Mudah dan Sederhana, Ini Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mudah dan Sederhana, Ini Pola Hidup Sehat Agar Awet Muda

Halodoc, Jakarta - Wanita mana yang tidak ingin selalu terlihat awet muda meski usia telah beranjak menua? Bahkan, sekarang pria menginginkan hal yang sama, lho! Tidak heran jika akhirnya banyak cara dilakukan untuk membuat kulit tampak selalu segar, cerah, berseri, dan bebas dari kerutan pemicu penuaan dini. Tidak jarang, rela pula dihabiskan uang untuk mendapatkannya. Namun, ternyata ada tips awet muda yang lebih sederhana, mudah, dan murah, lho! Apa saja?

  • Jangan Pernah Merokok

Kalau kamu tidak ingin keriput hadir lebih cepat di kulit, jangan pernah merokok, karena aktivitas satu ini membuat kulit menua dengan lebih cepat. Nikotin yang terdapat dalam rokok membuat pembuluh darah mengalami penyempitan, sehingga aliran darah ke kulit juga mengalami gangguan. Artinya, semakin sedikit aliran darah yang menuju ke kulit, semakin sedikit pula oksigen dan nutrisi penting yang terserap. 

  • Konsumsi Makanan Tinggi Antioksidan

Antioksidan menjadi pelindung kulit dari paparan radikal bebas yang berbahaya, karena memiliki kemampuan untuk merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Kolagen penting untuk membantu meremajakan kulit. Jadi, perbanyak konsumsi makanan yang kaya kandungan antioksidan, seperti sayur, buah, kacang, minyak nabati, kacang merah, dan ikan. 

Baca juga: Alasan Olahraga Membuat Kulit Awet Muda

  • Kelola Stres

Lagi-lagi, stres, yang tidak hanya membuat kamu susah punya anak, tetapi juga membuat kulit menjadi lebih tua lebih cepat. Bahkan, stres kronis membuat proses penuaan dini menjadi lebih cepat dengan cara memperpendek telomere DNA. Telomere merupakan tanda penuaan biologis pada sel yang berada di kulit. Jadi, solusinya tentu saja mengelola stres dengan baik, sehingga tubuh bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 

Baca juga: 6 Jenis Sarapan Kaya Vitamin yang Membuat Awet Muda

Kalau kamu merasa sulit untuk mengelola stres, kamu bisa bertanya bagaimana cara pengelolaan yang baik dengan ahli psikologi melalui fitur Tanya Dokter di aplikasi Halodoc. Kalau kurang puas, buat janji langsung dengan dokter saja di rumah sakit terdekat, dan kamu bisa bercerita lebih leluasa tentang apa yang membuat kamu stres. 

  • Perbanyak Minum Air Putih

Apa saja peran air putih untuk kulit? Tentu saja untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi, sehingga kulit tidak kering, bersisik, dan keriput. Air putih baik untuk menjaga kulit selalu lembap, karena meski tidak terlihat, air putih memiliki kandungan mineral yang menjadi nutrisi penting untuk kulit. 

Baca juga: 4 Faktor Ini Memengaruhi Penampilan Awet Muda Seseorang

  • Istirahat Cukup

Suka begadang? Sekarang, jangan lagi deh. Tips awet muda satu ini sebenarnya mudah dilakukan, tetapi masih banyak yang tidak memperhatikan betapa pentingnya istirahat cukup untuk kesehatan kulit tubuh. Bahkan, tidak hanya itu, fungsi organ-organ tubuh lebih optimal jika kamu cukup istirahat. Setidaknya, pastikan kamu tidur malam selama 6 jam sampai 8 jam setiap harinya, sehingga tubuh bisa melakukan tugasnya dengan baik untuk meremajakan kulit. 

  • Membersihkan Muka Sebelum Tidur

Jangan sampai lupa, karena mencuci muka sebelum tidur nyatanya masih sering terlewatkan. Apalagi untuk perempuan yang erat dengan makeup harian. Membersihkan muka sebelum tidur memudahkan tubuh meregenerasi kulit wajah, pun menghindari berbagai masalah pada muka, terutama jerawat. Pastikan kamu mencuci muka sampai benar-benar bersih, ya!

Referensi: 
Psychology Today. Diakses pada 2019. Emotional Distress Can Speed Up Cellular Aging.
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Is It True That Smoking Causes Wrinkles?
Health. Diakses pada 2019. The 27 Best Anti-Aging Tips of All Time.