Begini 5 Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat-obatan

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Mei 2022

“Susah tidur adalah masalah yang perlu ditangani agar aktivitas harian tidak terganggu. Nah, beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa dilakukan tanpa obat-obatan adalah melakukan meditasi dan yoga.”

Begini 5 Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat-obatanBegini 5 Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat-obatan

Halodoc, Jakarta – Kesulitan tidur adalah salah satu masalah yang bisa terjadi pada semua orang. Masalah ini bisa menyebabkan gangguan pada fisik dan mental bila terus terjadi.  Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi susah tidur, terlebih tanpa obat-obatan. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan!

Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur Tanpa Obat

Banyak orang yang mengalami insomnia jangka pendek sehingga lebih sulit untuk tidur di malam hari. Hal ini membuat kamu lebih sulit untuk mengatur waktu bangun di pagi hari, karena tidur terlalu malam atau bahkan pagi. Padahal setiap orang dewasa paling tidak butuh tidur 7-9 jam setiap malamnya.

Beberapa orang menyiasati hal ini dengan mengonsumsi beberapa obat-obatan. Namun, saat seseorang terlalu sering mengonsumsi obat, ketergantungan mungkin saja terjadi. Maka dari itu, ada baiknya untuk tahu beberapa cara mengatasi susah tidur tanpa obat-obatan yang bisa dilakukan. Berikut beberapa caranya:

1. Meditasi

meditasi

Salah satu cara mengatasi susah tidur tanpa obat-obatan adalah dengan meditasi. Hal ini dilakukan dengan mengatur pernapasan secara lambat dan stabil dalam posisi duduk yang tenang. Disebutkan jika cara ini mampu mendorong seseorang untuk tidur dengan nyenyak, sehingga insomnia jangka pendek bisa teratasi. Cara ini juga baik untuk mengurangi stres serta meningkatkan konsentrasi. Lakukan cara ini 15 menit setiap harinya untuk merasakan manfaatnya.

2. Melakukan Afirmasi Positif

afirmasi positif

Cara lainnya untuk mengatasi susah tidur tanpa obat-obatan adalah dengan melakukan afirmasi positif. Dengan melakukan ini, kamu bisa lebih fokus dan pikiran juga lebih tenang. Memang cara ini sudah terbukti mampu menyebabkan penurunan tingkat insomnia. Pilihlah kata-kata yang positif dan sederhana agar memungkinkan kamu untuk rileks dan lebih mudah tidur.

3. Yoga

yoga

Yoga juga termasuk salah satu cara yang bisa dilakukan agar susah tidur dapat teratasi. Gerakan ini dapat mengurangi stres dan meningkatkan fokus mental. Lakukan paling tidak 20 menit setiap hari untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks. Tidur akan semakin mudah tanpa perlu harus mengonsumsi obat-obatan ketika tubuh rileks.

4. Rutin Berolahraga

rutin berolahraga

Olahraga memiliki banyak manfaat saat dilakukan. Salah satunya dapat menjadi cara mengatasi susah tidur tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan. Setelah berolahraga, tubuh akan merasa lelah yang memudahkan seseorang untuk tidur lebih cepat dan tentu saja kualitasnya juga meningkat. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan 20 menit per hari untuk mendapatkan manfaat tersebut.

5. Terapi Pijat

terapi pijat

Kamu juga dapat melakukan terapi pijat untuk mengatasi insomnia. Cara ini mampu meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi perasaan sakit, cemas, hingga depresi. Sebab, bisa saja kamu kesulitan tidur karena perasaan stres. Saat mendapatkan pijatan, cobalah untuk fokus pada sensasi sentuhan yang ada agar tubuh lebih rileks dan tidur jadi lebih mudah.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai cara mengatasi susah tidur tanpa obat-obatan. Lakukan salah satu cara yang disebutkan agar masalah tidur dapat teratasi dengan mudah. Namun, jika semua cara tersebut tidak ada yang ampuh, ada baiknya untuk segera menemui dokter.

Kamu bisa lo menggunakan fitur tanya dokter dari Halodoc untuk dapat berinteraksi dengan ahlinya kapan dan di mana saja. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, segala kemudahan dalam akses kesehatan bisa dilakukan hanya melalui smartphone di tangan. Gunakan sekarang juga aplikasinya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Home Remedies for Insomnia.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan