Ini 4 Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin D

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   07 Juli 2022

“Kamu bisa penuhi kebutuhan vitamin D dengan konsumsi makanan yang tepat. Ikan salmon, bayam, dan daging merah adalah beberapa contoh makanan yang banyak mengandung vitamin D.”

Ini 4 Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin DIni 4 Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin D

Halodoc, Jakarta – Memenuhi kebutuhan vitamin D merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Pasalnya, vitamin D memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi anak-anak, terpenuhinya kebutuhan vitamin D membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi lebih optimal.

Bagi orang dewasa, vitamin D bisa menurunkan risiko gangguan jantung hingga meningkatkan imun tubuh. Bahkan, terpenuhinya kebutuhan vitamin D bisa membuat kamu terhindar dari kondisi depresi. Yuk, jaga kesehatan tubub dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin D!

Inilah Makanan yang Mengandung Vitamin D

Tubuh dapat memproduksi vitamin D dari paparan langsung sinar matahari pagi. Namun, kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin ini. Nah, berikut makanan yang bisa kamu konsumsi:

  1. Ikan Salmon

Salmon menjadi salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan vitamin D. Bukan hanya vitamin D, ikan salmon juga dikenal memiliki kandungan lainnya yang bermanfaat bagi tubuh, seperti protein dan asam lemak omega-3.

  1. Telur

Bukan hanya protein, telur menjadi salah satu jenis makanan yang menjadi sumber vitamin D. Jika kamu akan mendapatkan banyak protein pada putih telur, maka kamu bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dari kuning telur yang kamu konsumsi.

  1. Bayam

Selain mengandung serat yang cukup tinggi, sayur bayam juga memiliki kandungan vitamin D di dalamnya. Namun, pastikan kamu mengolah sayuran hijau secara tepat agar kandungan vitamin D dalam bayam tidak hilang saat pengolahan.

  1. Daging Merah

Daging merah, seperti daging sapi menjadi salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Pastikan kamu mengolah daging dengan tingkat kematangan yang optimal agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan tepat.

Itulah beberapa makanan yang banyak mengandung vitamin D. Kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D dengan mengonsumsi suplemen kesehatan. Yuk, cek kebutuhan vitamin yang kamu perlukan melalui aplikasi Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

NHS. Diakses pada 2022. Vitamin D.
Healthline. Diakses pada 2022. Vitamin D Benefits.
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Nutritious Foods That Are High in Vitamin D.
Healthline. Diakses pada 2022. 8 Fantastic Foods to Boost Your Body’s Vitamin D (Plus Recipes!)
Mealfit. Diakses pada 2022. The 6 Best Sources of Vitamin D.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan