• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Tubuh Tetap Fit saat Rayakan Imlek

4 Cara Tubuh Tetap Fit saat Rayakan Imlek

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Tahun Baru Imlek identik dengan momen berkumpul dengan keluarga. Momen yang menyenangkan ditambah dengan selalu ada sajian istimewa selama perayaan ini. Namun, di tengah-tengah perjamuan ini, mudah bagi kamu untuk kehilangan kontrol untuk memakan apa saja yang disajikan. Terlebih Imlek yang jatuh saat musim hujan juga merupakan masa-masa kamu mudah terjangkit penyakit, mulai dari batuk, flu, dan sebagainya. 

Meski banyak jenis makanan saat perayaan Imlek yang terhitung menyehatkan, namun jika konsumsinya melebihi batas juga tidak baik. Kenaikan berat badan dapat menjadi efek samping yang menyedihkan. Nah, berikut ini tips mendapatkan tubuh fit selama perayaan Imlek yang bisa diikuti.

Baca juga: 6 Makanan Khas nan Sehat saat Imlek

  • Tetap Terhidrasi

Air menjadi teman terbaik kamu selama perayaan Imlek. Bahkan ketika kamu mengalami dehidrasi ringan, tubuh bisa salah persepsi dan mengira bahwa kamu lapar dan butuh makanan. Alhasil, kamu jadi tidak sungkan untuk mengonsumsi lebih banyak kue atau pangsit yang tersaji di meja makan. Oleh karena itu, pastikan untuk minum segelas air sebelum kamu pergi ke acara apa pun. Melansir WebMD, air merupakan pilihan minuman yang ideal ketika haus. Air mengandung nol kalori dan menjaga berat badan tetap terjaga. Penting juga untuk minum banyak air setelah seharian makan untuk membantu membersihkan limbah yang terkumpul usai perayaan. 

  • Awasi Porsi Makan

Sudah tidak perlu dikatakan lagi, agar tetap fit kamu harus mengawasi porsi makan kamu. Namun, itu tidak berarti kamu harus menolak kue yang ditawarkan. Alih-alih memutuskan untuk tidak makan sama sekali, batasi camilan menjadi hanya 1 atau 2 potong per camilan. Cara lain untuk mengurangi camilan adalah lebih banyak berbicara. Saat kamu lebih memilih berinteraksi dengan teman atau keluarga saat perayaan, kemungkinan kamu tidak terlalu fokus pada makanan. Selain itu, ketika tiba waktunya makan besar, pilihlah piring yang lebih kecil. Mengambil makanan dengan piring besar cenderung membuat kamu ingin makan secara berlebihan. 

Baca juga: Begini Caranya Mengurangi Porsi Makan Tanpa Kelaparan

  • Tetap Aktif

Jangan jadi malas berolahraga meski hanya karena ini adalah Tahun Baru Imlek. Membiarkan tubuh tetap aktif bergerak adalah hal yang baik, tidak hanya untuk upaya penurunan berat badan tetapi juga kesehatan secara umum. Rencanakan jadwal latihan dan disiplinlah. Jika kamu memperkirakan tidak punya waktu seperti jadwal seharusnya, maka usahakan untuk berjalan kaki selama 30 menit hampir setiap hari. Kamu dapat memanfaatkan momen berkumpul dengan keluarga untuk olahraga ringan, seperti bermain dengan anak-anak, atau membantu bersih-bersih rumah. 

  • Tidur yang Cukup

Bermain mahjong dan permainan kartu hingga dini hari bisa saja menjadi ritual Tahun Baru Imlek yang sering dilakukan. Tetapi, ini bukan yang disarankan karena memengaruhi waktu tidur kamu. Kurang tidur juga merupakan hal yang lebih buruk ketimbang tidak melakukan olahraga selama perayaan Imlek. Jadi, pastikan untuk menjaga jam tidur kamu dalam jumlah yang normal. 

Baca juga: 5 Tanda Akibat Kurang Tidur yang Perlu Diketahui 

Itulah beberapa hal yang bisa membantu kamu tetap bugar selama perayaan Imlek. Jika kamu ingin tahu tips sehat lainnya atau tiba-tiba mengalami gejala penyakit selama perayaan Imlek, kamu bisa chat dokter di Halodoc. Hanya melalui smartphone, kamu bisa mendapatkan tips-tips kesehatan yang dibutuhkan. 

Referensi:
Mount Elizabeth. Diakses pada 2020. A Dietitian's 7 Tips to Stay Healthy & Slim During Chinese New Year.
Web MD. Diakses pada 2020. Why Drink More Water? See 6 Health Benefits of Water.