• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Hindari 5 Minuman Ini untuk Ginjal Sehat

Hindari 5 Minuman Ini untuk Ginjal Sehat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Ginjal merupakan salah satu organ vital manusia yang bertugas menyaring kotoran, limbah, dan zat berlebih dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan ginjal untuk memastikan seluruh organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik. Untuk menjaga ginjal tetap sehat, bukan hanya makanan sehat bergizi seimbang yang dibutuhkan, tapi seseorang juga perlu menghindari beberapa jenis minuman. Berikut minuman yang dilarang untuk dikonsumsi untuk menjaga ginjal tetap sehat!

Baca juga: Selain Olahraga, Istirahat Juga Termasuk Pola Hidup Sehat

  • Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol dalam jumlah yang sedang memang tidak selalu berbahaya bagi organ ginjal. Meskipun tidak berbahaya, minuman beralkohol dapat mempengaruhi organ ginjal secara tidak langsung. Hal tersebut dikarenakan minuman beralkohol tinggi akan kandungan kalori, sehingga tidak baik bagi siapapun pengidap diabetes.

Pasalnya, diabetes adalah penyebab utama dari gagal ginjal. Tak hanya itu, alkohol juga dapat memengaruhi organ hati, karena dapat meningkatkan tekanan darah tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan organ ginjal.

  • Minuman Mengandung Kafein

Kopi merupakan minuman yang digemari hampir semua orang, dan sering dijadikan teman ketika seseorang sudah mulai mengantuk di jam kantor. Faktanya, kafein pada kopi dapat mempengaruhi seluruh kinerja tubuh, termasuk organ ginjal. Hal tersebut dibenarkan oleh para ahli yang menemukan bahwa kafein berisiko meningkatkan batu ginjal dan batu kalsium.

Batu kalsium sendiri merupakan jenis batu ginjal yang umum terjadi, dan terbentuk dari gabungan kristal kalsium dan oksalat, sehingga menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam urine. Jika kamu memiliki riwayat penyakit ginjal, minum kopi sangat tidak disarankan.

  • Minuman Berenergi

Minuman yang satu ini harus digunakan secara hati-hati. Pasalnya, kebanyakan minuman berenergi menggunakan kafein sebagai bahan utama. Khusus untuk pengidap penyakit ginjal kronis, mereka diharuskan untuk memantau jumlah kafein yang masukkan ke dalam tubuh, sebanyak kurang dari 200 miligram per hari.

Baca juga: Mudah dan Sederhana, Ini Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

  • Jus Cranberry

Jus cranberry memang dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih (ISK) dengan membunuh bakteri dalam kandung kemih. Namun, tidak bagi seseorang dengan riwayat penyakit infeksi saluran kemih atau penyakit ginjal.  

  • Jeruk atau Jus Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C tinggi. Selain itu, jeruk juga kaya akan kalium di dalamnya. Dalam satu jeruk besar seberat 184 gram, terdapat kandungan 333 potasium di dalamnya. Dilihat dari kandungan potasium yang terdapat dalam buah jeruk, buah ini harus dihindari bagi seseorang dengan riwayat penyakit ginjal, agar ginjal tetap sehat.

Selain harus menghindari sejumlah minuman tersebut, menjaga kesehatan ginjal dapat dengan mudah dilakukan dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi 8 gelas air putih per hari.

  • Aktif bergerak dengan melakukan berenang, joging, atau jalan kaki. Olahraga ringan tersebut dapat dilakukan selama 20 menit sehari agar ginjal dan organ tubuh lainnya bekerja optimal. 

  • Menjaga tekanan darah dengan mengonsumsi makanan tinggi kalium, seperti pisang, ikan, susu, kentang, dan alpukat, serta hindari stres.

  • Menjaga berat badan ideal dengan melakukan diet sehat.

  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang dengan mengonsumsi ikan, daging putih tanpa lemak, buah-buahan, dan sayuran yang ditanam secara organik.

Baca juga: Begini Pola Hidup Sehat agar Anak Cerdas

Perlu kamu ketahui bahwa seiring bertambahnya usia, kinerja ginjal juga ikut menurun. Oleh karena itu, untuk menjaga ginjal tetap sehat, tidak ada salahnya untuk menerapkan sejumlah cara tersebut. Jika ada masalah dalam menjalankannya, silahkan diskusikan langsung dengan dokter ahli di aplikasi Halodoc untuk menemukan langkah penyelesaian yang tepat, ya!

Referensi:

American Kidney Fund. Diakses pada 2020. Kidney-Friendly Diet for CKD.
Healthline. Diakses pada 2020. 17 Foods to Avoid If You Have Bad Kidneys.
PKD Foundation. Diakses pada 2020. What Can and Shouldn’t I Drink?