• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ingin Mewarnai Rambut, Perhatikan 8 Hal Ini

Ingin Mewarnai Rambut, Perhatikan 8 Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Mewarnai rambut bisa dibilang merupakan tren yang tak lekang sepanjang masa. Terlebih di Indonesia, yang orang-orangnya terlahir dengan rambut berwarna hitam. Mengubah warna rambut menjadi pirang, kecoklatan, ombre, atau sesuai tren yang ada, merupakan hal yang biasa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lho sebelum mewarnai rambut. 

Ya, mengubah warna rambut berarti kamu harus bersiap dengan segala perawatan ekstra yang perlu dijalani. Pasalnya, cat yang digunakan untuk mewarnai rambut umumnya tidak permanen. Jadi, perawatan yang tidak tepat bisa membuat warnanya cepat pudar, bahkan menyebabkan kerusakan rambut. Nah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan, ketika ingin mewarnai rambut: 

1. Jangan Langsung Cuci Rambut

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kebiasaan mencuci rambut setiap hari? Jika iya, kamu mesti bersabar untuk tidak mencuci rambut selama 1-2 hari, setelah kamu mewarnainya. Hal ini bertujuan untuk menjaga warna rambut agar tidak cepat pudar. Selain pada kali pertama setelah pulang dari salon, kamu juga sebaiknya tidak terlalu sering mencuci rambut pada hari-hari setelahnya. Cucilah rambut 2-3 kali saja dalam seminggu, agar kualitas warna rambut tetap terjaga.

Baca juga: Before & After yang Perlu Diperhatikan Saat Mewarnai Rambut

2. Gunakan Sampo Khusus

Selain frekuensi keramas, penting juga untuk memilih sampo yang tepat. Pilihlah sampo dan kondisioner yang memang dikhususkan untuk rambut berwarna. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar warna rambut tidak cepat memudar.

3. Jangan Cuci Rambut dengan Air Panas

Hobi mandi dengan air panas? Untuk mencuci rambut yang telah diwarnai sebaiknya jangan, ya. Gunakan air yang hangat-hangat kuku, atau air bersuhu normal saja untuk mencuci rambut. Sebab, air panas dapat membuat warna rambut pudar lebih cepat. 

4. Kenakan Penutup Kepala Ketika Berenang

Klorin yang terkandung dalam air kolam renang dapat menjadi musuh bagi rambut berwarna, lho. Jadi, kenakanlah penutup kepala ketika berenang, agar rambut tidak langsung berkontak dengan air kolam renang, ya.

Baca juga: 4 Tips Merawat Rambut yang Diwarnai

5. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung dapat membuat warna rambut menjadi kusam dan mudah pudar. Oleh karena itu, penting untuk memakai penutup kepala, seperti topi atau payung, ketika beraktivitas di bawah sinar matahari. Sebagai antisipasi, kamu bisa juga mengaplikasikan serum rambut yang mengandung filter UVA dan UVB, agar rambut lebih terlindungi dari panasnya sinar matahari.

6. Rajin Lakukan Perawatan Rambut

Rambut yang diwarnai akan rentan kering dan rusak, sehingga membutuhkan perawatan ekstra untuk menjaga kelembapannya. Rambut yang lembap akan membuatnya terlihat sehat dan juga mudah diatur. Sebagai perawatan alami yang bisa dilakukan di rumah, kamu bisa membuat racikan masker rambut dari campuran alpukat, minyak almond, dan minyak vitamin E.

Oleskan racikan tersebut ke seluruh bagian rambut yang telah dibasahi sebelumnya, diamkan sekitar 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan rumahan tersebut secara berkala agar rambut tetap sehat. Namun, jika tidak ingin repot, kamu bisa juga menggunakan serum pelembap rambut yang banyak dijual di pasaran. 

Jika kamu memiliki keluhan lain seputar kesehatan rambut, kamu bisa bicarakan dengan dokter di aplikasi Halodoc. Kapan dan di mana saja, ada banyak dokter yang siap bantu kamu, lho. Jadi, jangan lupa download aplikasinya di ponselmu, ya!

Baca juga: Memang Cantik, Tapi Kenali Bahaya Bleaching Rambut

7. Hindari Perawatan yang Dapat Merusak Rambut

Mewarnai rambut dapat membuat kekuatan dan kelembapan alaminya hilang. Jadi, ketika kamu telah memutuskan untuk mewarnai rambutmu, ketahuilah bahwa berbagai perawatan yang dapat merusak rambut sangat perlu dihindari. Perawatan yang dimaksud adalah penggunaan hair dryer, hair straightener, atau mewarnai rambut lagi dalam waktu yang berdekatan. Berbagai perawatan tersebut sebisa mungkin perlu dihindari, karena berisiko membuat rambut menjadi rusak, seperti rontok dan bercabang.

8. Jangan Lupa Re-Touch

Tumbuhnya rambut baru merupakan hal yang kerap membuat galau. Pasalnya, rambut yang baru tumbuh itu akan memiliki warna yang sesuai dengan warna asli rambut. Untuk menyiasatinya, kamu bisa lakukan re-touch di salon atau menggunakan produk pewarna rambut secara mandiri, yang banyak dijual di pasaran.

Referensi:
Style Craze. Diakses pada 2020. 18 Tips To Take Care Of Your Colored Hair.
Daily Break. Diakses pada 2020. Do You Treat Your Colored Hair Correctly?
Healthline. Diakses pada 2020. How to Repair Damaged Hair.