Ini 5 Hal yang Memperparah Batuk Kering

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   04 April 2024

“Ada berbagai kondisi yang bisa membuat batuk kering sulit sembuh, contohnya merokok hingga kualitas udara yang kotor. Kamu bisa mengatasinya dengan obat-obatan seperti Actifed Plus Cough Supressant Sirup hingga Sanadryl DMP Sirup yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Ini 5 Hal yang Memperparah Batuk KeringIni 5 Hal yang Memperparah Batuk Kering

Halodoc, Jakarta – Batuk kering sering kali menyebabkan rasa geli dan gatal yang cukup mengganggu di tenggorokan. Ini terjadi karena saluran udara dan paru-paru teriritasi. Batuk kering biasanya akan hilang dengan sendiri setelah tiga sampai empat minggu. 

Kamu bisa mempercepat proses penyembuhannya dengan minum obat atau melakukan perawatan lainnya. Namun, yang terpenting dalam proses penyembuhan adalah mencegah tubuh terkontaminasi hal-hal yang bisa memperparah batuk kering. 

Ada beberapa kondisi dan makanan yang seharusnya dihindari. Mau tahu apa saja? Baca ulasannya di bawah ini. 

Hal yang Perlu Dihindari Agar Batuk Kering Tidak Semakin Parah 

Agar batuk kering bisa sembuh lebih cepat dan tidak semakin parah, yuk hindari hal-hal berikut ini. 

1. Mengkonsumsi makanan pemicu refluks asam

Hindari makanan tinggi lemak, makanan asam, coklat, kafein, dan makanan pedas. Sebab makanan-makanan tersebut bisa menyebabkan refluks asam (kondisi saat asam lambung naik ke esofagus). 

Jika kita tetap memaksakan diri untuk mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, batuk kering akan jadi semakin parah dan menyakitkan. 

Konsumsi juga obat agar batuk kering mereda dengan cepat. Cek rekomendasinya di sini: “Ini 5 Rekomendasi Obat Batuk Kering dan Gatal Paling Ampuh untuk Dewasa”. 

2. Mengkonsumsi makanan yang digoreng 

Meskipun menggoda, tahan dirimu untuk tidak menyentuh gorengan saat batuk kering. Sebab minyak yang digunakan untuk menggoreng mengandung lemak tidak sehat yang tinggi dan bisa menyebabkan peradangan. 

Selain itu, makanan yang digoreng biasanya kering dan kasar, teksturnya inilah yang bisa melukai dinding tenggorokan dan memperparah batuk kering. 

3. Memakan makanan pemicu alergi 

Batuk kering kerap kali disebabkan oleh alergi. Makanan-makanan seperti susu, kacang, dan kerang adalah penyebab alergi yang umum terjadi pada banyak orang. 

Pengidap batuk kering yang juga memiliki riwayat alergi makanan, perlu selektif saat hendak mengonsumsi makanan. Sebab, makanan pemicu alergi tersebut bisa memperparah batuk kering.

Daripada makan makanan yang bisa bikin alergi kambuh dan batuk kering jadi semakin parah, lebih baik konsumsi bahan-bahan alami agar batuk mereda. Baca selengkapnya di sini: “Batuk Kering Tak Kunjung Sembuh, Ini 5 Rekomendasi Obat Alaminya”. 

4. Merokok

Jangan perparah batuk kering dengan merokok. Merokok bisa menyebabkan batuk kering sebab saluran pernapasan rusak karena racun dalam asap rokok. 

Bahan kimia dalam rokok bisa menghancurkan sillia (sel kecil yang melapisi saluran udara), dan membuatnya tidak bisa menangkap racun. Racun yang masuk ini bisa menyebabkan peradangan.

Akibat yang lebih parahnya lagi, batuk kering ini bisa berkembang menjadi batuk keras yang berulang-ulang. Bahkan, bisa membuat otot dada tegang, atau bahkan tulang rusuk patah. 

5. Hindari berada di lingkungan dengan kualitas udara kotor

Udara yang dingin dan kering bisa memperparah batuk kering. Apalagi jika dipenuhi dengan alergen, debu, bulu, dan asap. Berada di ruangan dengan kualitas buruk yang dipenuhi dengan polutan atau partikel-partikel tidak aman,  akan membuat batuk kering semakin parah. Sebab, tubuh akan mencoba membuang partikel-partikel tidak aman ini dengan cara batuk. 

Cobalah memasang pelembab udara agar udara tidak kering. Selain itu, gunakan alat pembersih untuk memusnahkan debu, bulu, dan bakteri lainnya yang bisa memperparah batuk jika masuk ke saluran pernapasan. 

Rekomendasi Obat Batuk Kering 

Selain menghindari beberapa hal di atas, kamu dapat mengatasi batuk kering dengan konsumsi obat-obatan di bawah ini:

1. Actifed Plus Cough Supressant Sirup 60 ml (Merah)

Rekomendasi obat batuk kering yang pertama adalah Actifed Plus Cough Supressant Sirup 60 ml.  

Obat ini memiliki kandungan Pseudoephedrine yang dapat membantu meredakan pembengkakan pembuluh darah di hidung, Dextromethorphan HBr yang bisa menekan refleks batuk, dan Triprolidine HCl sebagai antihistamin untuk meredakan gejala alergi seperti bersin-bersin. 

Berikut dosis pemakaiannya:

  • Orang dewasa dan anak di atas 12 tahun: 1 sendok takar 3 kali sehari.
  • Anak usia 6-12 tahun: ½ sendok takar 3 kali sehari. 

Perlu diingat juga, Actifed Plus Cough Supressant Sirup 60 ml (Merah) tidak dianjurkan untuk anak di bawah 6 tahun. 

Rentang harga: Rp68.500 – Rp69.800 per botol. 

Dapatkan Actifed Plus Cough Supressant Sirup 60 ml (Merah) di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Sanadryl DMP Sirup 60 ml

Rekomendasi obat batuk kering selanjutnya adalah Sanadryl DMP Sirup 60 ml. Obat ini dapat membantu mengatasi batuk tidak berdahak yang disebabkan karena alergi. 

Selain batuk, Sanadryl DMP Sirup 60 ml juga bisa meredakan gejala alergi yang berbentuk flu. 

Obat ini dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan. Berikut dosisnya: 

  • Orang dewasa: 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar. 
  • Anak usia 6-12 tahun: 3 kali sehari sebanyak 1 sendok takar. 

Rentang harga: Rp20.300 – Rp20.900 per botol.

Dapatkan Sanadryl DMP Sirup 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Triaminic Batuk Pilek 60 ml

Triaminic Batuk Pilek 60 ml adalah obat yang bisa mengatasi gejala pilek seperti batuk kering, bersin-bersin, dan hidung tersumbat. 

Obat ini memiliki varian rasa berry dan bisa memberikan efek kantuk setelah diminum. Berikut dosis pemakaiannya:

  • Orang dewasa dan anak di atas 12 tahun: 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar. 
  • Anak usia usia 6-12 tahun: 3 kali sehari sebanyak 1 sendok takar. 

Triaminic Batuk Pilek 60 ml dapat diminum sebelum maupun sesudah makan. 

Kisaran harga: Rp86.300 per botol.

Dapatkan Triaminic Batuk Pilek 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Sanadryl DMP Sirup 120 ml

Sanadryl DMP Sirup 120 ml adalah obat batuk kering dengan kombinasi kandungan zat aktif Dextromethorphan HBr, Difenhidramin HCl, Ammonium Klorida, Natrium Sitrat dan menthol.

Dextromethorphan HBr yang bisa menekan refleks batuk, Amonium Klorida dapat mengencerkan dahak. Sementara itu, Difenhidramin HCl adalah antihistamin untuk meredakan gejala alergi seperti bersin-bersin. 

Dengan kandungan-kandungan di dalamnya ini, Sanadryl DMP Sirup 120 ml dapat meringankan gejala batuk tidak berdahak yang menimbulkan rasa sakit atau batuk karena alergi. 

Kisaran harga: Rp33.000 per botol.

Dapatkan Sanadryl DMP Sirup 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Panadol Cold & Flu 10 Kaplet

Rekomendasi obat batuk kering yang terakhir adalah Panadol Cold & Flu 10 Kaplet. 

Dengan kandungan Paracetamol, Pseudoephedrine HCI, dan Dextromethorphan HBr di dalamnya, obat ini bisa meredakan gejala flu seperti batuk tidak berdahak, demam, sakit kepala, dan hidung tersumbat. 

Panadol Cold & Flu 10 Kaplet dianjurkan untuk dikonsumsi setelah makan. Untuk pemakaiannya sendiri, orang dewasa dapat minum sebanyak 1 kaplet 3 kali sehari. Tapi, tidak boleh melebihi 8 kaplet dalam jangka waktu 24 jam. 

Penting untuk diingat juga, obat ini sebaiknya tidak diberikan kepada anak di bawah 12 tahun kecuali dengan petunjuk dokter. 

Kisaran harga: Rp16.200 per strip.

Dapatkan Panadol Cold & Flu 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa hal yang harus dihindari saat mengidap batuk kering dan rekomendasi obat untuk mengatasinya. Tapi, jika setelah menghindari kegiatan-kegiatan di atas, batuk kering masih berlangsung atau semakin parah, kamu bisa cari obat dan produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc

Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik.

Referensi: 
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Dry Cough and Chest Tightness. 
Covonia. Diakses pada 2024. DRY COUGH ADVICE: CAUSES, SYMPTOMS & TREATMENTS. 
Medical News Today. Diakses pada 2024. Why do I cough after I eat?
Very Well Health. Diakses pada 2024. 15 Home Remedies for a Dry Cough. 
Very Well Health. Diakses pada 2024. What Is Smoker’s Cough?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan