Cantik dengan Akupunktur, Ayo Ketahui Manfaatnya!

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Maret 2020
Cantik dengan Akupunktur, Ayo Ketahui Manfaatnya!Cantik dengan Akupunktur, Ayo Ketahui Manfaatnya!

Halodoc, Jakarta – Terapi akupunktur sudah dikenal dan dilakukan oleh banyak orang sebagai cara alternatif untuk mengobati berbagai jenis penyakit pada tubuh. Proses terapi yang berasal dari negeri tirai bambu ini cukup unik, yaitu menusukkan jarum-jarum pada titik-titik bagian tubuh yang terdapat penyakit. Selain untuk kesehatan, akupunktur berkembang menjadi sebuah metode perawatan kecantikan. 

Dunia medis Tiongkok percaya bahwa di dalam tubuh manusia mengalir energi Qi yang jika terhambat maka dapat menimbulkan penyakit. Caranya dengan menusukkan jarum pada titik-titik tertentu, maka aliran Qi yang terhambat dapat dilancarkan sehingga penyakit yang dikeluhkan akan hilang.

Begitu juga halnya dengan kecantikan, jarum-jarum akupunktur dipercaya memberikan energi positif dan membawa oksigen pada seluruh aliran darah. Hasilnya, saraf-saraf yang tegang dan lelah kembali rileks dan wajah terlihat segar. Berikut manfaat kecantikan yang dihasilkan melalui terapi akupunktur:

  1. Meremajakan Kulit Wajah

Dilansir dari Healthline, terapi akupunktur berfungsi untuk menghilangkan tanda-tanda penuaan pada wajah, yaitu mengurangi bercak dan kerutan pada wajah, serta mengangkat kelopak mata yang terkulai. Metode ini dilakukan dengan menusukkan jarum-jarum akupunktur pada garis bibir, pelipis mata, dan dahi dapat meremajakan serta membuat kulit wajah kembali kencang.

Baca juga: Kenali Manfaat Terapi Akupunktur untuk Kesehatan Tubuh

 

  1. Menghilangkan Jerawat

Teknik akupunktur untuk menghilangkan jerawat sama dengan untuk mengencangkan kulit wajah, yaitu menusukkan jarum pada titik-titik wajah tertentu yang dapat membuat komedo keluar, serta lemak dalam kulit epidermis dan dermis yang menyebabkan jerawat luntur.

Studi yang diterbitkan dalam Medical Acupuncture mengungkapkan, terapi ini efektif untuk menghilangkan jerawat, tetapi hasilnya lebih maksimal jika dikombinasikan dengan metode pengobatan lainnya. 

 

  1. Menghaluskan Kulit

Menjalani terapi akupunktur juga dapat membuat peredaran darah menjadi lancar. Tidak hanya itu, terapi ini dapat merangsang saraf dan meningkatkan produksi kolagen, senyawa alami pada tubuh yang membuat kulit wajah menjadi halus dan terasa lebih kenyal. 

 

  1. Menghilangkan Kantung Mata

Punya kantung mata yang mengganggu penampilan? coba atasi dengan terapi akupunktur. Manfaat akupunktur ini membantu melancarkan aliran darah juga memengaruhi otot-otot mata menjadi rileks dan garis hitam pada mata otomatis akan berkurang, sehingga wajah terlihat lebih segar.

Baca juga: Sembuhkan Sakit Punggung dengan Akupunktur, Bisakah?

 

  1. Meniruskan Wajah

Terapi akupunktur yang digunakan untuk meniruskan wajah sama dengan untuk menguruskan badan. Sebanyak lima kali terapi, maka pipi yang tadinya chubby menjadi lebih tirus.

Seperti yang dituliskan pada situs Health Insights, masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan melalui akupunktur, seperti mencerahkan wajah, menghilangkan kulit kusam yang disebabkan oleh radikal bebas, hingga menenangkan pikiran. Terapi akupunktur juga aman dilakukan karena jarum yang digunakan sangat steril dan dipakai hanya satu kali. 

Hasil terapi akupunktur baru dapat terlihat setelah menjalani beberapa kali proses terapi dengan durasi antara 30-90 menit setiap sesinya. Padukan juga terapi akupunktur dengan pola hidup dan pola makan yang sehat untuk mendapatkan manfaat kecantikan yang maksimal.

Baca juga: Perawatan Kecantikan yang DIlarang untuk Ibu Hamil

Terapi akupunktur hanya berlaku sebagai metode alternatif, maka kamu tetap disarankan untuk mendiskusikan masalah kesehatan yang kamu alami ke dokter. Kini lebih mudah untuk tanya jawab dengan dokter, maka kamu bisa memakai aplikasi Halodoc. Setiap saat, dokter ahli siap membantu memberikan solusi untuk semua masalah kesehatan yang dialami.

 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2020. Can Facial Acupuncture Really Make You Look Younger?
Cao, Hui-juan, et al. 2013. Diakses pada 2020. Acupoint Stimulation for Acne: A Systematic Review of Randomized Controlled Trials. Medical Acupuncture 25(3): 173-194.
Health Insights. Diakses pada 2020. 10 Benefits of Cosmetic Acupuncture. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan