31 October 2018

Pentingnya Menggunakan Krim Malam

pentingnya menggunakan krim malam

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan wanita lebih rajin menggunakan krim hanya di pagi hari saja. Krim pagi dianggap penting karena bermanfaat untuk melindungi kulit wajah dari berbagai polusi yang mungkin saja ditemui selama beraktivitas. Namun menjelang malam, penggunaan krim tidak dianggap penting lagi karena hanya akan dibawa tidur. Padahal, kulit masih memerlukan nutrisi di malam hari untuk melakukan regenerasi. Supaya lebih jelas, berikut penjelasan mengapa krim malam begitu penting untuk digunakan.

Malam hari adalah waktunya kulit untuk regenerasi. Sel-sel kulit yang rusak akibat radiasi sinar matahari, polusi, dan stres yang mungkin kamu alami sepanjang hari, akan digantikan dengan sel-sel kulit yang baru. Nah, penggunaan krim malam bisa membantu memaksimalkan proses regenerasi tersebut.

Bedanya Krim Pagi dan Krim Malam

Krim pagi biasanya dilengkapi dengan kandungan SPF yang berfungsi untuk melindungi kulitmu dari dampak negatif sinar matahari. Sementara krim malam lebih banyak mengandung pelembap dan biasanya teksturnya lebih berat. Waktu kulit wajah beristirahat di malam hari, di saat itulah krim malam dapat dengan mudah meresap dan bekerja dengan maksimal untuk memperbaiki kulit. Selain itu, krim malam juga mengandung nutrisi antioksidan yang lebih tinggi dibanding krim pagi.

Jenis Krim Malam

Krim malam biasanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu krim malam sebagai anti-aging dan krim malam untuk melembapkan.

  • Krim Malam sebagai Anti-Aging

Krim malam anti-aging berperan sebagai firming, penarikan, ataupun anti-kerut. Biasanya, krim malam jenis ini dilengkapi dengan beberapa kandungan, seperti retinol, glycolic acid, asam asetat, dan retinil salicylic. Seluruh kandungan tersebut mampu menyingkirkan kulit yang sudah tua dan menggantinya dengan kulit yang baru.

Selain itu, krim malam anti-aging juga bermanfaat untuk memudarkan garis halus dan keriput. Dengan menggunakan krim malam jenis ini, kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih kencang dan lebih kuat ketika harus menghadapi sinar matahari yang bisa menyebabkan munculnya flek hitam dan kerutan.

  • Krim Malam untuk Melembapkan

Krim malam yang mampu memberikan kelembapan ekstra sering disebut juga dengan istilah ultra-hydrating dan deep nourishing. Pada malam hari, kulit cenderung menjadi lebih kering apalagi bila kamu tidur dengan pendingin ruangan atau AC. Nah, penggunaan krim malam bisa membantumu untuk mengembalikan kelembapan alami kulit yang hilang.

Manfaat Krim Malam

Ada banyak hal yang bisa dikerjakan oleh krim malam saat kulit sedang “beristirahat”. Berikut manfaat krim malam lainnya yang perlu kamu tahu:

1. Mencegah Kulit Dehidrasi

Siapa bilang kulit tidak bisa dehidrasi? Saat kamu tidur, kamu tidak mendapatkan cairan selama 5—8 jam. Belum lagi bila kamu tidur di ruangan ber-AC. Kurangnya asupan cairan akan membuat kulit wajahmu kering dan mengkerut. Akibatnya, sel-sel kulit tidak bisa membelah dengan baik. Itulah mengapa kamu perlu menggunakan krim malam yang bisa menjaga kelembapan dan kesegaran kulit sepanjang malam. Dengan kulit yang lembap dan segar, sel-sel kulit dapat lebih mudah beregenerasi.

2. Memperbaiki Sel Kulit Wajah

Selama beraktivitas di siang hari, paparan polusi dan sinar matahari berpotensi membuat kulitmu rusak. Apalagi bila ditambah dengan kandungan kimia dari make up yang sering kamu gunakan. Membersihkan wajah dengan sabun pembersih atau toner saja tidak cukup untuk merawat kulitmu secara maksimal. Kamu tetap membutuhkan krim malam untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak agar kesehatan kulit tetap terjaga.

3. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat krim malam lainnya adalah untuk menghilangkan noda hitam, memperbaiki skin tone kulit, dan menyamarkan warna kulit yang tidak merata. Selain itu, krim malam biasanya juga mengandung bahan 3-o-Ethyl Ascorbic Acid (ET-VC) yang dapat membangun serat kolagen yang sehat sehingga dapat memberikan efek mencerahkan. Dengan demikian, menggunakan krim malam secara rutin dapat membuat kulit wajahmu tampak lebih cerah dan merona.

4. Menghilangkan Jerawat

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana caranya krim malam dapat menghilangkan jerawat. Nyatanya, krim malam diperkaya oleh sifat anti-bakteri yang bermanfaat untuk mengatasi dan mengusir jerawat yang muncul di wajah. Enggak hanya jerawat saja lho, krim malam juga mengandung bahan non-comedogenic yang berguna untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan komedo.

5. Menenangkan Kulit Iritasi

Luka akibat iritasi bila dibiarkan saja bisa membuat kulit rusak dan timbul bekas luka. Untuk mencegah hal tersebut, segera aplikasikan krim malam pada kulit wajah atau tubuhmu yang sedang terluka atau iritasi. Hal ini karena krim malam mampu membantu menenangkan iritasi. Namun, tentu saja kamu perlu menggunakannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Nah, beberapa manfaat di atas menjelaskan pentingnya menggunakan krim malam. Jadi, jangan malas melakukan perawatan kulit di malam hari dengan menggunakan krim malam ya. Kalau kulit wajahmu bermasalah, tanyakan saja kepada dokter lewat aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Baca juga: