14 March 2018

4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Sinusitis

4 Kebiasaan yang Bisa Memicu Sinusitis

Halodoc, Jakarta – Sinusitis adalah sebuah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada dinding sinus. Yaitu sebuah rongga kecil yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi, rongga sinus berisiudara.  
Biasanya sinusitis terjadi karena adanya infeksi virusm bakteri atau jamur. Pada orang dewasa, faktor lain yang dapat memicu sinusitis adalah terjadinya infeksi gigi, kebiasaan merokok dan beberapa kebiasaan lain yang tanpa disadari dapat menyebabkan peradangan. Kalau kamu memiliki riwayat atau berisiko mengalami peradangan sinus, ada baiknya untuk mengindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat memicu terjadinya sinusitis. Apa saja?

  1. Memaksa Buang Ingus

Saat mengalami flu, risiko peradangan sinusitis menjadi lebih besar. Yaitu dari infeksi virus penyebab flu serta dari kebiasaan yang sering dilakukan selama sakit. Sebab orang yang sedang flu juga akan mengalami pilek yang menyebabkan keluarnya cairan dari hidung alias ingus. Hal ini bisa membuat seseorang menjadi terganggu dan merasa tidak nyaman.

Hal itu kemudian mendorong seseorang untuk mencoba mengeluarkan ingus sekuat tenaga agar tak lagi mengganggu pernapasan. Nah, hal inilah yang membuat risiko sinusitis semakin besar. Kebiasaan membuang ingus dapat menyebabkan aliran balik ingus ke dalam rongga sinus, apalagi jika dilakukan dengan berlebihan. salah satu akibatnya adalah peningkatan tekanan yang cukup besar dalam rongga hidung, bahkan peningkatan tekanan di pembuluh darah.

  1. Merokok

Salah satu kebiasaan yang juga bisa memicu sinusitis adalah merokok. Bahkan, pada beberapa kasus, hanya menghirup asap rokok dapat membuat hidung semakin sensitif dan rongga sinus rentan mengalami peradangan.

Hal itu terjadi karena asap rokok menyumbang cukup banyak “sampah” yang mengganggu di rongga sinus. Kondisi ini  bisa memicu masalah pada sistem pembersihan sinus yang biasanya dilakukan secara alami. Dengan kata lain, proses ini menjadi rusak akibat saluran pernapasan terlalu sering terpapar asap rokok.

  1. Terlalu Lama Berenang

Berenang merupakan satu jenis olahraga favorit. Namun, terlalu lama berada di dalam air bisa meningkatkan risiko peradangan sinusitis. Apalagi kalau kamu sudah memiliki faktor risiko penyakit ini.

Hindari menghabiskan waktu terlalu lama di kolam renang umum untuk menghindari peningkatan risiko sinusitis. Terlebih kolam renang dengan air yang mengandung klorin. Sebab, klorin dapat mengiritasi lapisan hidung dan menggangu rongga sinus.

Berita buruknya, selain berenang, ternyata ada beberapa kegiatan air lain yang bisa memicu sinusitis. Seperti menyelam atau diving. Olahraga air ini bisa menambah tekanan pada rongga sinus dan menyebabkan rusaknya jaringan. Maka hal terbaik untuk mencegahnya adalah dengan membatasi waktu berada di dalam air.

  1. Pesawat

Sering bepergian dengan pesawat terbang ternyata juga bisa menjadi pemicu sinusitis. Meski lebih praktis dan dapat menyingkat waktu perjalanan, tetap ada efek lain yang harus diterima. Terlalu sering melakukan perjalanan denga pesawat nyatanya dapat menyebabkan sinusitis karena adanya masalah sirkulasi udara di rongga sinus.

Tekanan udara yang berkurang selama penerbangan pada akhirnya menghalangi rongga sinus dan saluran pernapasan. Tekanan-tekanan tersebut meningkat saat proses lepas landas dan mendarat. Dan risiko ini mungkin semakin tinggi jika kamu sedang dalam kondisi tidak fit, misalnya sedang flu.

Nah, kalau dalam waktu dekat kamu memiliki rencana perjalanan dengan pesawat atau jadwal berenang, pastikan tubuh dalam kondisi terbaik. Biar tetap sehat, beli obat dan vitamin di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam. Ayo, download sekarang di Google Play dan App Store!