Jangan Dilakukan, Ini 10 Pantangan Asam Urat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
 pantangan asam urat, nyeri persendian

Halodoc, Jakarta - Kamu sering merasakan nyeri pada daerah persendian? Jika iya, kamu wajib berhati-hati. Pasalnya, kondisi tersebut merupakan salah satu ciri-ciri kalau kamu tengah mengidap asam urat. Kondisi ini sendiri merupakan penyakit yang menyerang persendian yang disebabkan oleh asam urat, yaitu zat yang dihasilkan tubuh ketika memecah purin yang menumpuk di persendian. Purin sendiri merupakan unsur yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Baca juga: Ini Bedanya Rematik dan Asam Urat Penyakit yang Bikin Nyeri Sendi

Pada kondisi normal, asam urat dapat larut dalam darah, dan dikeluarkan melalui cairan urine. Namun, kadang kala tubuh menghasilkan asam urat dalam darah dan melepaskan asam urat jalan jumlah yang sedikit ke dalam urine. Akibatnya, asam urat akan menumpuk dan membentuk kristal pada persendian, sehingga menyebabkan nyeri, bengkak, dan meradang.

Purin yang dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah sendiri dapat ditemukan di berbagai jenis makanan. Karena itu, pengidap asam urat diwajibkan untuk menghindari makanan jenis ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 10 pantangan pengidap asam urat yang harus dihindari:

  • Bayam

Bayam sejatinya merupakan makanan yang baik bagi kesehatan, tetapi tidak bagi pengidap asam urat. Pasalnya, sayuran hijau yang satu ini memiliki kandungan purin tinggi yang berbahaya bagi pengidap asam urat.

  • Asparagus

Asparagus yang baik bagi kesehatan karena mengandung tinggi folat dan kalium yang baik bagi tubuh ini harus dihindari para pengidap asam urat. Pasalnya, asparagus memiliki kandungan purin tinggi, sebanyak 23 gram per 100 gram asparagus.

  • Kembang Kol

Kembang kol juga termasuk salah pantangan makanan asam urat, karena mengandung purin dalam jumlah tinggi. Dalam kembang kol, terdapat kandungan purin sebanyak 51 gram per 100 gram kembang kol.

  • Jamur

Jamur mengandung banyak purin, yaitu sebanyak 92-97 gram purin per 100 gram jamur. Jamur sendiri merupakan salah satu sayuran yang harus dihindari jika kamu sedang mencoba untuk membatasi jumlah asam urat.

Baca juga: Cegah Asam Urat Kambuh, Konsumsi 4 Makanan Ini

  • Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol yang dikonsumsi oleh pengidap asam urat dapat meningkatkan kadar asam urat. Akibatnya, daerah yang mengalami asam urat akan terasa nyeri dan tubuh akan dehidrasi.

  • Seafood

Makanan laut, seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi wajib dihindari oleh pengidap asam urat. Pasalnya, makanan jenis ini mengandung purin yang tinggi.

  • Jeroan

Jeroan seperti organ hati pada hewan memiliki kandungan purin yang tinggi. Tak hanya hati, jeroan, seperti usus, hati, limpa, paru, otak, jantung, ginjal juga wajib dihindari oleh pengidap asam urat.

  • Daging Merah

Daging merah jenis apa pun memiliki kandungan purin yang tinggi. Pengidap asam urat, jangan sampai salah konsumsi makanan yang satu ini, ya!

  • Kedelai Olahan

Tahu dan tempe merupakan makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, tetapi tidak bagi pengidap asam urat. Makanan tersebut telah difermentasi, sehingga mengandung protein dan purin yang tinggi.

  • Gula

Gula mengandung rendah purin, tetapi makanan yang satu ini harus dihindari, agar tidak memperparah gejala rematik dari pengidap asam urat. Jika kamu ingin mengonsumsi makanan manis, cobalah untuk makan buah-buahan segar.

Baca juga: Inilah Penyebab Asam Urat di Usia Muda

Jika kamu tidak sengaja mengonsumsi salah satu makanan tersebut dan timbul gejala asam urat, segera periksakan diri pada dokter di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat, ya!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2019. Gout Diet: Foods to Eat and Those to Avoid.
Healthline. Diakses pada 2019. Best Diet for Gout: What to Eat, What to Avoid.