• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alpukat Bisa Tingkatkan Berat Badan Anak, Benarkah?

Alpukat Bisa Tingkatkan Berat Badan Anak, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta – Para orangtua sebaiknya memerhatikan asupan dan makanan yang dikonsumsi oleh anak. Nutrisi dan gizi seimbang yang dikonsumsi oleh anak membuat anak memiliki berat badan yang sesuai dengan usianya. Selain menandakan anak sehat, berat badan yang sesuai dengan usianya mempermudah orangtua untuk memantau tumbuh kembang.

Baca juga: Berat Badan Ideal sesuai Usia Bayi

Jika ibu memiliki anak dengan berat badan yang kurang sesuai dengan usianya, sebaiknya cari tahu apa penyebabnya. Jika anak mengalami kesulitan makan, tidak ada salahnya ibu coba berikan makanan kesukaan yang bervariasi. Ibu juga bisa berikan berbagai jenis buah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Lalu, benarkah alpukat dapat menjadi buah yang bisa digunakan untuk meningkatkan berat badan anak?

Alasan Alpukat Baik untuk Berat Badan Anak

Memiliki anak dengan berat badan di bawah rata-rata tentu membuat orangtua merasa cemas dan bingung. Ada berbagai penyebab anak mengalami kesulitan naik berat badan yang perlu ibu ketahui. Melansir Cleveland Clinic, berikut ini penyebab yang membuat anak kesulitan menaikkan berat badan:

  1. Anak tidak mendapatkan asupan kalori yang cukup. Kondisi ini dapat terjadi akibat anak yang gemar memilih makanan atau kurang tertarik untuk mengonsumsi makanan yang disajikan.

  2. Gangguan pada pencernaan juga dapat membuat anak mengalami kekurangan nutrisi sehingga berat badannya sulit bertambah.

  3. Penyakit kronis, seperti penyakit celiac, gangguan jantung, gangguan ginjal dapat menjadi penyebab berat badan sulit bertambah.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Itulah beberapa alasan yang menyebabkan anak sulit menambah berat badan. Segera periksakan kesehatan anak ke rumah sakit terdekat, agar adanya gangguan kesehatan yang terjadi pada anak dapat dideteksi dan ditangani sejak dini. Kini membuat janji dengan dokter bisa dilakukan sebelum ke rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc, sehingga pemeriksaan kesehatan lebih mudah dilakukan.

Namun, jika anak tidak mengalami gangguan kesehatan apapun, sebaiknya berikan makanan yang menjadi kesukaan anak. Selain itu, jangan lupa berikan buah-buahan yang mampu meningkatkan berat badan anak, salah satunya adalah alpukat.

Melansir Healthline, buah alpukat menjadi buah yang dapat meningkatkan berat badan. Hal ini disebabkan karena alpukat mengandung banyak lemak baik dan kalori di dalamnya. Satu buah alpukat memenuhi 322 kalori, 29 gram lemak baik, dan 17 gram serat. Selain itu, dilansir dari The Healthy, rutin mengonsumsi buah alpukat dapat menurunkan risiko kolesterol.

Lakukan Ini Agar Berat Badan Anak Dapat Bertambah

Ibu bisa membuat makanan untuk anak dengan menggunakan bahan dasar alpukat. Berikan anak camilan buah alpukat atau jus alpukat khususnya jika anak tidak memiliki selera untuk mengonsumsi makanan utama yang telah ibu siapkan. 

Tidak hanya alpukat, ada beberapa makan yang dapat membantu untuk meningkatkan berat badan, seperti ikan salmon, kentang, labu, roti gandum, dan kacang-kacangan. Ibu bisa memberikan makanan penambah berat badan ini untuk disajikan saat waktu camilan.

Baca juga: 4 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia 1-2 Tahun

Ibu jangan lupa ajak anak untuk rutin melakukan olahraga ringan yang menyenangkan. Rutin berolahraga membantu ibu untuk meningkatkan nafsu makan anak. Lakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai, lari di sekeliling rumah, atau berenang. Selain itu, penuhi kebutuhan istirahat anak. Kurang waktu istirahat serta kualitas tidur yang kurang optimal dapat menyebabkan metabolisme pada anak tidak bekerja dengan baik. 

Referensi:
The Healthy. Diakses pada 2020. The 9 So-Called Superfoods That Can Cause Weight Gain
Healthline. Diakses pada 2020. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. 10 Possible Reasons Why Your Child Isn’t Growing