06 April 2018

6 Hal yang Bikin Kulit Kusam dan Enggak Glowing

6 Hal yang Bikin Kulit Kusam dan Enggak Glowing

Halodoc, Jakarta – Punya kulit cantik dan sehat adalah impian sebagian besar kaum Hawa. Sayangnya, ada beberapa faktor yang membuat wanita memiliki masalah pada wajah seperti jerawat, flek hitam, komedo, hingga kulit wajah kusam. Memang sih beberapa masalah tersebut bisa “ditutupi” dengan menggunakan skincare. Namun, kalau dibiarkan terus menerus, masalah tersebut bisa berdampak pada kesehatan kulit. Lantas, apa saja penyebab kulit kusam? (Baca juga: Suka Pakai Skincare? Intip Dulu 4 Fakta Ini)

1. Sel Kulit Mati yang Menumpuk

Setiap hari, tubuh menghasilkan jutaan sel kulit mati pada wajah. Jika dibiarkan, sel kulit mati yang menumpuk bisa menyebabkan wajah kusam. Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kamu perlu rutin membersihkan wajah, setidaknya satu kali sehari. Kalau kamu ingin mencuci wajah, kamu bisa melakukannya di malam hari. Ini karena di malam hari kamu bisa membersihkan residu, minyak pada wajah, dan debu yang menempel pada kulit wajah akibat aktivitas sepanjang hari. Agar hasil optimal, kamu bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit. 

2. Kulit Dehidrasi

Kamu tentu tahu kalau sekitar 70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Nah, sebagian besar air tersebut ternyata disimpan di bawah lapisan kulit. Akibatnya, saat tubuh kekurangan cairan, aliran darah ke kulit akan menurun dan membuat kulit menjadi kering, kasar, dan kusam. Kekurangan cairan di lapisan dermis dan di bawah epidermis juga bisa menyebabkan penipisan ketebalan kulit. Untuk mencegahnya, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih setidaknya 8 gelas sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

3. Faktor Stres

Banyaknya aktivitas enggak jarang bikin seseorang stres. Faktor stres inilah yang bisa bikin wajah kamu kusam. Ini karena saat kamu stres, hormon kortisol dan aliran darah hanya akan terpusat pada organ vital tubuh, bukan pada wajah. Akibatnya, aliran darah ke wajah akan berkurang dan membuat kulit menjadi kusam. Untuk mencegahnya, kamu perlu mengelola stres yang dialami. Misalkan dengan melakukan aktivitas “pelarian” dari padatnya rutinitas seperti jalan-jalan, belanja, nonton film, karaoke, dan lain-lain. Karena sesibuk apapun kamu, jangan pernah lupa untuk membahagiakan diri sendiri, ya.

4. Kebiasaan Merokok

Kebiasan merokok juga bisa menyebabkan kulit kusam. Ini karena zat karsinogenik yang terkandung dalam rokok dapat merusak struktur kulit. Asap rokok juga bisa merusak kolagen, membuat kulit tampat pucat, berkerut, dan kusam. Jadi sebisa mungkin, hindari kebiasaan merokok untuk kesehatan kamu, ya. Jika sulit, kamu bisa melakukannya secara perlahan atau meminta bantuan teman, keluarga, hingga dokter.

5. Kurang Antioksidan dan Zat Besi

Tanpa disadari, asupan nutrisi juga dapat memengaruhi kesehatan kulit. Sebab, kurangnya asupan tertentu seperti antioksidan dan zat besi bisa menjadi penyebab kulit kusam. Karena itu, kamu perlu memenuhi asupan antioksidan dan zat besi dalam tubuh dengan mengonsumsi sayur, buah, daging merah, dan makanan lain yang kaya antioksidan dan zat besi. Sebab, antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas dalam tubuh dan zat besi berfungsi untuk mengoptimalkan fungsi antioksidan serta mempertahankan kesehatan kulit. (Baca juga: 5 Jenis Makanan yang Baik untuk Kesehatan Kulit)

6. Terpapar Sinar Matahari

Paparan matahari alias sinar ultraviolet bisa menyebabkan hiperpigmentasi dan munculnya flek hitam pada wajah. Hal inilah yang bisa memicu kulit tampak kusam. Itu sebabnya kamu dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF (sun protector factor) minimal 30. Jadi, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya meski kamu enggak berada di luar ruangan, ya. Agar perlindungannya maksimal, kamu perlu menggunakan tabir surya setiap dua jam sekali.

Selain menggunakan skincare, kamu juga bisa merawat kulit dengan mengonsumsi vitamin untuk kesehatan kulit, lho. Kamu bisa mendapatkannya tanpa perlu repot keluar rumah. Kamu hanya perlu memesan vitamin yang kamu butuhkan di aplikasi Halodoc melalui fitur Pharmacy Delivery atau Apotik Antar. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play. (Baca juga: 4 Tips Pilih Skincare Sesuai Jenis Kulit)