06 April 2018

Nyeri Sendi Harusnya Lebih Akif Bergerak

Nyeri Sendi Harusnya Lebih Akif Bergerak

Halodoc, Jakarta - Umumnya banyak orang berhenti berolahraga ketika sendi bermasalah. Alasannya jelas, sebab ketika menggerakkan tubuh biasanya akan timbul rasa ngilu akibat nyeri sendi yang membuat aktivitas fisik ini jadi enggak nyaman dan terkadang menyakitkan. Namun, sebenarnya bila kamu mengidap nyeri sendi bukan berarti lantas harus berhenti berolahraga, lho. Kalau kamu ingin menghilangkan nyeri sendi justru seharusnya aktif bergerak.

Masalah persendian memang kompleks. Sebab, sendi merupakan area pertemuan antara dua bagian tulang atau lebih, yang tersambung oleh otot ligamen sebagai pengikat dengan tulang rawan. Nah, sendi inilah yang memungkinan sambungan tulang terus bergerak tanpa mengalami pergesekan.

Dari banyaknya masalah sendi, artritis yang paling sering menyebabkan masalah bagi banyak orang. Sebenarnya ada berbagai hal yang bisa menimbulkan masalah persendian, salah satunya kurang pergerakan, alias kurang aktif secara fisik. Hal ini bisa membuat tubuh minim memproduksi cairan synovial, yaitu pelumas sendi alami. Enggak cuma itu, kurang bergerak juga membuat sirkulasi darah jadi enggak lancar. Alhasil, sendi pun kurang  mendapatkan pasokan nutrisi yang sangat dibutuhkan.

Lawan dengan Olahraga

Jangan buru-buru mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit atau obat lainnya ketika sendi bermasalah. Kamu bisa kok menghilangkan nyeri sendi dengan berolahraga. Sebab olahraga bisa membuat tubuh terus memproduksi cairan pelumas sendi dan membuat sirkulasi darah tetap lancar. Namun, yang peru kamu ingat, enggak semua jenis olahraga bisa mejadi solusi atas problematika gangguan sendi.

Menurut ahli dalam buku Mitos dan Fakta – Olahraga & Yoga, olahraga yang bersifat high impact bisa menyebabkan terjadinya benturan antartulang (persendian). Nah, olahraga seperti ini enggak cocok untuk menyembuhkan gangguan sendi. Yang lebih cocok yaitu olahraga yang sifatnya minim benturan di daerah antartulang. Misalnya, yoga, tai chi, atau berenang.

Yoga sendiri sejak puluhan tahun lalu telah terbukti jadi terapi untuk masalah kesehatan, termasuk tulang dan sendi. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa riset di bawah pengawasan para ahli medis, tanpa campur tangan obat-obatan farmasi konvensional.

Menurut ahli yoga, latihan asana yoga yang sistematis dan konsisten memaksa tubuh mengaktifkan sistem sirkulasi limfatik tubuh, dan melancarkan sirkulasi darah secara merata ke seluruh tubuh. Nah, hal inilah yang membuat kesehatan sendi selalu terjaga dan bisa menggunakan seluruh nutrisi yang diterimanya. Lalu, pose yoga apa sih yang bisa membantu menghilangkan gangguan persendian?

Kamu bisa mencoba gerakan sederhana seperti Setu Bandha Sarvangsana (bridge pose, dilakukan memakai guling). Pose ini memberikan jarak natural pada bagian sendi pinggul, yang acap menyempit pada wakita karea postur yang buruk. Misalnya, disebabkan oleh pemakaian sepatu hak tinggi.

(Baca Juga: Temukan Cara Awet Muda Melalui Yoga)

Gerakan Lembut Pelawan Nyeri

Kalau kamu belum tertarik untuk melakukan yoga, bisa kok memilih tai chi untuk menghilangkan nyeri sendi. Menurut hasil studi dari University British Columbia, tai chi efektif untuk membantu pengidap radang sendi atau osteoartritis. Olahraga ini merupakan gerakan lambat, pernapasan yang dalam, dan pemusatan pikiran dengan unsur meditasi.

Menurut ahli tai chi, gerakannya yang lembut, gemulai, lambat, tenang, dan beraturan bisa memberikan ketenangan pada emosi. Olahraga ini berpusat di pinggang dan dialirkan ke seluruh tubuh yang dapat membuat otot perut kuat dan pinggang menjadi lentur.  Kamu bisa mencoba latihan tai chi setiap hari selama seminggu untuk melenturkan sendi-sendi. Nah, kalau waktu enggak memungkinkan, kamu bisa mencoba latihan kecil seperti membiasakan berdiri dengan telapak kaki sebagai tumpuan.

Mau tahu lebih jauh mengenai cara menghilangkan nyeri sendi, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk berdiskusi mengenai masalah tersebut. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.