• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Pilih Obat Sakit Gigi tanpa Resep Dokter?

Bisakah Pilih Obat Sakit Gigi tanpa Resep Dokter?

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Sakit gigi bisa menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat tidak nyaman. Apalagi saat muncul di saat yang tidak terduga, seperti tengah malam yang sulit ditemukan dokter yang masih buka praktik. 

Baca juga: 6 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah membeli obat sakit gigi di apotek terdekat. Namun, apakah kamu diperbolehkan membeli obat sakit gigi tanpa mendapatkan resep terlebih dahulu dari dokter? Simak ulasannya berikut! 

Beli Obat Sakit Gigi Tanpa Resep, Bolehkah? 

Jika sakit gigi benar-benar tidak tertahankan dan terjadi pada saat-saat yang tidak diduga, kamu sebetulnya boleh minum obat tanpa resep. Namun, perlu diingat bahwa obat tersebut hanya meredakan rasa sakit dalam sementara waktu, dan tidak bisa mengobati secara tuntas.

Jika sakit gigi sudah mereda, dan kondisi sudah memungkinkan untuk kamu berkonsultasi dengan dokter, maka sebaiknya segera lakukan perawatan dengan dokter di rumah sakit. Kamu bisa buat janji dengan dokter melalui aplikasi Halodoc supaya lebih praktis. Dengan begini, kamu bisa mendapatkan perawatan gigi secara tuntas dan mendapatkan resep obat yang aman. 

Baca juga: Tidak Harus Selalu Dicabut, Begini Obati Sakit Gigi 

Obat Sakit Gigi yang Bisa Dibeli Tanpa Resep Dokter

Ada banyak sekali obat yang bisa dibeli di apotek untuk meringankan sakit gigi. Nah, beberapa jenis obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter, antara lain: 

  • Ibuprofen. Obat ini masuk dalam golongan antiinflamasi non steroid (AINS). Obat sakit gigi ini bisa dibeli tanpa resep. Namun, tetap patuhi petunjuk yang terdapat pada kemasan saat mengonsumsinya. Penggunaan ibuprofen dalam jangka panjang juga diduga dapat sebabkan iritasi lambung dan kerusakan hati serta ginjal. Penggunaannya secara berlebih juga meningkatkan risiko gangguan jantung. 

  • Paracetamol. Obat ini lebih dikenal sebagai obat penurun panas. Akan tetapi. ia juga efektif meredakan nyeri. Obat ini bekerja di bagian otak yang bertugas “menerima pesan” rasa nyeri dari jaringan di tubuh, dan mengatur suhu tubuh. Obat ini aman dikonsumsi selama kamu tidak berlebihan menggunakannya. Konsumsi berlebihan dapat menyebabkan meningkatkan risiko kerusakan hati.

  • Naproxen. Obat ini bisa meredakan peradangan seperti saat sakit gigi. Pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai instruksi yang tertera di kemasan. Pasalnya, jika dikonsumsi berlebihan, naproxen bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, obat ini juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Baca juga: Gunakan 4 Benda Ini untuk Atasi Sakit Gigi 

Cara Lain Mengatasi Sakit Gigi

Sebagai alternatif untuk obat penghilang rasa sakit sementara, kamu dapat mencoba hal lain untuk mengatasi rasa nyeri akibat sakit gigi. Menurut Very Well Health, cara yang bisa dicoba, yaitu: 

  • Hindari makanan dan minuman yang sangat dingin atau panas serta yang mengandung banyak gula atau asam;

  • Melakukan flossing di antara gigi yang mengalami rasa sakit untuk menghilangkan partikel makanan yang mungkin menambah rasa sakit;

  • Ketika hendak tidur, angkat kepala atau tinggikan bantalan untuk mengurangi beberapa tekanan;

  • Bilas mulut dengan air asin hangat;

  • Untuk beberapa jenis sakit gigi, minyak cengkeh dapat diandalkan untuk menghilangkan rasa sakit.

Jadi, meskipun kamu bisa beli obat pereda sakit gigi tanpa resep, bukan berarti kamu bisa mengandalkannya. Pastikan untuk menemui dokter saat alami sakit gigi supaya perawatan yang dilakukan bisa tuntas dilakukan dan terhindar dari komplikasi yang tidak diinginkan.

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. Over-the-Counter Pain Relief Medication for Dental Use.
Drugs. Diakses pada 2020. Naproxen.
Drugs. Diakses pada 2020. Ibuprofen.