendasarinya tentu dapat meminimalkan risiko komplikasi fatal. 

Penanganan yang tepat sesuai kondisi yang mendasarinya tentu dapat meminimalkan risiko komplikasi fatal. Hubungi dokter di Halodoc✔️ sebelum kondisi semakin parah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What’s Causing Pain in My Lower Left Abdomen?
The Healthy. Diakses pada 2023. If You Have Left Side Abdominal Pain, Here’s What It Could Mean. Cleveland Clinic. Diakses pada 2023. Abdominal Pain. 
Medical News Today. Diakses pada 2023. What causes pain in the lower left abdomen?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan