• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Amankah Menggunakan Sleeping Pack Sepanjang Malam?

Amankah Menggunakan Sleeping Pack Sepanjang Malam?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Hal yang umum jika setiap wanita ingin mendapatkan kulit yang cantik dan cerah. Banyak hal yang dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan sleeping pack alias masker wajah yang dilakukan sebelum tidur. Penggunaan produk ini cukup diminati karena simpel dan memberi dampak baik.

Tidak sedikit juga wanita yang merasa wajib menggunakan krim tersebut sebelum tidur setiap hari. Walau begitu, beberapa wanita merasakan kekhawatiran tentang keamanan dari penggunaan sleeping pack, karena penggunaannya harus dilekatkan pada wajah semalaman. Berikut bahasan tentang keamanan dalam menggunakan sleeping pack!

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Sleeping Mask yang Tepat

Menggunakan Sleeping Pack Setiap Hari, Apa Dampaknya?

Dengan banyaknya pilihan kosmetik saat ini, penjualan krim malam juga mengalami peningkatan. Pasalnya, untuk menjaga kecantikan, tidak sedikit orang yang menggunakan masker tersebut setiap malam. Sleeping pack yang digunakan setiap malam dapat membuat wajah lebih lembap dan dapat merawat pori-pori kulit wajah.

Memang, menjaga kelembapan kulit adalah satu hal yang wajib dilakukan ketika sedang melakukan perawatan wajah. Hal tersebut dikarenakan beberapa jenis obat wajah dan perawatan baru bisa diserap jika kulit memiliki kelembapan yang pas. Namun, tahukah kamu bahwa selama ini banyak wanita yang melakukan kesalahan saat menggunakan sleeping pack?

  • Mengalami Masalah Kulit Wajah

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat menggunakan sleeping pack adalah memastikan kulit wajah sedang sehat. Jika kulit sedang mengalami masalah seperti luka, eksim, dan masalah kulit lainnya, sebaiknya tunggu hingga hal-hal tersebut hilang atau sembuh. Bukan tidak mungkin dampak yang buruk dapat terjadi karena memaksakan menggunakan krim tersebut saat wajah sedang tidak "fit".

  • Timbul Masalah setelah Penggunaan

Penggunaan sleeping pack juga dapat menimbulkan masalah setelah diaplikasikan ke wajah. Bukan tidak mungkin wajah mengalami bintik-bintik, kemerahan, bengkak, gatal, dan gejala alergi lainnya. Jika hal tersebut terjadi, ada baiknya berhenti menggunakan krim malam tersebut. Kamu juga bisa mendiskusikannya dengan dokter dari Halodoc untuk mengetahui cara penanganannya yang tepat. 

  • Dampak Buruk saat Terpapar Matahari

Wajahmu mungkin juga mengalami dampak buruk disebabkan penggunaan dari sleeping pack ketika terpapar sinar matahari. Pasalnya, kandungan krim tersebut bereaksi saat terkena cahaya di siang hari. Akibatnya, wajahmu akan mengalami alergi setelah menggunakan sleeping pack. Ada baiknya berhenti menggunakannya dan mengganti dengan produk lain.

  • Jangan Gunakan Setiap Hari

Hal lainnya yang harus diperhatikan dari penggunaan sleeping pack adalah jangan menggunakannya setiap malam saat akan tidur. Karena kamu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal jika melakukan hal tersebut. Ada baiknya untuk menggunakannya 2-3 kali saja dalam seminggu.

Nah, jika kamu ingin melakukan pemeriksaan terkait produk yang tidak cocok dengan wajahmu, kamu bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihanmu melalui Halodoc. Caranya mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone-mu. 

Baca juga: Pentingnya Menggunakan Krim Malam

Makanan yang Baik untuk Kulit

Selain dengan perawatan wajah menggunakan sleeping pack, kamu juga bisa mendapatkan kulit yang sehat dan bersinar dengan menjaga pola makan. Menutrisi kulit tak cukup hanya dari luar, kamu juga perlu memastikan makanan yang dikonsumsi memiliki khasiat bagi kulit. Apa saja makanan yang baik untuk kulit?

  • Buah-Buahan

Buah banyak mengandung vitamin dan mineral yang dapat menjaga kesehatan tubuh, termasuk kulit. Pada dasarnya, semua jenis buah-buahan baik untuk dikonsumsi. Namun, ada beberapa yang lebih dianjurkan untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu jeruk, lemon, dan alpukat. 

Contohnya, alpukat yang memiliki lemak sehat untuk menjaga kulit tetap lembut dan lembap. Selain itu, kandungan alpukat juga dapat melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

  • Sayur-Sayuran

Vitamin dan mineral adalah kandungan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Tubuh akan mendapatkan banyak vitamin dan mineral pada jenis sayur-sayuran hijau, terutama dari bayam dan selada.

Untuk mendapat kulit yang sehat, cobalah juga untuk rutin mengonsumsi brokoli. Sayur jenis ini banyak mengandung sulforaphane yang dapat membantu untuk mencegah kulit dari radikal bebas. Selain itu, risiko kanker kulit dan masalah akibat sengatan matahari pun dapat berkurang.

Baca juga: Begini Cara Menggunakan Krim Wajah yang Benar

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan dari penggunaan sleeping pack agar tetap aman. Memang, kulit yang cerah dan bersinar mungkin sangat didambakan, tetapi menjaga wajah agar tetap sehat juga harus dilakukan. Dengan pemilihan dan penggunaan kosmetik yang tepat, kamu akan mendapatkan kulit yang bersinar, cerah, dan juga sehat.

 

Referensi:
Upon Beauty. Diakses pada 2020. How Often Can You Use Sleeping Masks?
Primo Derm. Diakses pada 2020. What Happens If You Sleep With Face Mask?