10 February 2018

5 Tanda Akibat Kurang Tidur yang Perlu Diketahui

5 Tanda Akibat Kurang Tidur yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta — Apakah kamu kurang tidur? Nyatanya kurang tidur tidak hanya diindikasikan oleh rasa lelah berlebihan sepanjang hari. Ada banyak hal yang terjadi akibat kurang tidur. Simak artikel ini untuk tahu apa saja tanda-tanda kurang tidur, yuk!

1.  Selalu merasa lapar

Kamu baru saja sarapan satu jam yang lalu dan waktu makan siang masih lama tapi kamu sudah merasa lapar? Nafsu makan ini bisa jadi disebabkan oleh kurang tidur. Kurang tidur membuat otak tidak mengirimkan sinyal bahwa kamu sudah kenyang sehingga terus menambah keinginan untuk makan. Jika masih penasaran akan rasa lapar yang datang, hubungi dokter untuk mengetahui kondisi kesehatanmu.

2.  Lebih impulsif

Orang cenderung bertindak tanpa berpikir panjang terlebih dahulu saat mereka kelelahan. Kemampuan untuk bersikap tegaspun jadi semakin sulit dan pada akhirnya kamu jadi melakukan hal-hal yang kemungkinan akan kamu sesali.

3.  Ingatan memburuk

Sebuah studi yang dilakukan oleh Institusi Kesehatan Nasional Amerika memperlihatkan bahwa tidur membantu membersihkan otak dari molekul-molekul beracun. Kurang tidur membuat pembersihan ini kurang optimal, sehingga kinerja otak dalam merekam memori menjadi berkurang. Untuk mengoptimalkan kinerja otak, kamu bisa mengonsumsi suplemen kesehatan sesuai anjuran dari dokter.

4.  Kemampuan motorik yang melemah

Untuk beberapa orang yang ceroboh, terbentur atau tersandung mungkin bukan hal yang perlu diwaspadai. Tapi kalau biasanya kamu tidak ceroboh dan tiba-tiba sering terbentur atau tersandung, bisa jadi ini adalah akibat dari kurang tidur. Saat kamu kelelahan, fungsi neurologi tubuh menjadi berkurang.

5.  Tertidur di perjalanan

Tidak sengaja tertidur di perjalanan sering sekali terjadi dan merupakan hal yang normal ditemukan di transportasi umum. Hal ini menjadi berbahaya, kalau hal ini terjadi saat kamu sedang menyetir kendaraan. Sebelum menyetir, pastikan kamu cukup mampu tetap terjaga sampai kamu tiba di tempat tujuan demi keselamatanmu dan pengguna jalan lainnya.

 

Mengetahui akibat kurang tidur melalui cara hubungi dokter, bisa dilakukan hanya menggunakan aplikasi Halodoc dengan pilihan voice/video call dan chat. Serta beli suplemen dan cek laboratorium tanpa harus keluar rumah. Unduh Halodoc di Play Store atau App Store, ya.