• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Akupuntur Dapat Mempercantik Kulit Wajah?

Benarkah Akupuntur Dapat Mempercantik Kulit Wajah?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Banyak wanita yang berusaha untuk terlihat lebih cantik dengan menerapkan beberapa perawatan. Dengan kemajuan teknologi belakangan ini, banyak metode yang dapat diterapkan agar membuat wajah sesuai dengan keinginan. Namun, kamu juga dapat melakukan perawatan tradisional lho, contohnya akupuntur.

Jenis terapi ini sudah dikenal sejak dahulu kala di tempat asalnya, yaitu Cina. Akupuntur dipercaya dapat memberi dampak baik bagi tubuh, termasuk wajah. Karenanya, tidak sedikit juga orang yang memilih terapi akupuntur agar wajahnya lebih cerah dan bersinar. Namun, benarkah hal tersebut dapat terjadi? Berikut pembahasan lengkapnya!

Baca juga: Kenali Manfaat Terapi Akupunktur untuk Kesehatan Tubuh

Akupuntur Mampu Membuat Wajah Menjadi Lebih Cantik

Akupuntur adalah metode non-bedah yang tidak menimbulkan rasa sakit untuk mengurangi tanda-tanda proses penuaan saat diterapkan di wajah. Walaupun disebut sebagai perawatan kecantikan wajah, metode ini dapat membuat tubuh mengalami proses peremajaan dan revitalisasi agar tubuh secara keseluruhan dapat terlihat lebih muda.

Perawatan wajah ini akan melibatkan penggunaan jarum seukuran rambut ke dalam area tertentu di wajah, telinga, leher, dan bagian tubuh lainnya. Seluruh bagian tubuh tersebut adalah garis energi yang disebut Qi. Hal tersebut dapat melancarkan aliran darah dan mengembalikan keseimbangan energi di dalam tubuh, sehingga wajah terlihat lebih cantik.

Metode akupuntur terhadap kecantikan wajah dapat membuat wanita terlihat lebih muda lima hingga lima belas tahun hanya dengan beberapa kali perawatan. Garis-garis halus pada wajah dapat dihilangkan sepenuhnya dan kerutan dapat berkurang drastis. Efek lainnya adalah rahang lebih kencang, bengkak hilang, kelopak mata yang layu terangkat, hingga dagu ganda dapat diminimalisir.

Meski terlihat menyeramkan, akupuntur terbilang jarang untuk menimbulkan efek samping yang berbahaya. Maka dari itu, tidak sedikit wanita yang percaya penuh terhadap jenis terapi ini. Berikut adalah beberapa manfaat dari akupuntur yang dapat kamu rasakan:

  1. Wajah Cerah secara Natural

Salah satu manfaat yang dapat kamu rasakan setelah menjalani terapi akupuntur adalah wajah yang terlihat lebih cerah secara natural. Cara ini dipercaya mampu memperbaiki masalah yang berdampak buruk pada kesehatan kulit, seperti stres, emosi, hingga gangguan pencernaan. Tusukan jarum tersebut mampu membuat aliran darah dan oksigen menuju wajah dan menghilangkan peradangan serta memperkuat jaringan lunak di wajah.

Baca juga: Mencerahkan Kulit Secara Alami di Rumah, Ini Tipsnya

  1. Meningkatkan Otot Kulit

Pada wajah setiap orang memiliki 43 otot dan masing-masing pasti melekat di kulit. Tusukan ke otot-otot melalui metode akupuntur dapat meningkatkan sirkulasi mikro pada wajah, yang memperbaiki tonus otot. Dengan otot yang lebih kencang, kulit juga menjadi terlihat lebih muda sehingga keriput dapat dihilangkan.

  1. Mengatasi Jerawat

Tidak sedikit juga orang yang memilih metode akupuntur untuk mengatasi jerawat yang kerap timbul pada wajah. Hal ini disebabkan ketidakseimbangan hormon tubuh yang membuat wajah rentan tumbuh jerawat. Dengan jarum-jarum akupuntur, kamu dapat membantu tubuh menyeimbangkan hormon tersebut, sehingga fluktuasi hormon tidak menyebabkan jerawat yang berlebih.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kamu juga dapat meningkatkan kualitas tidur dengan terapi akupuntur. Banyak orang percaya cara ini mampu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur. Dengan mendapatkan tidur yang lelap dan berkualitas, kamu akan mendapati kulit wajah yang lebih segar dan sehat. Selain lebih segar, kamu juga dapat terlihat lebih cantik dari sebelumnya.

Itulah pembahasan mengenai manfaat dari terapi akupuntur terhadap kecantikan wajah. Jika kamu takut terhadap dampak buruk yang dapat ditimbulkan dari metode kecantikan modern, tidak ada salahnya beralih pada yang tradisional. Bahkan, metode ini sudah ratusan tahun dilakukan tanpa adanya dampak yang fatal terjadi.

Baca juga: Yuk, Coba 7 Bahan Alami Ini untuk Memutihkan Wajahmu

Kamu juga dapat bertanya pada dokter di Halodoc terkait cara mempercantik wajah dengan akupuntur. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan.

Referensi:
Wilson Acupuncture Victoria. Diakses pada 2020. Facial Beautification Acupuncture.
Kevin Joubert. Diakses pada 2020. 3 Beautifying Benefits of Cosmetic Acupuncture.