• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Bibir Lebih Mudah Pecah-Pecah saat Puasa

Alasan Bibir Lebih Mudah Pecah-Pecah saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat puasa, kamu harus menahan haus dan lapar dari sahur hingga berbuka. Hal tersebut menyebabkan tubuh tidak mendapatkan asupan air apa pun yang dapat menyebabkan dehidrasi terjadi. Banyak gangguan yang dapat terjadi ketika tubuhmu mengalami dehidrasi, seperti sakit tenggorokan hingga bibir yang pecah-pecah.

Tidak sedikit orang yang menyepelekan bibir pecah-pecah saat puasa. Padahal, gangguan ini dapat menjadi semakin parah dan bibir dapat terluka hingga berdarah karenanya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa penyebab dari bibir pecah-pecah agar dapat dihindari untuk terjadi selama puasa. Berikut adalah beberapa penyebab dari bibir pecah-pecah!

Baca juga: 5 Cara Atasi Masalah Bibir Pecah-Pecah Saat Puasa

Penyebab Bibir Pecah-Pecah Lebih Rentan Terjadi saat Puasa

Gangguan pada bibir tersebut kerap terjadi ketika seseorang menjalankan ibadah puasa. Selain itu, paparan matahari dan udara yang lembap juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering hingga terjadi pecah-pecah. Hal tersebut harus segera diatasi sebelum gangguan menjadi semakin parah.

Hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan cara mengoleskan pelembap bibir agar bagian tersebut tetap basah. Namun, beberapa orang percaya apabila hal tersebut dapat membatalkan puasa karena mungkin saja tidak sengaja terjilat dan masuk ke tenggorokan. Untuk itu, berikut adalah beberapa penyebab dari bibir pecah-pecah saat puasa yang harus diketahui:

  1. Dehidrasi

Penyebab utama seseorang mengalami bibir pecah-pecah saat puasa adalah tubuh yang sedang dalam keadaan dehidrasi. Maka dari itu, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi saat puasa dengan mengonsumsi 8 gelas air putih per harinya. Selain itu, perbanyak konsumsi buah dan sayur saat sahur dan berbuka. Kamu juga dapat mengurangi konsumsi kopi yang dapat membuat dehidrasi semakin buruk.

Baca juga: Bibir Pecah Saat Puasa, Atasi dengan 4 Cara Ini

  1. Menjilati Bibir

Bibir pecah-pecah saat puasa juga dapat disebabkan kebiasaan menjilati bibir sendiri dengan air liur. Rasa lega yang terasa pada bibir dapat menguap dengan cepat dan kandungan pada air liur dapat dapat mempengaruhi kulit bibir ketika dilakukan berlebihan. Jika kamu mempunyai kebiasaan melakukan hal tersebut, cobalah untuk berhenti. Cara mengatasinya adalah dengan mengoleskan lip balm setiap merasa bibir kering.

  1. Konsumsi Makanan Tertentu

Beberapa makanan tertentu yang dikonsumsi saat sahur ternyata juga dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah, lho. Contohnya adalah konsumsi gorengan yang dapat membuat tubuh menjadi lebih haus. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan protein juga membuat tubuh membutuhkan lebih banyak air untuk mencernanya agar dapat masuk ke saluran pencernaan. Hal tersebut menyebabkan kulit kehilangan kelembapannya dan membuat bibir menjadi kering.

  1. Mengonsumsi Makanan yang Pedas dan Asin

Sudah umum jika seseorang yang mengonsumsi makanan pedas dan asin, setelahnya bibir akan terasa kering sehingga butuh minum yang banyak. Padahal, kamu sedang menjalani ibadah puasa. Akhirnya, bibir yang kering menjadi pecah-pecah saat puasa. Hal tersebut juga dapat menyebabkan tubuh kamu menjadi lebih cepat haus saat beraktivitas.

Itulah beberapa hal yang dapat menjadi penyebab bibir pecah-pecah saat puasa. Dengan menghindari semua hal tersebut, bibir kamu akan tetap seperti biasa meski sedang dalam keadaan tidak makan dan minum. Maka dari itu, penting untuk selalu memperhatikan kebiasaan yang dilakukan saat sahur dan buka.

Baca juga: 6 Cara Mudah Atasi Bibir Kering Tanpa Lip Balm

Lalu, apabila kamu mempunyai pertanyaan perihal beberapa penyebab yang dapat membuat bibir pecah-pecah saat puasa, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

Referensi:
Common Sense Home. Diakses pada 2020. 10 Causes of Chapped Lips, Plus How to Get Rid of Chapped Lips.
Hamad. Diakses pada 2020. Fasting and the risk of dehydration during Ramadan.