• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Alami Gejala Sinusitis, Begini Cara Meredakannya

Anak Alami Gejala Sinusitis, Begini Cara Meredakannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Peradangan pada sinus alias sinusitis bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Sinus merupakan rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Peradangan pada area bisa terjadi karena infeksi yang menyebabkan selaput lendir dalam hidung dan sinus meradang. Jika selaput ini mengalami peradangan, maka bisa memicu terjadinya gangguan dan rasa nyeri pada bagian tersebut. 

Gejala sinusitis yang muncul bisa membuat Si Kecil menjadi lebih rewel. Maka dari itu, orang tua perlu tahu bagaimana cara mengatasi gejala sinusitis yang muncul pada anak. Gejala nyeri yang muncul pada kondisi ini disebabkan oleh pembengkakan selaput lendir akibat peradangan, sehingga menghalangi pembuangan cairan dari sinus ke hidung dan tenggorokan. Lantas, bagaimana cara mengatasi gejala sinusitis pada anak? Cari tahu jawabannya di bawah ini

Baca juga: Apakah Sinusitis Harus Selalu Dioperasi?

Meredakan Gejala Sinusitis Anak 

Peradangan pada sinus bisa menyebabkan mikroorganisme berkembang pada area tersebut, kondisi ini disebut dengan sinusitis. Pada kebanyakan kasus, gejala sinusitis akan mereda dengan sendirinya setelah beberapa hari atau minggu. Namun, gejala sinusitis pada anak bisa mengganggu dan membuat Si Kecil rewel. Sebagai pertolongan pertama, ada berbagai langkah penanganan gejala sinusitis yang bisa dilakukan di rumah, di antaranya: 

  • Konsumsi Air Putih 

Saat anak menunjukkan gejala sinusitis,  ajarkan ia untuk memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, ibu juga bisa meminta Si Kecil untuk mengonsumsi jus buah-buahan. Asupan cairan yang banyak bisa membantu mengencerkan lendir dan mengeluarkannya, sehingga gejala sinusitis akan mereda. 

  • Mencuci Hidung 

Meredakan gejala sinusitis pada anak bisa dilakukan dengan melakukan irigasi nasal atau mencuci hidung. Hal ini bertujuan ini untuk menjaga sinus tetap bersih dan meredakan gejala yang muncul. Mencuci hidung bisa dilakukan dengan mencampurkan satu sendok teh garam ke dalam satu liter air hangat, kemudian tempatkan campuran tersebut dalam neti pot atau wadah khusus yang bisa dibeli di apotek. 

Sebaiknya berhati-hati dalam menerapkan cara ini pada anak. Setelah semua siap, minta Si Kecil berdiri dengan posisi bersandar dan miringkan kepala. Tuangkan larutan garam ke salah satu lubang hidung dan biarkanlah larutan itu mengalir keluar melalui lubang hidung lainnya. Selama melakukan cara ini, ajarkan anak untuk bernapas melalui mulut.

Baca juga: Hidung Tersumbat, Gejala Sinusitis yang Mirip dengan Flu

  • Pelembap Udara 

Gejala sinusitis bisa menjadi lebih buruk akibat kondisi udara yang terlalu kering atau berdebu. Maka dari itu, ibu bisa memanfaatkan pelembab udara untuk membantu mengatasi masalah sinusitis pada anak. Menghirup udara yang lembap dapat membantu mengurangi kondisi hidung dan membuat pernapasan menjadi lebih baik. 

  • Kompres Hidung 

Melancarkan pernapasan yang terganggu karena sinusitis juga bisa dilakukan dengan mengompres hidung. Tempelkan handuk yang sebelumnya sudah direndam air hangat ke sekitar hidung. Diamkan selama beberapa saat atau sampai handuk mengering. Selama mengompres hidung, bernapaslah dengan normal. 

  • Terapi Uap 

Melancarkan pernapasan yang terganggu karena sinusitis juga bisa dilakukan dengan terapi uap. Caranya, letakkan sebuah baskom berisi air hangat dan minta Si Kecil untuk menghirup uap air tersebut. Namun ingat, hindari menghirup uap ketika air masih dimasak di atas kompor. 

Baca juga: 4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Sinusitis

Jika ragu dan butuh saran dokter dalam menangani gejala sinusitis pada anak, pakai aplikasi Halodoc saja! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Dapatkan tips mengatasi gejala sinusitis atau keluhan kesehatan lain. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play. 

Referensi:
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Diakses pada 2020. SINUSITIS PADA ANAK, MUNGKINKAH?
Web MD. Diakses pada 2020. Natural Remedies to Relieve Sinus Problems.
Web MD. Diakses pada 2020. What Is Sinusitis?