Ini 4 Fungsi Rangka dan Bagian-bagiannya

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   05 Oktober 2021

“Rangka merupakan kumpulan tulang yang membentuk tubuh dan dapat bergerak saat dikombinasikan dengan otot. Rangka juga memiliki berbagai macam fungsi yang vital pada tubuh dari memberikan pergerakan, hingga menyimpan mineral”

Ini 4 Fungsi Rangka dan Bagian-bagiannyaIni 4 Fungsi Rangka dan Bagian-bagiannya

Halodoc, Jakarta – Setiap manusia mempunyai rangka pada tubuhnya agar dapat berdiri tegap. Saat bergerak, hal ini dapat dilakukan karena kombinasi antara rangka dan otot. Alangkah lebih baik jika kamu mengenal setiap bagian rangka dalam tubuh dan fungsi-fungsinya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Rangka Tubuh dan Berbagai Fungsinya

Rangka tubuh adalah suatu kerangka internal yang berguna untuk menyusun tubuh. Kerangka ini terdiri dari banyak tulang dan jaringan ikat, termasuk tulang rawan, tendon, dan ligamen, yang disebut juga sistem muskuloskeletal. Secara keseluruhan, kerangka tubuh mencakup sekitar 20 persen dari berat badan seseorang.

Baca juga: Ini Cara Kerja Otot pada Tubuh Manusia yang Perlu Diketahui

Kerangka pada orang dewasa terdiri dari 206 tulang. Namun, kerangka anak-anak memiliki lebih banyak tulang karena beberapa di antaranya, termasuk tengkorak, akan menyatu saat tumbuh dewasa. Di sisi lain, ada juga perbedaan antara rangka pria dan wanita. Pada pria, rangkanya biasanya lebih panjang dan massa tulang lebih padat. Lalu, wanita memiliki panggul yang luas untuk memudahkan kelahiran anak.

Lalu, apa saja sih fungsi dari rangka?

Faktanya, sistem rangka memiliki banyak fungsi dan bukan hanya memberi bentuk dan fitur sebagai manusia. Berikut beberapa fungsinya:

1. Memberikan Pergerakan

Fungsi rangka yang pertama adalah menopang berat badan agar dapat membantu tubuh untuk berdiri dan bergerak. Hal ini berkat kerjasama dari sendi, jaringan ikat, dan otot sehingga pergerakan dapat terjadi.

2. Menghasilkan Sel Darah

Tulang mengandung sumsum tulang yang berfungsi untuk memproduksi darah merah dan putih. Sel darah ini sangat penting untuk menjaga tubuh dapat berfungsi dengan normal.

3. Melindungi dan Mendukung Organ

Tengkorak berguna untuk melindungi otak, tulang rusuk untuk melindungi jantung dan paru-paru, serta tulang punggung untuk melindungi tulang belakang. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga  tulang sebagai rangka tubuh untuk tetap sehat.

4. Menyimpan Mineral

Tulang menahan pasokan mineral tubuh, seperti kalsium dan vitamin D. Maka dari itu, sangat penting untuk mengonsumsi lebih banyak kalsium dan vitamin D agar tulang tetap padat dan rangka tubuh tidak mudah terganggu.

Baca juga: Ini 5 Fungsi Tulang Kering untuk Tubuh

Memang, rangka mempunyai fungsi yang vital untuk menjaga kelangsungan hidup seseorang. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang pada tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Selain itu, pemeriksaan kesehatan tubuh secara keseluruhan dan rutin juga perlu dilakukan.

Pemeriksaan penunjang kesehatan sangat penting untuk dilakukan. Untuk memastikan kepadatan tulang, kamu bisa melakukan pemesanan untuk pemeriksaan kesehatan pada beberapa rumah sakit yang bekerja sama dengan Halodoc. Agar bisa mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc di smartphone kamu sekarang juga!

Berbagai Bagian dari Sistem Rangka

Sistem kerangka adalah jaringan dari banyaknya bagian yang berbeda lalu bekerja sama agar dapat membuat tubuh bergerak. Bagian utama dari sistem kerangka pada tubuh adalah tulang, struktur keras yang menciptakan rangka. Nah, setiap tulang memiliki tiga lapisan utama, yaitu:

  • Periosteum: Lapisan ini adalah membran keras yang menutupi dan melindungi bagian luar tulang.
  • Tulang padat: Di bawah periosteum, tulang padat berwarna putih, keras, dan halus yang berguna untuk memberikan dukungan dan perlindungan struktural.
  • Tulang spons: Tulang inti yang lapisan dalamnya lebih lembut dari tulang padat. Bagian ini memiliki lubang kecil (pori-pori) untuk menyimpang sumsum.

Komponen lain dari sistem kerangka tubuh meliputi:

  • Tulang Rawan

Tulang ini halus dan fleksibel yang berguna untuk menutupi ujung tulang sebagai penyambung agar tidak bergesekan saat bergerak. Saat tulang rawan hilang, gangguan seperti radang sendi dapat terjadi, sehingga menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan masalah gerakan.

  • Sendi

Sendi adalah tempat dari dua atau lebih tulang pada tubuh bergabung. Ada tiga jenis sendi yang berbeda di dalam tubuh, yaitu sendi yang tidak dapat digerakkan, sendi yang dapat digerakkan sebagian, dan sendi yang bergerak.

  • Ligamen dan Tendon

Ligamen adalah pita jaringan ikat yang kuat yang berguna untuk menyatukan tulang. Sedangkan tendon adalah pita jaringan yang menghubungkan ujung otot ke tulang.

Baca juga: Mengenal Fungsi Otot Polos untuk Tubuh Manusia

Nah, sekarang kamu tahu berbagai fungsi rangka dan beberapa bagiannya pada tubuh. Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan rangka dengan melakukan pola hidup sehat, seperti menjaga makanan yang dikonsumsi, berolahraga secara rutin, dan rutin memeriksakan kesehatan tulang.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. Skeletal System.
Healthline. Diakses pada 2021. Skeletal System Overview.
Better Health Channel. Diakses pada 2021. Bones.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan