5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

5 Tips Menjaga Berat Badan Ideal Anak

Halodoc, Jakarta – Pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi prioritas bagi orangtua. Tidak hanya kemampuan dan perkembangan anak yang menjadi perhatian, masalah berat badan juga menjadi salah satu masalah yang cukup menyita banyak waktu ibu.

Baca juga: Manfaat Baca Buku untuk Tumbuh Kembang Anak

Tidak hanya masalah kekurangan berat badan, kini banyak anak yang mengalami masalah kelebihan berat badan. Kedua kondisi ini memberikan dampak buruk pada kesehatan anak.

Sebaiknya ibu perhatikan jika anak memiliki berat badan yang kurang dari ideal. Anak yang memiliki masalah berat badan kurang berisiko mengalami berbagai macam masalah kesehatan. Anak dengan berat badan yang kurang ideal mengalami penurunan kekebalan fungsi tubuh. Dengan begitu, anak lebih rentan terserang penyakit maupun virus.

Begitu juga dengan anak yang memiliki kondisi berat badan berlebih atau obesitas. Anak kecil yang memiliki postur tubuh gemuk memang menggemaskan, namun sebaiknya ketahui dampak kesehatan yang mengintai anak dengan berat badan berlebih seperti gangguan tidur, gangguan jantung, dan asma.

Sebaiknya, selalu pantau perkembangan berat badan anak setiap bulannya agar anak memiliki berat badan ideal dengan usianya. Berikut beberapa cara untuk menjaga berat badan ideal anak, yaitu:

1. Perhatikan Pola Makan Anak

Sebaiknya ibu memerhatikan pola makan anak dengan baik. Berikan anak makanan yang sehat dan bergizi agar kebutuhan gizi anak terpenuhi. Anak kecil juga perlu ditargetkan untuk mengonsumsi buah dan sayur secara teratur perharinya.

Hindari pemberian makanan manis yang berlebihan pada anak. Selain meningkatkan risiko obesitas, makanan manis juga mengganggu kesehatan mulut dan gigi anak. Berikan makanan yang sesuai dengan porsinya. Jika anak sudah kenyang, jangan paksa anak untuk mengonsumsi makanan yang lain.

2. Kenalkan Anak dengan Olahraga

Perkenalkan manfaat olahraga sejak dini pada anak. Ajak anak untuk bergerak dan berolahraga minimal 60 menit setiap harinya. Ibu bisa mengajak anak untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan santai mengitari komplek atau mengajak ajak bermain sepeda.

Berenang juga bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan bagi anak. Lakukan olahraga yang disukai oleh anak-anak. Selain sehat, olahraga dapat membuat anak-anak semakin bahagia.

Baca juga: 4 Cara Mengarahkan Bakat Olahraga Anak

3. Berikan Contoh

Sebaiknya berikan contoh pada anak mengenai pola hidup yang sehat agar terhindar dari gangguan penyakit. Jangan sungkan untuk melakukan hal-hal yang ibu ajarkan pada anak. Misalnya mengajak anak makan sayuran dan buah, sebaiknya ibu juga konsumsi buah dan sayuran yang sama dengan anak. Dengan begitu, anak akan lebih senang untuk makan sayuran. Begitu pula jika ibu mengajak anak untuk berolahraga, sebaiknya lakukan olahraga yang menyenangkan untuk ibu dan anak.

4. Berikan Waktu Istirahat yang Cukup

Selain pola makan dan olahraga, anak yang memiliki waktu istirahat yang cukup akan lebih mudah untuk memiliki berat badan yang ideal. Pada waktu tidur, hormon pertumbuhan akan dilepaskan.

Jadi, ketika anak tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup pelepasan hormon pertumbuhan akan terganggu. Hal ini akan menimbulkan masalah pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

5. Ajarkan Anak untuk Selalu Sarapan

Sebaiknya ajarkan anak untuk selalu sarapan sebelum beraktivitas. Anak-anak yang rutin melakukan sarapan memiliki berat badan yang lebih stabil dibandingkan anak yang tidak rutin sarapan. Sarapan membantu menjaga kesehatan pencernaan serta memberikan anak energi untuk beraktivitas selama satu hari.

Perhatikan perubahan yang terjadi pada tumbuh kembang anak. Tidak ada salahnya untuk segera diskusi pada dokter jika terjadi hal yang membuat ibu khawatir terhadap tumbuh kembang anak.

Penanganan yang tepat meminimalisir risiko sehingga pengobatan bisa lebih cepat dilakukan. Ibu bisa pilih dokter anak di rumah sakit yang tepat sesuai dengan kebutuhan melalui Halodoc. Kamu juga bisa download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play, ya!

Baca juga: Ini Pola Asuh Sehat untuk Tumbuh Kembang Anak