• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Idap Asam Urat, Adakah Pantangan yang Harus Dituruti?

Idap Asam Urat, Adakah Pantangan yang Harus Dituruti?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Sendi adalah bagian yang berguna sebagai penghubung tiap tulang agar dapat digerakkan. Jika bagian tersebut terganggu, maka bagian tubuh yang terkena menjadi sulit untuk digerakkan. Salah satu gangguan yang berhubungan dengan sendi adalah asam urat. Rasa sakit yang timbul akibat gangguan ini terkadang tidak tertahankan.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa hal yang menjadi pantangan dari asam urat agar sendi-sendi tubuh tetap sehat. Cara yang paling ampuh untuk mencegah penyakit pada sendi tersebut tidak kambuh adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut adalah beberapa makanan yang menjadi pantangan seseorang yang mengidap asam urat!

Baca juga: Jangan Dilakukan, Ini 10 Pantangan Asam Urat

Pantangan Asam Urat yang Harus Dilakukan

Penyakit asam urat adalah gangguan radang yang terjadi pada sendi, sehingga menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada area yang terserang. Hal tersebut disebabkan kadar asam urat yang tinggi dan membentuk kristal, sehingga mengganggu fungsi sendi.

Asam urat diproduksi oleh tubuh untuk memecah bahan kimia yang disebut juga dengan purin. Hasil produksi tersebut memang secara alami berada di dalam tubuh, tetapi juga dapat bertambah melalui makanan tertentu. Cara menghilangkan asam urat dari dalam tubuh adalah dengan pengeluaran urine. Namun, pada seseorang yang mengidap penyakit asam urat, tubuhnya kesulitan untuk tetap efisien menghilangkan kelebihan kandungan tersebut.

Maka dari itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengelola asam urat adalah dengan melakukan hidup sehat layaknya mengonsumsi makanan yang baik bagi tubuh. Selain itu, kamu juga harus mengetahui beberapa pantangan dari asam urat yang wajib dilakukan agar penyakit tersebut tidak mudah kambuh. Hal yang sangat harus dilakukan sebagai pantangan dari asam urat adalah membatasi konsumsi makanan yang mengandung purin.

Kandungan purin banyak ditemukan pada makanan yang berasal dari hewani dan nabati. Dengan mengonsumsi banyak jenis makanan tersebut, gejala asam urat akan menjadi lebih buruk karena tubuh akan mengubahnya menjadi asam urat yang membuat sendi-sendi tubuh semakin meradang dan sakit saat digerakkan.

Walau begitu, jika kamu mengonsumsi makanan nabati yang mengandung purin ternyata tidak memiliki efek yang sama. Mengonsumsi produk susu dapat mengurangi kemungkinan penyakit asam urat untuk berkembang. Berikut adalah beberapa makanan yang menjadi pantangan penyakit asam urat untuk dikonsumsi:

  1. Daging merah dan daging organ, seperti hati atau ginjal, yang kaya akan kandungan lemak jenuh dan dapat menimbulkan gangguan asam urat untuk kambuh.

  2. Makanan laut, seperti lobster, udang, sarden, ikan teri, tuna, dan mackerel.

  3. Konsumsi minuman bergula dan makanan yang tinggi akan kandungan fruktosa.

  4. Makanan dan karbohidrat olahan.

  5. Meminum alkohol, terutama bir dan minuman keras lainnya.

Baca juga: Bukan Hanya Makanan, Ini 3 Pantangan Asam Urat

Beberapa orang memang dapat dengan cepat menghilangkan asam urat dari tubuhnya. Selain itu, puasa juga dapat memicu gejala penyakit asam urat apabila orang tersebut mengalami dehidrasi. Maka dari itu, seseorang yang ingin puasa tetapi mengidap gangguan sendi tersebut harus melakukan tindakan khusus agar tetap menjaga hidrasi di dalam tubuhnya.

Namun, kabar terbaru yang dilakukan penelitian pada seseorang yang mengidap asam urat berpuasa dan tidak puasa selama bulan Ramadhan. Hal ini mewajibkan orang tersebut untuk membatasi makanan dan cairan di siang hari. Disebutkan apabila seseorang yang berpuasa tidak mengalami lebih banyak serangan dari penyakit asam urat dibandingkan orang yang tidak puasa.

Namun, hal ini dapat menjadi peringatan saja apabila kamu mengalami kekambuhan gangguan sendi saat berpuasa dan tidak tertahankan, ada baiknya untuk membatalkan puasa. Dengan menjaga hidrasi pada tubuh, diharapkan kamu lebih bijak dalam mengatur konsumsi air putih agar tubuh tidak mudah mengalami peradangan yang mengganggu sendi.

Baca juga: Mengidap Asam Urat? Lawan dengan 6 Makanan Ini

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait pantangan yang harus dilakukan pengidap asam urat, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang ada!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. What to eat and what to avoid with gout.
Health Line. Diakses pada 2020. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid.