10 December 2018

Gunakan 4 Benda Ini untuk Atasi Sakit Gigi

Gunakan 4 Benda Ini untuk Atasi Sakit Gigi

Halodoc, Jakarta - Jika kamu merasakan sakit gigi, penting untuk mencari tahu akar dari rasa ketidaknyamanan tersebut. Jika penyebab rasa sakit tersebut sudah diketahui, maka kamu dapat menentukan cara terbaik untuk atasi sakit gigi seperti nyeri, bengkak, atau gejala lainnya. Berkumur dengan air garam atau mengompres dengan batu es adalah cara sederhana yang dapat mengatasi iritasi, namun jika sakit gigi menunjukkan tanda yang lebih serius, maka wajib hukumnya untuk menemui dokter gigi.

Jika gejala tidak hilang dalam waktu dua hari, maka dokter gigi membantumu mencari cara untuk atasi sakit gigi tersebut. Dokter akan memberikan panduan tentang cara meringankan gejala dan mencegah rasa sakit yang mungkin kambuh. Namun, jika rasa sakit tersebut baru saja terjadi, ini beberapa bahan yang disarankan untuk bantu atasi sakit gigi yang kamu alami:

Minyak Cengkeh

Cengkeh adalah obat tradisional untuk membuat saraf mati rasa. Senyawa kimia utama dalam rempah ini adalah eugenol, yang merupakan anestesi alami. Tapi kamu harus ingat, penggunaan minyak cengkeh harus dilakukan dengan hati-hati. Menuangkan minyak langsung ke area yang sakit dapat memperburuk rasa sakit. Sebagai gantinya, taruh dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan letakkan di gigi yang terasa sakit sampai rasa sakitnya hilang. Dalam keadaan darurat, gunakan sedikit bubuk cengkeh atau tempatkan cengkeh utuh pada gigi. Kunyah seluruh cengkeh sedikit untuk melepaskan minyaknya dan simpan di tempat hingga setengah jam atau sampai rasa sakit mereda.

Thyme

Tanaman ini adalah herbal dari keluarga mint yang mungkin ada di dapur. Orang Mesir kuno menggunakan bahan ini dalam praktik pembalseman mereka, sementara orang Yunani kuno menggunakannya sebagai dupa. Thyme juga memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat sehingga dapat bantu atasi sakit gigi. Untuk menggunakan bahan ini, oleskan beberapa tetes minyak esensial thyme dan beberapa tetes air ke bola kapas. Setelah menipiskan minyak dengan air, aplikasikan ke area yang terkena. Kamu juga dapat menambahkan setetes minyak ke segelas kecil air untuk dijadikan obat kumur.

Cuka dan Kertas

Ini merupakan cara yang cukup familiar di negara-negara lain. Kamu dapat menggunakan kertas coklat yang bersumber dari kantong belanja dan direndam ke dalam cuka. Setelah itu, taburkan salah satu sisi dengan lada hitam, dan tempelkan pada area pipi. Sensasi hangat yang tercipta karena bahan ini dapat mengalihkan rasa sakit yang muncul.

Hidrogen Peroksida

Untuk membantu membunuh bakteri dan mengurangi rasa tidak nyaman akibat sakit gigi, kamu dapat menggunakan larutan hidrogen peroksida dengan kadar sebesar 3 persen. Bahan Ini dapat memberikan penanganan sementara jika sakit gigi disertai demam dan rasa tidak nyaman di mulut. Tetapi seperti obat sakit gigi lainnya, bahan ini hanya dapat dijadikan obat sementara sampai kamu menemui dokter gigi. Larutan hidrogen peroksida hanya dapat digunakan untuk membilas. Semprotkan, lalu bilas beberapa kali dengan air biasa.

Cara-cara di atas merupakan penanganan sementara untuk atasi sakit gigi. Pastikan untuk datang menemui dokter gigi. Kini kamu juga dapat berdiskusi dengan dokter di Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc kamu bisa ngobrol langsung dengan dokter ahli melalui Chat atau Voice/Video Call. Yuk, download aplikasinya di Google Play atau App Store!

Baca Juga: